Menyambangi Tegallalang Rice Terrace, Bali – Dalam mengisi waktu liburan singkat di Bali dan sesaat setelah menghabiskan waktu sekitar 30 menit bermain bersama monyet-monyet lucu di Sacred Monkey Forest Sanctuary Ubud, kami pun melanjutkan perjalanan menuju destinasi kedua kami yakni Tegallalang Rice Terrace yang juga masih berada di Ubud.

Namun sebelum tiba di lokasi, kami menikmati makan siang di Desa Tegallalang dengan mampir ke Warung Bakso Wonogiri dan membeli Nasi Padang yang bertempat persis di sebelah warung bakso tersebut.

Baca Juga: Catatan Perjalanan ke Nusa Penida: The Golden Egg of Bali

Sehabis menyantap makan siang, kami pun melanjutkan perjalanan. Sebenarnya bila kami terus melaju tanpa berhenti makan siang dulu, perjalanan dari Monkey Forest ke Tegallalang Rice Terrace memakan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan mobil. Tidak terlalu jauh memang.

Kondisi jalan ke area ini sempit, hanya bisa dilalui kendaraan dari 2 arah yang berlawanan. Di sepanjang perjalanan sebelum tiba di lokasi kamu akan melihat toko-toko souvenir berada di kiri kanan jalan yang sempit dan banyaknya mobil yang terparkir di badan jalan.

Baca Juga: Nusa Lembongan, Klungkung, Bali: Tak Hanya Menawarkan Suasana Baru

Akhirnya tibalah kami. Bli yang mengantar kami pun memarkirkan mobil dan kami pun turun ke bawah. Untuk bisa menjangkau terasering ini, kami harus menuruni anak tangga yang berada dekat dengan bibir jalan raya.

Dari atas jalan raya pun sudah terlihat hamparan hijau nan menyegarkan mata sembari melihat terasering terbentang indah di bawah sana.

Menikmati Hijaunya Alam di Tegallalang Rice Terrace, Bali

Tegallalang Rice Terrace ubud Bali - 1
Pemandangan indah Tegallalang Rice Terrace dari atas

Udara sejuk di siang hari yang berhembus pun semakin menambah kesegaran pikiran. Setelah menghabiskan waktu selama 3 hari 2 malam menjelajahi berbagai destinasi indah berupa laut dan pantai di Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan kali ini kami bisa menikmati pemandangan hijau di dataran tinggi seperti di Tegallalang.

Baca Juga: Catatan Perjalanan Menjelajahi Nusa Ceningan, Bali

Dari spot ini saja kita bisa melihat para turis berada di tiap layer terasering untuk berfoto dan menikmati keindahan alam. Namun, karena kami tak bisa lama maka kami hanya mengeksplorasi layer atas teraseringnya saja.

Tegallalang Rice Terrace Bali - 2
Menikmati indahnya pemandangan hijau nan asri di terasering ini

Dari tempat kami berdiri, kami melihat ada satu spot strategis untuk memotret pemandangan terasering dari angle yang lebih baik.

Baca Juga: Menikmati Hidangan Sate Plecing Arjuna di Denpasar, Bali

Kami pun berjalan ke spot tersebut dan ternyata untuk bisa berfoto di sini kita harus membayar Rp 5.000 per orang namun bisa puas berfoto dengan berbagai gaya.

Bli yang menjaga tempat ini juga bisa dimintai tolong untuk mengambil gambar dan bahkan tahu angle terbaik untuk mengabadikan momen kami 😀

Tegallalang Rice Terrace Bali - 3
Berfoto di salah satu spot berbayar di terasering

Bila kita menatap ke bawah, kita bisa melihat pedagang kelapa murni bersama gerobaknya yang ditutupi payung besar terparkir di sana. Sangat cocok memang bila kita sudah turun ke bawah dan setelah lelah berjalan, dilanjutkan menikmati air kelapa murni di sana.

Baca Juga: Memanjakan Lidah dengan Bubur Ala Hongkong di Warung Bubur Laota Tuban, Bali

Tidak hanya itu, kita juga bisa melihat kakek yang sedang memanggul keranjang di sisi kiri dan kanan pundaknya berisi alat cangkul dan rumput. Kakek ini juga bisa diajak berfoto, lho!

Tegallalang Rice Terrace Bali - 4
Bersama kedua temanku berfoto di spot berbayar terasering

Menurut info dari Bli yang mengantar kami, para petani yang bekerja di terasering ini sengaja digaji setiap bulannya oleh pemerintah Bali agar keindahan terasering tetap terjaga mengingat tempat ini menjadi salah satu tujuan turis untuk berkunjung ketika mereka berada di Ubud.

Baca Juga: Nikmatnya Gelato di Gusto Gelato & Caffe, Kerobokan, Bali

Kamu tidak perlu khawatir soal makanan karena terdapat banyak restoran di pinggir jalan raya yang menyuguhkan pemandangan langsung ke arah terasering.

Jadi sambil menyantap makanan kamu bisa sekalian menikmati pemandangan yang ada di depanmu. Sayang kami sudah terlanjur makan siang sebelum tiba di tempat ini.

Tegallalang Rice Terrace Bali - 5
Berfoto bersama kedua temanku dengan angle yang berbeda

Tidak terasa waktu berlalu setelah sekitar 30 menit menikmati pemandangan nan asri serta berfoto-foto, kami pun akhirnya menyudahi persinggahan kami di sini.

Waktu juga menunjukkan pukul 14:30 WITA sedangkan kami masih harus mengunjungi destinasi terakhir kami yakni Tirta Empul Tampaksiring di Gianyar sebelum berangkat ke bandara untuk pulang.

Tegallalang Rice Terrace Bali - 6
Memandang keindahan terasering sambil merapikan rambut

Bila kamu memiliki banyak waktu kamu bisa mampir ke Goa Gajah, Tampaksiring yang ada di Gianyar sehabis mengunjungi terasering ini dan lanjut naik ke Kintamani untuk melihat gunung apinya.

Tempat ini berada di lokasi yang berdekatan sehingga sayang sekali bila perjalanan tidak kamu teruskan mumpung kamu sudah berada di Ubud. Oh iya, Ubud tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan udaranya yang sejuk.

Baca Juga: Serunya Menikmati Malam di Motel Mexicola, Seminyak, Bali

Ubud juga terkenal dengan sungai-sungai indahnya dan salah satu yang terkenal bernama Sungai Ayung. Di sungai ini kamu bisa bermain olahraga air seperti arung jeram. Perlu dicoba tuh!

Tegallalang Rice Terrace Bali - 7
Keindahan Tegallalang Rice Terrace

Tegallalang Rice Terrace ini merupakan salah satu spot terbaik ketika kita mengunjungi Ubud karena kita akan melihat terasering dengan pemandangan indah dan lapisan-lapisannya yang sangat miring.

Walaupun secara ukuran terasering ini tidak seluas terasering yang ada di Jatiluwih namun terasering ini menjadi kebanggaan masyarakat Bali.  

Baca Juga: Menyantap Jamuan di Warung NG, Nusa Penida, Bali

Pulau Bali sendiri memiliki enam terasering yang tersebar di berbagai tempat termasuk yang ada di Tegallalang, di antaranya Jatiluwih Tabanan, Pupuan Tabanan, Antosari (Pantai Soka), Busungbiu Buleleng, dan terakhir Karangasem dekat Tirta Gangga.

Bagi kamu yang ingin mampir ke terasering indah ini, kamu bisa menyewa mobil per harinya karena tidak ada angkutan umum atau pun online taxi yang menjangkau area wisata ini. Selamat berlibur ya!


Peta Lokasi Tegallalang Rice Terrace, Bali


Rute Perjalananku Menelusuri Pulau Dewata Bali


(Note: klik dot/pinpoint pada peta di atas untuk melihat detil masing-masing lokasi)

Sacred Monkey Forest Sanctuary, Ubud Tegallalang Rice Terrace, UbudTirta Empul Tampaksiring, Gianyar


Baca Juga Catatan Perjalananku Lainnya:

  1. Batu Caves, Salah Satu Wisata Wajib di Malaysia
  2. Catatan Perjalanan ke Nusa Penida: The Golden Egg of Bali
  3. Kelingking Beach, Nusa Penida: Pesona Keindahan Tak Terlupakan
  4. Mengunjungi Broken Beach (Pasih Uug) di Nusa Penida
  5. Angel’s Billabong, Nusa Penida: Suguhan Alam yang Menakjubkan
  6. ‘Bertengger’ di Pohon Cinta Sembari Menikmati Alam Nusa Penida yang Mengagumkan
  7. Indahnya Paluang Cliff di Nusa Penida, Bali: Pemandangan Luar Biasa dari Ketinggian
  8. Pantai Crystal Bay di Nusa Penida, Bali: Menyimpan Keindahan Alam yang Mengagumkan
  9. Coco Resort Penida, Tempatku ‘Berteduh’ Selama Menjelajahi Nusa Penida
  10. Menyambangi Hotel Puri Maharani Boutique and Spa, Sanur, Bali
  11. Mengagumi Keindahan Alam Pulau Seribu Nusa Penida, Raja Ampat Ala Bali
  12. Atuh Beach Nusa Penida, Salah Satu Pantai Kebanggaan Bali
  13. Menyantap Jamuan di Warung NG, Nusa Penida, Bali
  14. Asiknya Nongkrong di Gusto Gelato & Caffe, Kerobokan, Bali
  15. Menikmati Hidangan Sate Plecing Arjuna di Denpasar, Bali
  16. Bukit Teletubbies Nusa Penida, Menyuguhkan Panorama yang Mengagumkan
  17. Meriahnya Suasana di Motel Mexicola, Kerobokan, Seminyak, Bali
  18. Raja Lima Nusa Penida yang Tak Kalah Indah dari Raja Ampat
  19. Pelabuhan Toyapakeh Nusa Penida, Bali: Menjadi ‘Perantara’ dalam Penjelajahanku
  20. Nyamannya The Cozy Villas Lembongan di Nusa Lembongan, Bali

2 KOMENTAR

  1. walaupun saya tinggal di Bali, tapi tidak pernah bosan mengunjungi tempat ini (tegalalang rice terrace)
    terimakasih sudah mengunjungi Bali kak^^

  2. Tempat ini memang bagus dan sejuk sekali. saya secara pribadi selalu senang mengunjungi tempat ini, suka banget pokoknya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.