Panduan Lengkap Berkunjung ke Moscow, Rusia – Berencana traveling ke Moscow, Rusia dalam waktu dekat? Pasti kamu membutuhkan sedikit panduan lengkap yang bisa membantumu selama di sana dong. 😁

Baca Juga: Catatan Perjalanan ke Rusia: Negeri Beruang Putih

Nah, agar traveling kamu selama di Moscow lebih menyenangkan dan bila kamu ingin meminimalisir kesalahan seperti yang pernah aku lakukan di sana maka kamu perlu membaca panduan lengkapku selama berkunjung ke Moscow, Rusia seperti di bawah ini!

Berikut panduan lengkap yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke Moscow, Rusia

Moscow - Moskva River
Moskva River, Moscow

Cuaca: Moscow itu dingin dan merupakan salah satu kota terdingin di dunia! Cuaca di Moscow juga suka berubah-ubah, terkadang bisa terik namun tidak berapa lama dapat berubah dengan adanya angin kencang dan hujan.

Waktu kunjung terbaik: Juli – Agustus: Di bulan-bulan ini, cuaca di Moscow mencapai titik terhangat alias sedang musim panas. Jika kamu tidak kuat dingin maka lebih baik berkunjung di bulan-bulan tersebut karena Moscow dingin banget!

Bila kamu ingin berkunjung ketika turis tidak terlalu ramai maka lebih baik di Mei, Juni, dan September. Tapi ketika aku mampir di September, turis juga masih memenuhi Rusia apalagi yang berasal dari RRC. 😅

Baca Juga: Menjelajah Moscow, Rusia: The City of Domes

Desember – Maret: beberapa objek wisata ditutup karena musim dingin (salju). Jadi mending dihindari di bulan-bulan ini kecuali bila kamu memang mau main salju ke sana haha!

Bahasa: Rusia

Orang Rusia “hampir” tidak bisa berbahasa Inggris, bila pun mereka bisa maka bahasa Inggris mereka tidak terlalu bagus. Jadi pastikan kamu tahu sedikit basic Russian seperti:

  1. Hi/Hello (ZDRAST-vootch-ya)
  2. Bye (dah svee-DAHN-nya)
  3. Tolong/Please (pah-ZHAHL-uh-stuh)
  4. Terima kasih (spuh-SEE-buh)
  5. Sama-sama/You’re welcome (pah-ZHAHL-uh-stuh)
  6. Ya (dah)
  7. Tidak (nyeht)

Menggunakan bahasa isyarat selama di sana juga sangat membantu lho! 😂

Mata uang: Rubel (RUB) – Russian Ruble

Kartu kredit/bank/money changer: Umumnya, setiap toko menerima transaksi dengan menggunakan kartu kredit dan juga USD kecuali pasar tradisional. Bila kamu membawa USD maka kamu dapat dengan mudah menemukan money changer di sana.

Hati-hati ketika menggunakan kartu kredit di Rusia ya. Pengalamanku, aku mendapatkan laporan tagihan kartu kredit selama di Saint Petersburg padahal aku baru menggunakan kartu kredit ketika di Veliky Novgorod dan Moscow.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menyimpan struk atau mencatat jumlah pengeluaran yang kamu gunakan dengan kartu kredit selama di Rusia beserta tanggal-tanggalnya demi keamananmu. Apalagi Rusia terkenal dengan sebutan negara “hackers”, jadi harus tetap waspada ya!

Bila kamu tidak memiliki kartu kredit namun kehabisan uang tunai selama di sana maka kamu juga tidak perlu khawatir. Kamu bisa menarik tunai di ATM yang tersedia dengan kartu debitmu. Biaya administrasi sekali tarik tunai internasional hanya sekitar Rp 25.000.


Bagaimana menjangkaunya?

Moscow - DME Airport
Domodedovo Moscow Airport

Dari Jakarta:

Aku menggunakan pesawat Thai Airways dari Jakarta (CGK) menuju Bangkok (BKK) dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Dari Bangkok, aku menempuh waktu selama 9 jam di udara menuju Domodedovo Moscow (DME) Airport.

Baca Juga: St. Basil’s Cathedral: The Symbol of Moscow

Dari DME Airport, hindari menggunakan taxi bandara karena tarifnya bisa mencapai 2 jutaan ke pusat kota Moscow! 😣 Di hari pertama aku menginap di Pokrovskie Vorota Hostel yang lokasinya sangat dekat dengan Red Square dengan waktu tempuh sekitar satu jam dari DME Airport dengan menggunakan Yandex Taxi.

Oleh karena itu sangat penting untuk install aplikasi Yandex Taxi (online taxi Rusia) selama di sana. Terlebih bila kamu traveling tanpa menggunakan jasa tour guide.


Dimana tempat menginap?

Moscow - Pokrovskie Vorota 7
Aku berada di sudut kamar yang memberikan secuil pemandangan kota Moscow

Selama di Moscow, aku menghabiskan hari yang tidak berurutan. Namun, malam pertama di sana aku menginap di Pokrovskie Vorota Hostel yang recommended! 👍

Nah, sedangkan di beberapa hari terakhirnya di Moscow aku menghabiskan hari menginap di ApartLux on Gruzinsky Val Apartemen yang lokasi hanya beberapa langkah dari Belorusskaya Metro Station.


Dimana tempat makan?

Moscow - Costa Coffee
Costa Coffee yang lokasinya dekat dengan Leningradsky Railway Station

Berbicara soal tempat makan di Moscow? Wah, pastinya banyak banget pilihan ya! Kamu bisa menemukan segala macam makanan di Moscow. Namun, selama di sana aku sih sering makan KFC, kebab, dan juga masak di apartemen. 😅

Baca Juga: Panduan Lengkap Mengurus Visa Rusia

Bila kamu makan KFC di sana maka jangan harap menu yang kamu dapatkan akan tersedia versi bahasa Inggris karena di sana hanya tersedia menu bahasa Rusia dan juga Mandarin!

Oh iya, saus di KFC itu beli dan juga rasanya tidak enak 😂 jadi mending bawa saus sambal kemana-mana yang biar kamu bisa makan!

Nah, kebab di Moscow itu enak dan porsinya bisa untuk 2 kali makan kenyang dengan harga mulai dari Rp 40.000 – Rp 60.000 yang dilimpahi dengan potongan daging domba/ayam yang nikmat.

Di Moscow, banyak orang Kyrgizstan, Khazakstan, dan warga dari negara-negara Asia Tengah lainnya yang menjual kebab sehingga tidak perlu pusing mencari makanan halal untuk kamu yang beragama muslim.

Baca Juga: Tips Mendaki Gunung untuk Siapapun

Bila kamu menyewa apartemen selama di Moscow maka aku lebih menyarankan kamu untuk masak saja, bila perlu bawa rice cooker ke sana.

Bahan makanan di supermarket Rusia itu murah-murah dan segar-segar, jadi lebih baik belanja di sana jangan belanja dari Jakarta karena akan membebani kopermu seperti yang aku lakukan haha.

Terkhusus untuk mie instan, saus, dan beberapa sambal lainnya aku sih tetap menyarankan kamu bawa dari Indonesia ya karenanya saus dan sambal di Moscow tidak enak! 😣


Apa yang perlu dibawa?

Moscow - Leningradsky Railway Station 8
Berpose tepat di depan Leningradsky Railway Station, Moscow

Bila kamu berangkat di musim gugur atau mau memasuki musim gugur maka lebih baik bawa pakaian tebal mulai dari baju dan celana secukupnya, jaket, coat, kupluk, sarung tangan, kaos kaki, pasmihah, payung, beberapa pasang sepatu, obat-obatan pribadi, dan perlengkapan mandi.

Kamu juga perlu membawa pelembab wajah dan tubuh karena udara dingin membuat kulitmu sangat kering yang dapat berujung perih bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Bila kamu berangkat di musim panas maka kamu dapat menyesuaikan barang bawaanmu.

Baca Juga: GUM: Department Store Paling Kece Seantero Moscow

Ini penting. Kamu tidak bisa hidup tanpa internet selama di Moscow. Di Moscow, WiFi umum baru dapat diakses setelah kamu terhubung dengan sambungan telepon yang pada akhirnya memakan pulsa selulermu.

WiFi di sana tidak sebebas WiFi yang ada di Indonesia terkecuali ketika kamu sedang berada di stasiun metro, stasiun kereta, dan hostel/apartemen tempat kamu menginap.

Oleh karena itu, kamu wajib berlangganan paket internet internasional atau membeli nomor di Moscow. Pada kasusku, aku menggunakan modem internet JavaMifi yang sharing dengan temanku selama 10 hari di Rusia. Paket internet selama 10 hari ini dapat menampung hingga 5 devices dengan tarif Rp 750.000.

Baca Juga: 5 Tips Liburan Bersama Orangtua Supaya Nyaman dan Menyenangkan

Menyadari banyaknya kendala bahasa yang akan kamu alami selama di Moscow maka sangat penting untuk memiliki aplikasi seperti Google Translate, Google Scan, Google Voice, Google Maps, Currency Conversion, dan aplikasi-aplikasi penting lainnya.

Di Moscow, banyak palang atau penunjuk arah yang tidak menggunakan bahasa Inggris yang dapat membuat kamu bingung. Karena itu, internet dan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan tadi dapat menyelamatkan hidupmu selama di sana. 😅


5 Tips Penting yang Wajib Dipatuhi di Moscow, Rusia

Moscow - Kremlin 3

Namanya ingin melancong ke negara orang maka penting untuk mengikuti segala aturan yang ada demi menghindarimu dari ketidaknyamanan. Nah, berikut beberapa tips tambahan yang perlu kamu patuhi bila kamu sedang berada di Moscow.

1Keamanan

Hampir di setiap negara, aksi pencopetan sangat rentan memburu para turis internasional. Oleh karena itu, jaga barang bawaan apalagi bila kamu menggunakan transportasi umum seperti metro dan kereta.

Begitu juga bila kamu sedang berbelanja dengan menggunakan kartu (kredit atau debit) di sebuah toko. Kamu harus waspada karena bila kamu lalai sedikit, kartumu dapat dicopet atau ditukar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab! 😣

Oh iya, usahakan dokumen berharga seperti paspor dan dokumen pendukung lainnya ditinggalkan saja di tempat kamu menginap. Membawa beberapa kopian dokumen tersebut juga sudah cukup ketika kamu mengeksplorasi Moscow demi berjaga-jaga.

2Fotografi

Jangan sembarangan mengambil gambar orang-orang lokal khususnya para polisi atau militer di Moscow, ini sangat tidak etis bagi mereka. Bila kamu ingin berfoto dengan mereka maka akan lebih baik minta izin terlebih dahulu sebelum mengeluarkan kameramu.

Terdapat juga beberapa tempat yang tidak boleh diambil gambarnya seperti Mausoleum of Lenin yang ada di Red Square dan juga beberapa museum yang dihormati di Moscow.

3Penghormatan

Ketika kamu masuk ke sebuah rumah warga lokal maka kamu wajib melepaskan jaket dan juga sepatumu sebagai bentuk penghormatan.

Selain itu, bila kamu ingin mengunjunjungi Mausoleum of Lenin maka kamu harus jaga sikap. Jangan berisik, jangan cengar cengir, mengantri dengan benar, dan hindari memasukkan tangan ke dalam saku.

4Air dan Listrik

Jangan pernah meminum tap water di Moscow! Rusia adalah negara penghasil nuklir terbesar di dunia sehingga potensi untuk tercemarnya air dengan kandungan nuklir cukup besar. Oleh karena itu, sebisa mungkin selalu bawa minuman botol kemanapun kamu pergi.

Rusia memiliki colokan listrik yang sama dengan Indonesia sehingga kamu perlu membawa colokan sambung. Oh iya, sebisa mungkin bawa perlengkapan elektronik seperlunya saja agar kamu tidak direpotkan dalam hal keamanan.

5Cara Berpakaian

Terlepas kamu umat Kristiani atau Muslim kamu wajib berpakaian sopan ke rumah-rumah ibadah seperti gereja dan mesjid.

Wanita wajib menutup kepala dan menggunakan pakaian yang sopan ketika memasuki gereja dan mesjid. Sedangkan bagi pria, diwajibkan membuka topi dan melepas sunglasses ketika masuk ke rumah-rumah ibadah ini.


Sekian panduan lengkap berkunjung ke Moscow versiku! Semoga informasi ini bermanfaat dan membantumu.

Dukung blog ini dengan bantu share artikel ini dan jangan lupa like dan follow akun media sosialku (FacebookTwitterInstagram, dan Pinterest) ya. Happy traveling! 😁

2 KOMENTAR

  1. wahhh panduannya enak banget mbak dibaca, jadi tau kalau mau ke Rusia. Memang untuk kebab saya yakin mudah sih karena banyak orang asia tengah jadi penduduk disana, bahkan teman saya yang dari azerbaijan juga tinggal di Rusia, karena kalau balik ke masa lalu, mereka bagian dari pecahan uni soviet.

    Masih jadi pertanyaan, kenapa ya KFC tersedia bahasa mandarinnya ?? apa karena banyak orang Cina disana?

    • Terima kasih sudah baca blogku ya.

      Iya, kebab hampir bisa ditemukan dimana2 sih haha
      Alasannya lebih lebih menggunakan Mandarin mungkin:
      1. Rakyat China mendominasi penduduk dunia – populasi terbesar
      2. Dari segi geografi, China negara tetangga Rusia
      3. Hubungan diplomatik antar negara juga cukup erat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.