Begini 5 Cara Menyimpan Uang yang Lebih Praktis – Menyimpan uang bisa menjadi masalah besar bagi sebagian orang hanya karena kita senang membelanjakan uang yang kita miliki pada barang-barang yang kita inginkan.

Mari kita cermati 5 cara yang bisa membantumu untuk menyimpan uang lebih setiap bulannya. Yuk simak terus artikel berikut!

Demi mempermudah ilustrasi, aku akan memberikan sebuah contoh terlebih dahulu. Ada 3 orang teman bernama Dani, Boni, dan Willy.

Dani berusia 25 tahun dan senang menghambur-hamburkan uangnya. Perilakukanya seperti kebanyakan orang, dia tidak menabung karena dia memiliki pekerjaan yang stabil dengan gaji yang lumayan katakan saja per tahun dia mendapatkan Rp 150.000.000 setelah dikurangi pajak yang bisa menutupi semua kebutuhan dan pengeluarannya.

Baca Juga: Baru Mulai Investasi? Ini Tips Bagi Pemula

Seiring waktu berlalu, Dani memutuskan untuk menikah dan menjadi seorang ayah. Kehidupannya menjadi berubah karena dia tidak hanya perlu menutupi kebutuhan pribadinya namun juga istri dan anaknya.

Namun, sayangnya gaji yang dia dapatkan hanya meningkat sebesar 15% selama 5 tahun. Dengan fakta tersebut, dia harus memotong pengeluarannya demi bisa membiayai segala kebutuhan pokok.

Hidup berlanjut, gajinya pun meningkat namun tidak sebesar peningkatan pengeluaran yang dia miliki.

Sehingga setelah beberapa tahun, Dani memutuskan untuk pensiun namun dia juga merasa belum menyimpan cukup banyak uang untuk itu dan tidak memiliki pilihan selain untuk terus bekerja.

Sebaliknya, Boni tidak ingin mengalami posisi seperti yang dialami Dani ketika dia menginjak usia 60 tahun kelak. Sehingga dia memutuskan untuk menyimpan 10% dari setiap pendapatan bulanannya dengan harapan bahwa ketika sudah berusia 65 tahun dia bisa berhenti bekerja dan menikmati hidupnya.

Keuangan - Cara Menyimpan Uang Lebih Praktis - 1

Setelah 40 tahun berlalu, anggap saja pendapatannya meningkat setiap tahun sebesar 3%, maka dia bisa menyimpan sekitar Rp 1.164.949.463.

Terlihat jelas, uang itu bukan jumlah yang cukup untuk bisa dipakai untuk berkeliling dunia dan menutupi segala kebutuhan dan pengeluaran selama 20 tahun ke depan. Tapi setidaknya dia melakukan hal yang lebih baik dibandingkan apa yang dilakukan Dani.

Nah, teman yang ketiga bernama Willy yang juga berusia 25 tahun menghasilkan kurang lebih pendatapan yang sama dengan temannya. Dia menyadari bahwa dengan hanya menyisihkan 10% pendapatan setiap bulannya tidak akan membuat dia menjadi bebas secara finansial dalam waktu dekat.

Sehingga jika Willy ingin melihat perubahan yang signifikan pada dirinya, dia harus menunggu hingga dia berusia 65 tahun. Akhirnya dia memutuskan untuk melakukan pendekatan yang berbeda.

Daripada menyimpan 10% pendapatan setiap bulan, dia memutuskan untuk menyisihkan 25% pendapatan per bulan dan tidak menabungnya melainkan menginvestasikannya.

Sama seperti kedua temannya, pendapatan per bulan juga hanya meningkat rata-rata 3% setiap tahun. Asumsikan saja dia konsisten menginvestasikan Rp 37.500.000 per tahun walaupun gaji setiap tahunnya meningkat.

Bisa dilihat, kurang dari 10 tahun simpanannya bertumbuh menjadi lebih dari Rp 442.792.338. Dia bisa menarik uang tersebut dan memulai bisnisnya sendiri dan mungkin bisa juga pensiun dini.

Dia juga bisa tetap menyimpan uangnya dalam investasi tersebut dan tak perlu menabung lagi sepanjang hidupnya.

Baca Juga: Dimana Orang Kaya Menginvestasikan Uangnya?

Simpanan awal senilai Rp 442.792.338 akan terus bertumbuh hingga Rp 7.726.461.627 saat dia mencapai usia pensiun (katakan saja 65 tahun) dengan asumsi rata-rata pengembalian investasi per tahun sebesar 10% bila dia tetap menginvestasikan uangnya terseb.

Bila dibandingkan dengan Dani dan Boni, Willy akan bisa pensiun lebih dini atau memiliki hidup pensiunan yang lebih baik.

Apa yang membedakan Willy dengan dua teman lainnya adalah dia paham bahwa dia hanya perlu mengorbankan 10 tahun hidupnya untuk menaham kenikmatan dan akan memiliki sisa hidup yang lebih baik nantinya.

Lalu apa saja ke 5 cara tersebut?

1Paham Tujuan Hidup

Maka cara pertama adalah kamu harus benar-benar paham mengapa kamu ingin menyisihkan uangmu di awal karirmu. Banyak orang yang menyerah dan berhenti karena mereka tidak memahami dengan benar mengapa mereka menyisihkan uang.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Cara Berpikir yang Membuatmu Tetap Miskin

Seharusnya tujuanmu menabung bukan karena ingin memiliki pernikahan yang mewah atau mobil baru karena sekali kamu memiliki mobil tersebut maka kamu akan kembali lagi ke posisi awal dan tetap menghadapi tantangan-tantangan keuangan lagi seperti sedia kala. Maka tujuan akhirmu seharusnya untuk mencapai kebebasan finansial.

2Traktir Dirimu Terlebih Dahulu

Cara kedua adalah kamu harus mentraktir dirimu terlebih dahulu. Sebelum kamu mengeluarkan uang sepeser pun dari pendapatanmu, sisihkan sekian persen pendapatanmu ke dalam akun simpanan (jika kamu tidak memilikinya, maka buatlah).

Baca Juga: 4 Panduan Sederhana Membuat Anggaran yang Mudah dan Efektif

Kamu tidak diperbolehan untuk menggunakan uang ini dalam kondisi apapun bahkan dalam kondisi darurat sekalipun. Uang ini hanya bisa dipakai untuk berinvestasi. Anggap saja uang ini adalah bagian dari pajak yang dibebankan kepadamu sehingga kamu harus membayarnya suka atau tidak suka!

3Ketahui Pengeluaranmu

Jika kamu bukan tipe orang yang menyisihkan uang secara konsisten maka rasanya akan lebih sulitn untuk memulai ini semua khususnya di beberapa bulan pertama. Ketika kamu menyadari bahwa simpananmu tidak sedang bertumbuh secepat yang kamu harapkan.

Oleh karena itu pahami dengan baik pengeluranmu di awal. Belanjakan uang untuk 30 hari ke depan yang memang telah sesuai dengan kebutuhan dari setiap transaksi yang pernah kamu lakukan.

Sehingga pada akhir bulan, kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang rekam jejak pengeluaranmu sehingga kamu bisa mengurangi pengeluranmu pada poin-poin yang tidak begitu penting pada kebutuhan harianmu.

Baca Juga: Agar Keuangan Sehat, Jangan Lakukan Hal Ini Pada Uang!

Misalnya, daripada membeli kopi setiap pagi di luar maka akan lebih bijak kamu membuat kopimu sendiri dan menyimpan uang tersebut sehigga kamu bisa mengurangi biaya yang tidak begitu penting.

Kamu juga bisa mengurangi biaya dari menyetir sendiri yang menghabiskan biaya bensin dan uang parkir, kamu bisa menggunakan kendaraan umum yang biayanya jauh lebih murah dan menghemat pengeluranmu.

Dengan melakukan perubahan-perubahan sederhana seperti ini kamu bisa menyisihkan uang hingga jutaan per bulan!

4Menunda 

Menunda itu buruk namun tidak pada kasus ini. Biasanya kita sangat senang ketika kita ingin berbelanja sesuatu yang baru segera walaupun barang tersebut bukan sesuatu yang sedang kita butuhkan saat ini.

Seringnya kegirangan itu berlalu begitu cepat. Seperti halnya kita membeli HP baru, di hari-hari pertama kita pasti akan senang dan riang, namun kamu paham apa yang terjadi selanjutnya, hal itu akan menjadi hal yang biasa saja.

Baca Juga: 5 Aturan Penting Soal Permainan Uang yang Harus Kamu Tahu

Lalu, mengapa kita tidak melatih diri untuk menunggu dalam membeli segala sesuatu yang baru khususnya barang-barang berharga mahal?

Kamu pasti akan tetap membeli barang-barang itu bila memang itu penting dan kamu membutuhkannya, namun akan ada banyak waktu dimana kamu akan berubah pikiran dan menahan uangmu.

5Gunakan Kas

Kemanapun kamu pergi dan ketika kamu ingin membeli sesuatu maka ingatlah selalu utuk menggunakan uang kas.

Cobalah untuk selalu menggunakan uang kas daripada kartu kredit atau kartu debit, entah itu untuk membeli makanan di sebuah restoran atau belanja kebutuhan bulanan di supermarket.

Memang membawa uang kas dalam jumlah yang banyak membuat kita tidak nyaman dan juga berbahaya dibanding hanya dengan membawa kartu.

Baca Juga: 3 Aturan Penting Tentang Uang yang Harus Kamu Tahu

Dengan kartu rasanya hidup lebih mudah karena kamu hanya perlu menggeseknya dan disamping itu tidak perlu tempat yang besar untuk menyimpannya kan. Kamu juga merasa bahwa dengan menggesek kartu, biaya yang dikeluarkan tidak lebih besar dari memang yang seharunya.

Bila kamu melakukan cara ini kamu akan menjadi orang yang lebih peka dan hati-hati dan kamu akan membelanjakan uangmu untuk hal-hal yang memang kamu butuhkan dari apa barang yang kamu inginkan.


Inilah ke 5 cara yang mungkin akan membantumu untuk memulai menyisihkan uang, aku berharap artikel ini cukup bermanfaat dan memberikan pencerahan dalam mengelola keuangan yang lebih baik.

Bagaimana menurutmu? Silahkan tulis komentarmu pada kolom di bawah ini ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.