Panduan Lengkap Mengurus Visa Rusia – Hai para pembaca Lady Pinem, siapa yang sudah pernah ke Rusia? Gimana pengalamannya? Nah, bagi kamu yang belum pernah ke Rusia namun berencana ingin ke Rusia dalam waktu dekat pasti ingin tahu dong gimana proses mengurus visa ke sana. Bener gak?

Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Kawah Ijen

Mungkin banyak yang udah tahu, visa Rusia itu sama seperti visa United Kingdom yang terpisah dari visa Eropa yang mungkin lebih dikenal dengan visa schengen! Visa schengen memang visa Eropa yang sudah mencakup 26 negara di Benua Eropa namun tidak termasuk Rusia dan United Kingdom.

Meskipun Rusia menjadi bagian dari negara di Eropa Timur tapi Rusia memilih untuk menetapkan visa sendiri. Jadi kamu yang udah punya visa schengen tidak bisa menggunakan visa tersebut ke Rusia ya! Kamu harus mengurus lagi visa khusus ke Negeri Beruang Putih ini.

Lalu apa aja sih persyaratan dan dokumen yang harus kamu lengkapi untuk dapat berangkat ke Rusia? Nah, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan sebelum mengajukan dokumen ke Kedutaan Besar Rusia di Jakarta dan mengetahui bagaimana prosesnya.

Mengurus Visa Rusia

Visa Rusia 1

1Kelengkapan Dokumen

Terdapat beberapa dokumen penting yang perlu kamu persiapkan dalam mengurus visa Rusia. Dokumen-dokumen tersebut antara lain:

  1. Invitation letter

Nah, hal ini yang berbeda ketika kamu mengajukan visa Rusia. Tidak seperti visa schengen yang tidak membutuhkan surat undangan atau invitation letter, di Rusia kamu wajib memiliki invitation letter demi menjamin apakah benar kamu akan berkunjung ke Rusia sesuai dengan tanggal-tanggal yang kamu cantumkan yang juga berfungsi untuk menjamin keamananmu selama di sana.

Kamu bisa mendapatkan invitation letter dari Pemerintah Migrasi Federasi Rusia atau Kementerian Luar Negeri Rusia (dokumen asli). Jika tidak ingin ribet mendapatkan invitation letter dari dua pilihan tersebut maka kamu bisa menggunakan alternatif lain.

Alternatif lainnya adalah kamu bisa memperoleh invitation letter ini di Bronevik dan perlu mempersiapkan dana sebesar USD 41.10 dengan rincian USD 24 untuk visa invitation, USD 15.05 untuk migratory-dangerous countries charge, dan USD 2.05 untuk biaya administrasi bank.

Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo-Tengger Semeru

Ini penting! Kamu harus teliti ketika menginput tanggal-tanggal yang diminta pada website tersebut dan pastikan tanggal-tanggal tersebut harus sesuai dengan keterangan yang ada di tiket pesawat dan juga hotel tempat kamu akan menginap termasuk dengan kota-kota yang akan kamu kunjungi!

2. Paspor asli dan foto kopi paspor (masa berlaku paspor minimal 6 bulan)

3. Formulir aplikasi visa

Kamu harus mengisi formulir aplikasi visa secara online dan lengkapi semua persyaratan yang diminta seperti yang tertera pada website tersebut. Setelah pengisian selesai, kamu hanya perlu mencetak formulir dan tanda tangan pada lembar terdepan formulir tepat di bawah posisi foto, jangan lupa cantumkan tanggal juga di sampingnya!

Perlu kamu perhatikan juga apakah visa yang kamu ajukan adalah visa single entry, double entry, multiple entry, atau visa for student karena persyaratan yang diajukan serta biayanya berbeda dari visa jenis satu ke jenis lainnya.

Pada kasusku, aku mengajukan visa single entry karena pada tripku ini aku hanya berkunjung ke Rusia saja dan tidak akan keluar ke negara lain. Nah, biaya visa single entry ini sebesar USD 80.

Pembayaran visa ini harus kamu lakukan secara tunai dalam dolar pada saat kamu mengajukan dokumen aplikasi visa ke kantor Kedutaan Besar Rusia nantinya. Sebelum membayar biaya visa, pastikan uang dolar tersebut licin dan tidak ada lecek sama sekali. Dolar lecek sedikit, dokumen ditolak tanpa embel-embel! Ini serius!

4. Satu lembar pas foto berukuran 3,5 x 4,5 berwarna dengan background putih yang berkualitas bagus tanpa frame! Foto ini nantinya akan ditempelkan pada formulir aplikasi visa yang sudah kamu cetak.

5. Foto kopi tiket pesawat dan foto kopi tiket transportasi lainnya selama di Rusia.

Kamu perlu melampirkan juga foto kopi tiket pesawat pulang pergi beserta foto kopi tiket transportasi seperti kereta atau bus yang sudah kamu pesan selama kamu berada di kota-kota di Rusia.

Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjun ke Dataran Tinggi Dieng

Pada kasusku, aku akan berkunjung ke Moscow, Saint Petersburg, dan Veliky Novgorod sehingga aku harus melampirkan foto kopi tiket kereta dan tiket bus pulang dan pergi yang sudah aku beli demi melengkapi dokumen ini.

6. Foto kopi akomodasi/hotel

Selain foto kopi tiket transportasi, kamu juga perlu mencantumkan foto kopi akomodasi selama kamu berada di sana. Status akomodasi tidak mesti paid, yang penting kamu mendapatkan verifikasi dari pihak hotel yang membenarkan bahwa kamu memang akan menginap di sana sesuai dengan tanggal-tanggal yang kamu cantumkan di invitation letter!

7. Foto kopi itinerary sederhana selama di Rusia

Nah, itulah kelengkapan dokumen yang perlu kamu persiapkan. Sekarang mari kita masuk ke tahap berikutnya yakni proses pengajuan visa.

2Proses Pengajuan Visa

Setelah kamu memastikan semua dokumen di atas lengkap maka langkah selanjutnya adalah proses pengajuan visa.

Kantor Kedutaan Rusia di Jakarta baru mulai beroperasi pukul 09:00, namun kamu harus sudah mulai mengantri dari pukul 04:00 pagi demi mendapatkan nomor antrian! Kamu enggak salah baca kok haha.

Jumlah aplikan visa yang dilayani per hari dibatasi hanya 10 orang! Oleh karena itu, telat sedikit kamu bisa tidak dapat nomor antrian, lho! Setelah kamu tiba di depan kantor kedutaan kamu perlu menulis nama di kertas yang telah disediakan dan kembali lagi pada pukul 09:00.

Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Resorts World Genting

Ketika nama kamu dipanggil kamu hanya perlu mengajukan dokumen yang ada kemudian menunggu dokumen-dokumen kamu diperiksa. Nah, enaknya tidak ada wawancara sama sekali! Bila dokumen kamu dinyatakan lengkap maka kamu hanya perlu membayar biaya visa seperti penjelasan pada poin 1.03!

Setelah pembayaran selesai, kamu harus menunggu dulu hingga beberapa saat tergantung kamu di nomor antrian berapa karena dokumen kamu akan dicek kembali oleh pegawai yang memang warga negara Rusia langsung.

Bila dokumen kamu tidak bermasalah maka nama kamu akan dipanggil dan kwitansi pelunasan akan diberikan. Pada kwitansi tersebut akan tertera kapan visa kamu selesai dan dapat diambil. Visa reguler selesai sekitar 4 – 20 hari kerja dan visa ekspres selesai sekitar 1 – 3 hari kerja. Tentu saja untuk visa ekspres kamu harus membayar dua kali lipat dari biaya visa reguler!

Nah, bila kamu tidak dapat hadir dalam mengantri nomor maka kamu bisa meminta tolong pada temanmu yang bersedia antri untuk menulis namamu pada kertas antrian. Dan, bila kamu memang juga tidak dapat hadir ketika mengantar dokumen ke kantor kedutaan maka satu orang temanmu tersebut dapat mewakili lebih dari 5 dokumen asalkan dokumen yang dibawa lengkap!

Pengurusan visa Rusia dengan metodeku ini adalah cara mandiri alias urus sendiri. Bila kamu menggunakan jasa tour & travel ketika hendak berkunjung ke Rusia maka semua pengurusan visa ini sudah termasuk di dalam paket yang kamu bayar. Kamu hanya tinggal duduk manis cantik dan visamu pun jadi.


Itulah panduan lengkap mengurus visa Rusia versiku. Persyaratan dan langkah-langkahnya sangat mudah kan? Ayo kapan jalan-jalan ke Rusia? Semoga artikelku ini bermanfaat!

Silahkan bantu share artikel ini dan jangan lupa like dan follow akun media sosialku ya. Selamat berlibur!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.