Panduan Lengkap Menggunakan Moscow Metro – Bila sedang traveling ke Moscow maka satu hal yang wajib kamu coba adalah Moscow Metro. Yap, Moscow Metro sangat terkenal di dunia. Kok bisa?

Baca Juga: Menjelajah Moscow, Rusia: The City of Domes

Moscow Metro salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan oleh Muscovites yang membantu mengantar mereka dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cepat dan praktis.

Berikut panduan lengkap menggunakan Moscow Metro

Moscow - Kievskaya Metro Station 1

Sebelum kamu mulai menaiki Moscow Metro maka ada baiknya kamu mengumpulkan sedikit informasi tentang metro ini dalam berbagai cara.

Kamu dapat berkunjung ke webiste resmi untuk mengunduh dah mencetak peta yang ada atau juga dengan hanya install aplikasi Yandex demi memberimu informasi akurat tentang waktu tempuh perjalanan serta jalur yang harus kamu ambil untuk dapat mencapai destinasi yang kamu inginkan.

Jalur Moscow Metro

Kamu akan dengan mudah menemukan Moscow Metro dimanapun kamu berada dengan hanya melihat lambang M yang berarti stasiun metro.

Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Moscow

Perlu kamu perhatikan dengan teliti bahwa setiap pintu stasiun memiliki warna yang memberimu sebuah informasi.

Bila kamu menemukan pintu dengan keterangan berwarna hijau maka itu berarti pintu masuk, bila berwarna merah maka itu pintu keluar terlepas kamu menemukan keterangan dalam bahasa Inggris atau tidak. Jangan sampai salah ya! 😅

Moscow Metro mulai beroperasi dari pukul 05:30 hingga pukul 01:00 dini hari, setiap hari.


Bagaimana cara membeli tiket?

Moscow Metro Station

Ketika kamu sudah masuk ke dalam stasiun maka kamu akan menemukan banyak mesin tiket otomatis yang menggunakan bahasa Rusia dan Inggris. Mesin ini juga tidak sulit dipahami. Biasanya, mesin ini digunakan oleh mereka yang sudah memiliki kartu troika.

Kamu juga dapat mengantri di Ticket Booth dengan keterangan KACCA dimana para petugas akan siap membantumu.

Nah, kamu akan melihat banyak KACCA di dalam stasiun dan pastikan kamu mengantri di bagian KACCA yang dapat melayani bahasa Inggris demi kemudahanmu dalam bertransaksi.

Baca Juga: Panduan Lengkap Mengurus Visa Rusia

Terdapat dua jenis tiket yang bisa kamu gunakan. Tipe pertama adalah tiket biasa (jaminan harian) yang bisa kamu isi sekaligus banyak perjalanan dan tipe lainnya bernama kartu troika yang dapat kamu beli di stasiun Moscow Metro manapun.

Moscow Metro

Tiket dengan tipe jaminan harian bisa kamu isi dari 1, 2, 20, 40, hingga 60 kali trip dimana satu tiket dapat digunakan oleh banyak anggota secara bergantian.

Ketika giliran atrianmu tiba di KACCA maka kamu dapat menyebutkan berapa kali perjalanan yang ingin kamu beli, bisa 1, 2, 20, 40, atau 60 sekaligus. Adapun biaya tiket Moscow Metro sekali jalan sebesar 55 RUB! Anak-anak yang berusia hingga 7 tahun dapat dengan gratis masuk ke dalam Moscow Metro.

Baca Juga: Tips Mendaki Gunung untuk Siapapun

Setelah membayar sesuai dengan jumlah trip, kamu akan diberikan sebuah kartu oleh petugas. Kartu itu harus kamu tap pada sebuah mesin pembaca kartu yang akan membuka kamu jalan layaknya mesin tiket KRL yang kamu temukan di setiap stasiun Jabodetabek.

Kamu juga dapat mengecek jumlah perjalanan yang tersisa pada mesin pembaca kartu tersebut demi berjaga-jaga agar kamu tidak lupa untuk mengisinya kembali bila jumlah perjalananmu sudah mau habis.


Bagaimana cara menggunakan Moscow Metro?

Moscow Metro Station 1

Setelah proses tap selesai maka kamu akan melihat eskalator yang tinggi dan panjang yang akan membawamu ke bawah tanah tempat dimana kamu harus menunggu metro berhenti.

Eskalator Stasiun Moscow Metro

Perhatian, bila kamu ingin menikmati pemandangan di stasiun selama berdiri di eskalator dan juga ingin melihat hiruk pikuk para Muscovites maka kamu wajib berdiri di bagian paling kanan eskalator demi memberikan space kepada orang lain yang ingin menyalip jalan duluan.

Baca Juga: Catatan Perjalanan ke Rusia: Negeri Beruang Putih

Ketika kamu tiba maka kamu akan menemukan berbagai macam jalur. Oleh karena itu sangat penting untuk menyimak petunjuk arah dan warna jalur yang sesuai dengan tempat yang akan kamu tuju.

Jalur Moscow Metro di HP

Moscow Metro memiliki 12 jalur dengan warna-warna berbeda yang membawamu ke berbagai tempat. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah melakukan riset terlebih dahulu di internet bila kamu ingin mencapai tujuan tertentu dan pastikan warna jalur apa yang harus kamu ambil.

Baca Juga: 5 Tips Liburan Bersama Orangtua Supaya Nyaman dan Menyenangkan

Tidak perlu buru-buru bila ingin menaiki Moscow Metro karena metro-metro di sana akan datang setiap 2 menit sekali, keren ya! 😁


Etika menaiki Moscow Metro

Moscow Metro Station 3

Ketika kamu sudah berada di jalur yang tepat kamu akan menemukan tempat duduk. Tidak hanya kamu bisa melihat bagaimana keseharian Muscovites dalam menggunakan Moscow Metro namun kamu dapat menikmati keindahan stasiun Moscow Metro yang terkenal seantero dunia.

Nah kerennya lagi, setiap stasiun memiliki desain dan juga cerita dibalik desain tersebut. Kamu bisa membaca semua itu pada artikel di bawah ya! 😉

Baca Juga: 7 Stasiun Moscow Metro yang Wajib Dijelajahi

Saat metro kamu tiba maka kamu wajib mempersilahkan penumpang yang ingin keluar terlebih dahulu baru kamu masuk. Jangan sampai menyerobot karena orang Rusia terkenal disiplin lho!

Pastikan kamu berdiri tidak persis di depan pintu metro karena kamu bisa terbawa arus penumpang keluar yang begitu banyak. Berdirilah agak menyamping sedikit dari pintu demi kenyamananmu.

Bila kamu menemukan kursi kosong maka duduklah, jangan terlalu berharap ingin dikasih tempat duduk oleh Muscovites bila kamu tidak melihat tanda-tanda itu. 😂

Moscow Metro Station 2

Bila kamu berdiri maka pastikan juga kamu memegang gagangan di dekat kepalamu karena metro ini cukup kencang dan kadang suka terjadi turbulensi yang bisa membuatmu sedikit terlempar bila kamu tidak berpegangan erat.

Di dalam metro kamu akan mendengar suara baik wanita atau pria yang berbicara dalam dua bahasa yang memberi informasi tentang pemberhentian selanjutnya.

Baca Juga: Tempat Belanja Murah di Moscow, Rusia

Bila kamu sedikit bingung, kamu juga bisa memperhatikan jalur yang berada di atas jendela metro yang memberikan petunjuk (ditandai dengan lampu warna merah) sedang berada di stasiun mana kamu dan nama-nama stasiun berikutnya yang akan dilalui. Dijamin pasti enggak akan nyasar bila kamu dari awal sudah mengambil jalur yang benar. 😆

Bila kamu sudah tiba di stasiun tujuanmu maka baca kembali petunjuk arah untuk tahu di pintu mana kamu harus keluar.

Baca Juga: Alasan Berkunjung ke Moscow, Rusia

Beberapa stasiun memiliki hingga 10 exit door dengan tujuan berbeda sehingga penting sekali untuk tahu exit door mana yang kamu harus ambil dari petunjuk arah tersebut agar kamu enggak jalan jauh dan bolak balik. 😂

Moscow - Taganskaya Metro Station 2

Dan sekali lagi, untuk bisa keluar maka kamu perlu menaiki eskalator yang tinggi dan panjang yang akan membawamu keluar stasiun.

Penting untuk diingat. Meskipun Rusia merupakan salah satu negara yang aman dan makmur namun kamu harus tetap waspada akan barang bawaanmu selama berada di dalam metro. Kecopetan di dalam metro juga rentan dialami oleh turis asing. Oleh karena itu jangan lalai dan tetap waspada ya! 😊


Mengenal Kartu Troika Moscow

Kartu Troika
Kartu Troika Moscow milikku

Kartu Troika Moscow merupakan kartu resmi transportasi di Moscow yang dapat digunakan untuk membayar tiket transportasi umum seperti metro, bus, bus listrik, dan juga trem.

Bila kamu menghabiskan beberapa hari di Moscow maka lebih baik untuk membeli Kartu Troika Moscow yang dapat kamu gunakan terus menerus dengan harga yang lebih murah.

Untuk mendapatkan kartu ini maka kamu harus mengeluarkan uang sebesar 50 RUB sebagai uang jaminan kartu di stasiun metro manapun dan dapat kamu kembalikan bila kamu tidak ingin menggunakan kartu ini lagi.

Baca Juga: Tips Traveling Hemat ke Rusia

Biaya kartu sebesar 50 RUB akan dikembalikan lagi ke kamu saat proses pengembalian di KACCA.

Pada saat kamu membeli kartu tersebut maka kamu dapat sekalian mengisi saldo kartu yang limit maksimalnya hingga 3.000 RUB.

Selain membeli di KACCA kamu juga dapat melakukan pembelian kartu sendiri di vending machine yang tersedia dalam dua bahasa di setiap stasiun metro. Misalnya, aku ingin membeli kartu ini dan juga sekalian ingin membeli tiket metro 2 kali perjalanan untuk pulang dan pergi.

Moscow Metro Ticket Machine
Proses saat aku membeli Kartu Troika Moscow di vending machine

Maka dengan demikian aku harus mengeluarkan uang sebesar 160 RUB dengan rincian, 50 RUB uang jaminan kartu dan 110 RUB biaya tiket pulang dan pergi naik metro.

Pastikan uang yang kamu sediakan adalah uang pas yang memang ingin kamu top up ke dalam kartu karena vending machine ini tidak mengeluarkan kembalian. Bila kamu mengeluarkan uang 500 RUB maka nilai 500 RUB lah yang akan terisi ke dalam kartumu.

Baca Juga: Beberapa Fakta Lucu dan Unik Orang Rusia

Kartu dan deposit yang berada di dalam kartu memiliki masa berlaku hingga 5 tahun. Nah, bila kamu berencana ingin kembali lagi ke Moscow dalam kurun waktu 5 tahun ke depan maka dapat dipastikan kartu dan saldo yang ada di dalamnya masih bisa digunakan. 😍

Oh iya, Kartu Troika di setiap kota berbeda ya! Bila kamu menjelajah Saint Petersburg maka Kartu Troika Moscow tidak dapat kamu gunakan di sana, begitu juga sebaliknya.

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah memiliki Kartu Troika di tiap kota yang ingin kamu kunjungi agar proses perjalananmu menjadi lebih menyenangkan dan mudah. Kartu Troika juga dapat digunakan oleh lebih dari satu orang jadi tidak perlu kawatir bila kartu yang kamu miliki ternyata ketinggalan karena kamu dapat meminjam punya temanmu dulu. 😁


Nah, itulah panduan lengkapku yang dapat memberimu sedikit pencerahan bagaimana menggunakan Moscow Metro selama traveling di Moscow. Bagaimana, mudah bukan? 😆

Baca Juga: 10 Objek Gratis yang Bisa Dinikmati di Red Square, Moscow

Dukung blog ini dengan bantu share artikel ini dan jangan lupa like dan follow akun media sosialku (FacebookTwitterInstagram, dan Pinterest) ya. Happy exploring! 😁

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.