Pantai Crystal Bay di Nusa Penida, Bali: Menyimpan Keindahan Alam yang Mengagumkan – Seperti yang sudah kita ketahui, Bali menyimpan banyak sekali keindahan alam yang begitu mengagumkan. Tak heran, Bali menjadi salah satu destinasi favorit para traveler di seluruh dunia.

Pantai di sekitar Bali memang sudah terdengar keindahannya hingga ke dunia internasional. Maka tak heran bila bule-bule di luar sana mengira Indonesia adalah bagian dari Bali, bukannya Bali merupakan bagian dari Indonesia.

Baca Juga: Catatan Perjalanan ke Nusa Penida: The Golden Egg of Bali

Sebagai salah satu destinasi favorit untuk berlibur sekaligus menikmati keindahan alam dan budaya lokal, turis yang beranjak ke Bali kerap mengincar pantainya yang memang terkenal indah.

Dalam lanjutan perjalananku mengunjungi Nusa Penida, ada satu lagi pantai yang menjadi tujuan persinggahanku yang pastinya tak kalah menyenangkan. Pantai Crystal Bay di Nusa Penida, terkenal dengan keindahan alam yang mengagumkan disertai dengan pasir putih nan bersih yang menyelimutinya.

Simak jurnal wisataku saat mengunjungi Pantai Crystal Bay di Nusa Penida, Bali.

 Serunya Bermain di Pantai Crystal Bay, Nusa Penida, Bali

pantai crystal bay nusa penida beach bali - 6
Happiness on the beach

Sehabis berhenti sejenak di Paluang Cliff untuk berfoto-foto, kami melanjutkan perjalanan kami ke Crystal Bay atau biasa juga disebut dengan Pantai Nusa Penida.

Crystal Bay ini berlokasi tidak jauh dari hotel kami dan waktu tempuh dari Paluang Cliff ke pantai ini memakan waktu sekitar 50 menit.

Dengan menggunakan sepeda motor kami pun tidak menyia-nyiakan waktu lagi karena kami ingin sambil menikmati sunset di pantai ini. Selain itu pantai ini berlokasi dekat dengan hotel tempat kami menginap.

Baca Juga: 10 Tips Wajib yang Perlu Diketahui Sebelum Plesiran ke Nusa Penida, Bali

Oleh karena itu Crystal Bay kami jadikan destinasi terakhir agar ketika pulang tidak memakan waktu terlalu lama lagi.

Perjalanan ke Crystal Bay juga sama jelek dan hancurnya, jalan yang sudah diaspal banyak yang bolong dan berbatu-batu sehingga kita tidak bisa ngebut di jalanan walaupun sebenarnya ingin sekali 😀

Menuju Crystal Bay kita akan melewati beberapa resort dan bungalow dan memang daerah ini merupakan tempat beberapa penginapan berada. Sepanjang jalan kamu bisa melihat turis mancanegara berjalan kaki ke arah pantai ini.

pantai crystal bay nusa penida beach bali - 1
Penampakan Pantai Crystal Bay di sore hari

Crystal Bay ini merupakan salah satu spot yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Nusa Penida. Penampakannya sekilas mirip seperti pantai di Ancol. Pantai ini memang sudah komersil karena akses yang mudah, banyaknya toko-toko, dan ramainya pengunjung.

Untuk bisa masuk ke lokasi ini, kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Di sini kamu akan menikmati pasir berwarna putih dikombinasikan dengan air laut berwarna hijau turquoise, indah sekali!

pantai crystal bay nusa penida beach bali - 2
Objek indah berupa tebing di Pantai Crystal Bay

Di atas laut, kamu akan melihat perahu-perahu kayu mengapung sambil terombang ambing diterpa ombak.

Di sini kamu juga akan melihat sekelompok orang menghabiskan waktunya untuk bermain bola di atas pasir putih, sunbathing, ataupun hanya sekedar duduk menatap ombak dan menikmati tiupan angin sore sembari menunggu sunset.

pantai crystal bay nusa penida beach bali - 3
Aku bersama ketiga temanku berpose di Pantai Crystal Bay

Karena ombak dan angin yang ‘tidak nyantai’, kami pun memutuskan untuk tidak berenang karena takut ketarik ombak ke tengah laut. Selain karena aku memang tidak bisa berenang sih, hehe 😀

Akhirnya, kami hanya bermain dan berlari-lari saja di atas pasir putih ini. Di sini banyak turis mancanegara menghabiskan waktu mereka untuk berjemur, bercengkrama, dan menikmati keindahan pantai.

pantai crystal bay nusa penida beach bali - 4
Aku berjalan di atas pasir putih Pantai Crystal Bay

Sayang sekali, kami tidak dapat menikmati sunset dengan jelas karena tertutup oleh awan tebal. Namun, pilihan untuk mengakhiri kegiatan yang panjang setelah seharian penuh berpetualang di sekitar Nusa Penida sangatlah tepat di sini.

Kamu tidak perlu khawatir berbasah-basahan karena akan pulang dan mandi setelahnya. Crystal Bay merupakan destinasi terakhir kami di hari pertama mengeksplorasi bagian barat Nusa Penida sebelum akhirnya kembali ke Coco Resort Penida tempat kami menginap.

Sungguh, petualangan hari pertamaku di bagian barat Nusa Penida berjalan dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti. Tidak ada hujan, tidak ada kecelakaan teknis atau apapun yang mengganggu perjalanan. Semua berjalan sesuai rencana didukung dengan cuaca yang baik.

Baca Juga: 17 Destinasi Menarik yang Membuatmu Ingin Segera Berkunjung ke Nusa Penida, Bali

Pengalaman ini akan terus terekam dengan baik di ingatanku apalagi ini merupakan pengalaman pertamaku ke sini. Hanya saja, jalanan yang kurang bersahabat yang membuat perjalanan ini menjadi lebih lambat dari yang seharusnya.

Kamu harus memasukkan Nusa Penida ke dalam daftar perjalanan kamu bila ingin mengunjungi Bali dan sekitarnya dalam rangka menjelajah keindahan alam Indonesia, ya. Nusa Penida ini sungguh layak untuk dieksplorasi.


Kelebihan dan Kekurangan Pantai Crystal Bay, Nusa Penida

pantai crystal bay nusa penida beach bali - 5
Berpose bersama dua Bli yang setia menemani kami menjelajah
Kelebihan Crystal Bay:
  1. Akses ke sini mudah
  2. Kawasan yang tourist friendly karena tempat ini sudah komersil dan ramai pengunjung
  3. Signal provider telekomunikasi cukup kuat
  4. Pantai yang bersih dan terawat
  5. Bisa melakukan berbagai aktivitas pantai di sini
  6. Terdapat toilet umum dan tempat parkir yang memadai
  7. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Toyapakeh
Kekurangan Crystal Bay:
  1. Walaupun akses yang mudah namun jalanan aspal sudah mulai rusak dan berbolong-bolong
  2. Potensi untuk keindahan pantai ini masih perlu dikembangkan

Perjalananku Mengelilingi Nusa Penida Bagian Barat – Hari Pertama


(Note: klik dot/pinpoint pada peta di atas untuk melihat detil masing-masing lokasi)

Broken Beach (Pasih Uug) →  Angel’s BillabongKelingking BeachPohon CintaPaluang CliffCrystal Bay


Nah sekarang, apakah tulisan ini setidaknya membuatmu tertarik untuk mengunjungi Pantai Crystal Bay di Nusa Penida, Bali?

Kalau kamu sudah pernah mengunjunginya, bagaimana pengalamanmu selama berada di sana? Share pengalamanmu lewat kolom komentar di bawah ya. Jangan lupa juga bagikan tulisan ini ke teman-temanmu 😀

3 KOMENTAR

  1. Wiiiih ternyata ada blogger secantik kalian dan bisa nulis bagus lagi. Jadi bercita-cita untuk ngajak jalan bareng nih <3

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.