5 Cara Agar Kamu Bisa Jalan-jalan Ke Luar Negeri di Akhir Tahun – Di zaman yang serba canggih ini, kita sangat mudah melihat sisi dunia lain yang begitu indah melalui kecanggihan teknologi. Dunia seperti tanpa batas dan banyak orang yang menjadikan jalan-jalan sebagai bagian penting dari kehidupannya.

Baca Juga: Tips Mencapai Tujuan Keuangan Part I

Mungkin ada yang berujar “Duh akhir tahun kayaknya seru deh bisa jalan-jalan ke luar negeri, ke Jepang sepertinya asik”. Negara manapun itu, kamu pasti pernah berfikir untuk jalan-jalan ke luar negeri di akhir tahun.

Jalan-jalan

Bagi sebagian orang, hal itu serasa mimpi karena tersandung dengan masalah utama yaitu masalah uang. Jalan-jalan keluar negeri membutuhkan dana yang tidak sedikit karena perlu untuk membayar tiket pesawat, akomodasi, makan, transportasi, dan belum lagi belanja atau membeli oleh-oleh.

Nah, semuanya mungkin bila kamu mengulik beberapa hal ini agar harapan kamu untuk jalan-jalan ke luar negeri di akhir tahun dapat terwujud.

5 Cara Agar Jalan-jalan ke Luar Negeri Terwujud di Akhir Tahun

1Rencanakan Perjalanan dari Jauh Hari

Bayangkan jika kamu baru ingin liburan ke luar negeri H-1 minggu tahun baru? Apa yang akan terjadi? Hal pertama yang terjadi pasti kamu akan mendapatkan tiket pesawat dan hotel yang sangat mahal. Di saat itu kamu pasti akan berujar “yaudah deh taun depan aja” sambil menyesali diri.

Baca Juga: Tips Mencapai Tujuan Keuangan Part II

Apa jadinya kalau dari awal tahun kamu sudah berencana ingin berakhir tahun di luar negeri? Kamu pasti sudah menentukan kamu ingin kemana, naik apa, dengan siapa, dan sebagainya. Pada akhirnya kamu sudah tahu gambaran pengeluaran yang kamu perlukan untuk jalan-jalan tersebut.

Ketika kamu sudah mengetahui tujuan yang ingin kamu capai maka tentu saja akan lebih mudah membangun jembatan menuju tujuan tersebut.

2Mengurangi Pengeluaran Konsumtif Sehari-hari

Demi memenuhi target keuangan untuk keperluan jalan-jalan akhir tahun, kamu harus bisa “mencicilnya”. Bagaimana cara untuk mencicilanya adalah dengan mengurangi pengeluaran konsumtif yang tidak terlalu kamu butuhkan. Keperluan konsumtif itu misalnya jajan mahal, minuman mahal, ataupun membeli voucher games yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan.

Baca Juga: Cara Sederhana Menetapkan Tujuan Keuangan

Kamu bisa mengalokasikan pengeluaran kecil namun rutin tersebut menjadi sebuah perjalanan ke luar negeri yang tidak terlupakan bila kamu konsisten melakukannya. Sisihkan uang hasil pengehematan tersebut di tempat yang kamu tidak bisa mengaksesnya lagi.

3Catatat Semua Pemasukan dan Pengeluaranmu

Supaya uang yang kamu miliki tidak hilang tanpa arah, kamu wajib mencatatnya! Semua pemasukan dan pengeluaran perlu kamu catat dengan baik!

Jika kamu tidak melakukannya, kamu akan bingung atau bahkan lupa kemana larinya semua uangmu. Selain itu dengan mecatat kamu bisa melacak sejauh mana progres yang kamu buat demi mencapai tujuanmu untuk jalan-jalan di akhir tahun.

Baca Juga: Begini 5 Cara Menyimpan Uang yang Lebih Praktis

Dari cara itu, kamu juga bisa mengetahui apakah alokasi dana yang kamu buat cukup atau malah harus ditambah lagi dengan berusaha ekstra entah dengan mengurangi pengeluaran ataupun meningkatkan pendapatan.

4Investasikan Dana yang Sudah Terkumpul

Menyisihkan dana memang sudah bagus, namun jika dana kamu tidak dioptimalkan maka kamu akan kehilangan potensi keuntungan. Kamu bisa menginvestasikan dana yang sudah terkumpul di beberapa jenis instrumen keuangan.

Kamu bisa memilih reksadana pasar uang/deposito karena kamu bisa menariknya kapan saja. Selain reksadana kamu juga bisa mencoba P2P Lending yang jangka waktu dari pembiayaannya hanya antara 3–12 bulan.

Baca Juga: 6 Pelajaran Berharga dari Rich Dad Poor Dad

Bagaimana dengan saham? Saham mampu menghasilkan keuntungan yang lebih besar tentunya, tapi hal ini juga berpengaruh terhadap risikonya. Jika kamu menaruh uang yang kamu sisihkan ke dalam saham dan ternyata kondisi global sedang buruk (misalkan akibat perang yang tiba tiba terjadi) maka mungkin saja dana kamu yang sudah terkumpul tersebut malah berkurang. Saham lebih cocok untuk kebutuhan keuangan jangka panjang.

5Jadi Pemburu Promo

Ketika melihat tiket atau hotel ke negara tujuan sedang promo dan uang yang sudah terkumpul cukup untuk membelinya maka segeralah beli tiket atau hotel tersebut.

Baca Juga: 4 Dasar Kecerdasan Finansial dari Rich Dad

Terdapat banyak promo jalan-jalan ke luar negeri yang terjadi sepanjang tahun dan jangan sampai melewatkan kesempatan promo tersebut karena diskon yang diberikan cukup signifikan. Selalu perhatikan informasi tentang promo jalan-jalan yang ada demi menghemat pengeluarmu nantinya.


Nah, itulah 5 cara mudah yang bisa kamu lakukan agar rencana jalan-jalanmu ke luar negeri pada akhir tahuh dapat tercapai. Usaha lebih giat untuk menahan diri dan disiplin agar impian kamu selama ini bisa tercapai.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.