Pertama ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru? Kunjungi Beberapa Tempat Ini – Kamu baru pertama kali ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru? Berarti sama dong! Ini juga pengalaman pertamaku berkunjung ke Taman Nasional yang tiada duanya di Indonesia.

Belum berkunjung ke Taman Nasional ini tidak akan afdol apalagi bagi kamu yang tinggal di Pulau Jawa. Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru yang terletak di Jawa Timur itu sebenarnya sangat mudah diakses loh! Kamu bisa temukan beberapa cara ke sana dengan membaca artikel di bawah ini.

Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru

Menghabiskan waktu seharian di Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru meninggalkan kesan tersendiri bagiku. Waktu yang singkat memang, tapi kamu sudah bisa melakukan banyak hal dan berkunjung ke beberapa tempat di sana. Lalu, tempat-tempat apa saja sih yang harus dikunjungi ketika berada di Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru?

Berikut beberapa tempat yang perlu dikunjungi ketika berada di Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru, Jawa TimurBromo 1

1Gunung Bromo

Berpetualang ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru kalau tidak menyaksikan Gunung Bromo yang indah tidak akan lengkap rasanya. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 2.329 mdpl.

Sangat mudah membedakan Gunung Bromo diantara gunung-gunung lainnya karena hanya Gunung Bromo lah yang memiliki bongkahan kawah aktif yang luas di puncaknya yang menjadikan gunung ini unik dan populer.

Baca Juga: 7 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Dataran Tinggi Dieng

Keindahan Gunung Bromo jelas tidak bisa diragukan lagi karena popularitas gunung ini sudah merambah ke dunia mancanegara dan menjadikan Bromo salah satu gunung yang paling banyak dikunjungi turis asing!

Tidak hanya itu, kamu bahkan bisa mendaki hingga ke puncak gunung bila penasaran dengan bongkahan kawah yang masih aktif dengan menapaki ratusan anak tangga atau dengan menunggangi kuda.

2Bukit Cinta

Sering melihat foto-foto sunrise Gunung Bromo yang indah di jejaring sosial media ataupun di mbah Google? Yup, salah satu spot terbaik menatap keindahan surise Gunung Bromo adalah di Bukit Cinta!

Mencapai Bukit Cinta tidaklah sulit! Terdapat beberapa ratus anak tangga yang dapat membantumu mendaki bukit yang tinggi ini demi menyaksikan pemadangan indah yang ada di depan matamu, Gunung Bromo!

Hati-hati ya ketika berada di area rumput di bukit ini terlebih ketika kamu sedang menanti-nantikan sunrise karena rumput-rumput di bukit ini sangat licin karena embun pagi. Bila kamu tidak hati-hati, kamu bisa terjun bebas langsung ke jurang, loh!

3Lautan Pasir

Sehabis menikmati keindahan sunrise maka kamu bisa melanjutkan kegiatanmu dengan berkunjung ke Lautan Pasir! Lautan Pasir sering dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan balap motor trail yang memang banyak disewakan di sekitar tempat ini.

Bila tidak ingin bermain balap, kamu bisa berkeliling di area Lautan Pasir yang diapit oleh bukit-bukit indah hanya dengan Jeep yang telah kamu sewa. Atau mungkin kamu hanya ingin foto-foto aja? The choice is yours! 🙂

4Kaki Gunung Bromo

Tidak hanya puncak Gunung Bromo saja yang menarik untuk dijelajahi, di sekitar kaki Gunung Bromo juga banyak yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah dengan berkuda!

Jangan bingung ketika Jeep yang kamu tumpangi memasuki area Gunung Bromo, setiap kuda yang ada di sekitar kaki gunung akan secara otomatis mengejar setiap Jeep yang ada serta memberikan pemandangan yang seru sekaligus menegangkan!

Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng

Kenapa? Karena kamu akan dikejar-kejar oleh kuda meski masih berada di dalam Jeep! Jelas pemandangan ini tidak akan pernah ditemukan di Jakarta. Tapi kalau kuda yang mengejar secantik yang aku tunggangi seperti gambar di atas, siapa yang menolak?

Bila kamu tertarik menyewa kuda untuk mencapai kawah Gunung Bromo maka kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 150.000 (November 2018) dengan durasi sekitar 1-2 jam. Namun, bila kamu hanya ingin foto sejenak seperti aku maka kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 50.000.

5Pasir Berbisik

Tempat lainnya yang perlu kamu kunjungi ketika berada di Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru adalah Pasir Berbisik. Spot satu ini pernah menjadi tempat syuting salah satu film ternama Indonesia yang dibintangi oleh aktris Dian Sastro, lho!

Di Pasir Berbisik, kamu juga dapat melihat pemandangan Gunung Bromo dari sisi yang berbeda. Jangan lupa bawa sampah-sampah kamu ya bila kamu sedang menikmati pemandangan Gunung Bromo sembari menikmati cemilan karena kebersihan Pasir Berbisik ini sangat terjaga.

6Bukit Teletubbies

Dikelilingi oleh bukit-bukit nan asri, tidak heran bila Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru memiliki Bukit Teletubbies versinya sendiri. Bukit-bukit Teletubbies ini memiliki gradasi warna hijau yang sangat indah.

Jangan lupa menyempatkan dirimu untuk mampir ke bukit ini karena di sini kamu juga akan menemukan para penjaja souvenir lokal khas Bromo!

7Padang Savana

Bila mampir ke Bukit Teletubbies di Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru maka tidak lengkap rasanya bila tidak memasuki kawasan Padang Savana yang tidak kalah indah dan bertetangga.

Sayang, beberapa waktu sebelum aku tiba di Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru – Padang Savana sempat kebakaran yang mengakibatkan rumput-rumputnya tidak terlihat indah seperti yang semestinya.

Baca Juga: 9 Alasan Berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng

Namun, kejadian itu tidak membuatku mundur untuk tetap mengabadikan foto di salah satu spot keren di Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru ini!


Destinasi Lain Bromo dan Sekitarnya

Bromo 7

Selain beberapa tempat di atas, kamu juga bisa berkunjung ke tempat-tempat lainnya di Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru bila kamu memiliki banyak waktu luang seperti:

  1. Gunung Semeru
  2. Pura Luhur Poten
  3. Danau Ranu Kumbolo
  4. Aneka air terjun di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru

Itulah beberapa tempat yang perlu kamu kunjungi ketika kamu sedang berada di Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru khususnya bagi kamu yang melakukan perjalanan ini untuk pertama kalinya.

Dengan menyadari keindahan alam Indonesia yang tidak terbantahkan ini, yuk mari kita sama-sama menjaga alam kita dari kerusakan yang kebanyakan diakibatkan oleh kelalaian kita manusia karena alam indah ini adalah aset kita yang harus kita turunkan kepada generasi kita selanjutnya!

Bagi kamu yang merasa artikel ini sangat membantu dan informatif, jangan lupa share artikel ini, like, dan follow akun sosial mediaku ya. Selamat berlibur!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.