5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Berkunjung ke Kawah Ijen – Mengunjungi destinasi alam Indonesia sebenarnya tidak membutuhkan alasan karena keindahan alam Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Keindahan alam yang sudah terbukti ini telah berhasil menarik minat wisatawan asing untuk mampir ke Indonesia sejak 100 tahun terakhir!

Mulai dari Sabang sampai Merauke, terdapat keindahan alam unik yang menyuguhkan panorama yang tidak biasa. Baik itu pantainya, pegunungannya, danaunya, keindahan alam bawah lautnya atau bahkan hanya sekedar hutannya – semua memikat hati para pengunjung.

Baca Juga: Blue Fire Ijen: Akhirnya Bucket List Ini Tercoret

Semua keindahan itu tidak akan lengkap bila tidak menyuguhkan Kawah Ijen sebagai salah satu bagian dari daftar destinasi tersebut. Kawah Ijen telah menjadi salah satu daftar tempat wisata wajib yang harus aku kunjungi sebelum aku mati. Akhirnya, keinginan itu terealisasi di November 2018!

Lalu, apa sih sebenarnya alasan kuat yang membuatmu wajib mampir ke kawah ini? Bukannya kawah dimana-mana sama ya? Eits, kamu harus baca poin-poin di bawah ini untuk menemukan jawabannya!

Alasan Berkunjung ke Kawah Ijen, Jawa Timur

Kawah Ijen 1

1Blue Fire yang Hanya Ada Dua di Dunia

Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah membaca berita atau mungkin mendenger dari cerita orang bahwa Blue Fire alias api biru alami hanya terdapat di dua tempat di dunia.

Satu berada di Islandia dan satu lagi berada di negaramu Indonesia yang lebih tepatnya berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur! Ini menjadi salah satu alasan mengapa kamu harus bangga menjadi orang Indonesia.

Dari sekian ratus negara, Tuhan hanya memilih dua tempat untuk memberikan panorama indah alami Blue Fire yang bisa kamu saksikan dengan mata telanjang. What’s not to be grateful for?

2Destinasi Buruan Para Turis Dunia

Sesuatu yang langka dan tidak biasa pastinya akan diburu dan dicari orang, benar tidak? Itu juga terjadi dengan Blue Fire yang ada di Kawah Ijen.

Ketika aku mampir, aku dapat menyimpulkan bahwa 6 dari 10 pengunjung merupakan turis asing. Kok bisa Blue Fire yang di Kawah Ijen begitu terkenal ya? Orang Indonesia sepertinya masih sedikit yang menyempatkan dirinya mampir ke sini.

Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Kawah Ijen

Mendapat informasi dari guide kami, turis yang paling banyak mampir ke Kawah Ijen berasal dari Australia dan Perancis. Khusus untuk Perancis, negara tersebut memang memiliki satu stasiun TV yang menyiarkan khusus cerita tentang Blue Fire yang berada di Kawah Ijen, Indonesia! Itu yang membuat mereka sangat berminat dan tertarik mampir ke Indonesia.

3Pemandangan Sunrise yang Indah

Terletak di atas gunung, tidak dapat dipungkiri bahwa Kawah Ijen menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise.

Perpaduan sinar matahari yang hangat dengan keindahan warna air kawah yang berwarna hijau tosca menjadikan pengalaman ini sungguh cantik dan mengesankan!

4Melihat Langsung Para Penambang Belerang

Salah satu sumber belerang utama dan terbesar di Indonesia berasal dari Kawah Ijen. Tidak heran karena memang belerang-belerang yang ditambang dikelola langsung oleh PT  Candi Ngribi.

Semua para penambang belerang yang kamu temukan di Kawah Ijen memang bekerja untuk menyuplai belerang hasil tambangan mereka ke perusahaan tersebut untuk kemudian diolah kembali menjadi berbagai macam produk.

Di Kawah Ijen, kamu akan menyaksikan para penambang belerang dengan gigihnya menggali dan mengangkut bongkahan belerang yang sangat berat dengan menggunakan alat yang masih sangat sederhana ke atas pundak mereka dengan bantuan dua keranjang yang ditempatkan di sisi kiri dan kanan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru

Pemandangan ini menjadi salah satu alasan dan daya tarik bagi para turis ketika berada di Kawah Ijen karena tidak setiap hari kamu dapat melihat para penambang belerang ini secara langsung, kan?

5Panorama Alam yang Indah

Kawah Ijen tidak hanya satu-satunya daya tarik. Sesaat setelah kamu melihat Blue Fire, matamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan di sekeliling kawah yang begitu indah. Kamu seakan sedang berada di sisi lain Indonesia!

Baca Juga: Pertama ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru? Kunjungi Beberapa Tempat Ini

Mulai dari gunung-gunung batu, bongkahan-bongkahan belerang, hutan-hutan asri, lapisan-lapisan tanah yang terbentuk indah di sekitar kawah, dan udara yang sejuk menjadikan tempat ini benar-benar unik dan menarik!

Tidak hanya itu, di sekitar Gunung Ijen juga terdapat gunung lainnya seperti Gunung Rante, Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Pendil yang menanti untuk kamu daki!


Kereta Gantung

Kawah Ijen 6

Selain 5 alasan tersebut, terdapat satu hal menarik juga yang membuatmu akan ingin berkunjung ke Kawah Ijen yakni kereta gantung!

Meskipun proyek pembuatan kereta gantung ini sedang dikerjakan, cepat atau lambat destinasi Kawah Ijen akan semakin dikenal dan diminati oleh para turis baik lokal maupun internasional karena akses yang lebih mudah.

Baca Juga: Pertama ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru? Kunjungi Beberapa Tempat Ini

Selama ini, kendala yang membuat banyak orang mengurungkan niat untuk mampir ke Kawah Ijen adalah akses yang sangat menuntut ketahanan fisik. Kamu harus terbiasa melakukan trekking jauh khususnya ketika melakukan pendakian gunung di dalam kondisi cuaca yang begitu dingin.

Karena alasan inilah kamu akan menemukan banyak ojek manusia yang siap sedia membantu mendorong kamu ke puncak gunung dengan menggunakan gerobak yang telah mereka desain khusus untuk memuat manusia.

Bila proyek kereta gantung selesai maka turis dari berbagai kalangan usia juga dapat ikut menikmati keindahan Blue Fire dan Kawah Ijen dari kejauhan!


Itulah beberapa alasan menarik versiku yang membuat kamu wajib berkunjung ke Kawah Ijen dalam waktu dekat.

Jangan lupa bantu share artikel ini, like, dan follow akun sosial mediaku bila kamu merasa artikel ini bermanfaat dan informatif. Happy traveling fellas! 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.