Menjelajah Moscow, Rusia: The City of Domes – Kota Moscow merupakan ibu kota Rusia, salah satu kota federasi di Rusia, salah satu kota terpadat di dunia, salah satu kota dengan biaya hidup termahal di dunia, dan juga salah satu kota terdingin di dunia! Wow, banyak juga ya sebutannya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Mengurus Visa Rusia

Berbicara tentang dingin, ketika aku berkunjung ke Moscow di akhir September 2019 saat musim gugur, suhu tengah malam di kota Moscow dapat mencapai 1 derajat Celcius! Moscow emang dingin banget tapi dinginnya terlupakan karena cantiknya musim gugur di Moscow haha! 😍

Bahkan selama aku di sana, suhu di Moscow lebih dingin dibandingkan suhu di kota Saint Petersburg. Padahal Saint Petersburg merupakan kota yang dekat dengan Scandinavia (negara-negara yang dapat menyaksikan langsung keindahan Aurora) dan juga berada di pinggir laut.

Moscow: The City of Domes

Moscow 1

Julukan Moscow sebagai The City of Domes atau Kota Kubah bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, di Moscow kamu akan menemukan banyak sekali bangunan khususnya gereja yang atapnya berbentuk kubah dan dicat dengan berbagai warna mencolok. Salah satu yang paling terkenal dan sekaligus menjadi icon kota Moscow adalah St. Basil’s Cathedral. 💕

Tidak hanya berperan sebagai pusat pemerintahan Federasi Rusia, Moscow juga merupakan pusat kota untuk sejarah, pendidikan, politik, budaya, dan seni. Apalagi bila kamu penggemar sejarah dan ingin belajar langsung tentang Perang Dunia ke II, wah langsung main ke Moscow aja deh. 😁

Baca Juga: Catatan Perjalanan ke Rusia: Negeri Beruang Putih 

Keunikan Moscow ini menjadi salah satu daya tarik yang menjadikan banyak sekali turis dunia ingin mampir dan penasaran dengan apa yang ada di dalamnya.

Kota Moscow

Di Moscow, aku menghabiskan 5 hari 3 malam dengan waktu yang tidak berurutan dan mengunjungi beberapa tempat yang menjadi highlights kota Moscow. Sayang, sebenarnya masih banyak sekali spot yang ingin aku kunjungi namun tidak tercapai dan berharap ada kesempatan kembali untuk bisa mampir ke kota indah ini. 🤞

Nah, sebelum dibahas satu per satu kamu harus tahu dulu rekap itinerary selama 5 hari aku melancong di Moscow. Ini dia!


Itinerary: Hari Pertama (26 September 2019)

(Note: klik dot/pinpoint pada peta di atas untuk melihat detil masing-masing lokasi)

Moscow (Domodedovo Moscow Airport) Pokrovskie Vorota Hostel

Aku tidak kemana-mana di hari ini karena ini merupakan hari perdana dan tiba di kota Moscow sudah pukul 19:45. Selanjutnya aku langsung menuju Pokrovskie Vorota Hostel dengan Yandex Taxi dan tiba hampir pukul 22:30. Jadi aktivitas yang ada hanyalah beres-beres dan tidur! 😁


Itinerary: Hari Kedua (27 September 2019)

 (Note: klik dot/pinpoint pada peta di atas untuk melihat detil masing-masing lokasi)

Pokrovskie Vorota Hostel Leningradsky Railway Station Red Square Iberian Gate and Chapel Museum of the Patriotic War of 1812 State Museum of History Alexander Garden Moscow Kremlin St. Basil’s Cathedral GUM Department Store Cathedral of Our Lady of Kazan Moskva River Leningradsky Railway Station

Di hari kedua di kota Moscow, aku memutuskan untuk bermain di area Red Square. Cerita tentang penjelajahanku di Red Square dapat kamu baca di sini ya! 😉

Baca Juga: 10 Objek Gratis yang Bisa Dinikmati di Red Square

Mengingat di malam hari aku akan langsung menuju kota Saint Petersburg dengan menggunakan kereta pukul 23:55 maka aku harus check out sembari membawa semua barang bawaan ke Leningradsky Railway Station.

Moscow - Alexander Garden 2
Salah satu sudut di Alexader Garden, Red Square

Di Leningradsky Railway Station kamu dapat menitipkan barang bawaanmu sehingga kamu tidak perlu repot-repot menggeret koper kemanapun ketika ingin mengeksplor kota Moscow!


Itinerary: Hari Ketiga (3 Oktober 2019)

 (Note: klik dot/pinpoint pada peta di atas untuk melihat detil masing-masing lokasi)

Leningradsky Railway Station ApartLux on Gruzinsky Val Belorusskaya Metro Station → Tsum Department Store Belorusskaya Metro Station ApartLux on Gruzinsky Val

Di 3 Oktober, aku kembali lagi ke Moscow dan ingin mengeksplorasi beberapa sudut kota Moscow yang belum sempat dijelajahi. Nah, di hari ini aku baru saja tiba di Moscow (Leningradsky Railway Station) pada pukul 07:55 karena sebelumnya aku berada di kota Saint Petersburg.

Moscow - Mayakovskaya Metro Station
Mayakovskaya Metro Station, Moscow

Agenda selanjutnya dari stasiun kereta adalah mencari apartemen ApartLux on Gruzinsky Val yang sulitnya minta ampun! Terkait cerita tentang apartemen ini aku akan membahasnya terpisah ya!

Baca Juga: GUM: Department Store yang Paling Kece Seantero Moscow

Nah, karena rasa lelah mencari apartemen di Moscow dan juga cuaca yang kurang mendukung maka di hari ini aku hanya menghabiskan waktu untuk mampir ke Tsum Department Store haha!

Di sini aku hanya menghabiskan waktu untuk makan malam, windows shopping, dan pergi ke supermarket untuk belanja keperluan bahan makanan di apartemen.


Itinerary Moscow: Hari Keempat (4 Oktober 2019)

(Note: klik dot/pinpoint pada peta di atas untuk melihat detil masing-masing lokasi)

ApartLux on Gruzinsky Val Belorusskaya Metro Station → Moscow Cathedral Mosque Partizanskaya Metro Station Izmailovo Market Izmailovo Kremlin  Ploschad’ Revolyutsii Metro Station Red Square Belorusskaya Metro Station  ApartLux on Gruzinsky Val

Hari ini merupakan tepat sehari sebelum aku kembali ke Jakarta. Jadi memang agenda adalah berbelanja oleh-oleh haha! 😂 Karena hari ini adalah hari Jumat dan beberapa temanku merupakan muslim dan muslimah maka aku memutuskan untuk menemani mereka beribadah. Kalau kata mereka, kapan lagi bisa sholat di negara orang dan harinya pas haha 😉

Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Moscow, Rusia

Di sini banyak drama yang terjadi, tapi akan lebih menarik bila dibahas di artikel terpisah saja hahaha 😂 Oh iya, di hari ini juga gerimis dan udara Moscow saat itu sangat dingin jadi tidak banyak yang dilakukan selain makan ke salah satu Mall yang berada di dekat Izmailovo Market.

Moscow - Izmailovo Kremlin 1
Izmailovo Kremlin, Moscow

Sehabis makan aku berbelanja di Izamailovo Market dan menikmati sejenak keindahan Izmailovo Kremlin di sore hari sebelum kembali ke apartemen. Nah, cerita-cerita ini akan lebih lengkap dibahas pada artikel-artikel terpisah ya!


Itinerary Moscow: Hari Kelima (5 Oktober 2019)

 (Note: klik dot/pinpoint pada peta di atas untuk melihat detil masing-masing lokasi)

ApartLux on Gruzinsky Val Industrial’nyy Kommercheskiy Bank Belorusskaya Metro Station → Izmailovo Market ApartLux on Gruzinsky Val Leningradsky Railway Station Smolenskaya Metro Station Arbat Street → Komsomolskaya Metro Station Leningradsky Railway Station DME Airport

Ini merupakan hari terakhir sebelum mengejar penerbangan malam ke Jakarta. Mengingat di hari sebelumnya aku belum cukup belanja dan uangku (USD) ketinggalan di apartemen maka di pagi hari sebelum check out aku memutuskan untuk kembali lagi sendiri ke Izmailovo Market. You go girl! 😆

Baca Juga: Awana SkyWay: Sensasi Gondola Berlantai Kaca di Resorts World Genting

Sebelum itu, aku menukarkan uang USD terlebih dahulu ke Money Changer bernama Industrial’nyy Kommercheskiy Bank yang posisinya persis di sebelah Beloruskaya Metro Station!

Moscow - Arbat Street 6
Arbat Street, Moscow

Barulah petualangan sendiri menjelajahi kota Moscow dengan menggunakan Metro dimulai, yahh meskipun hanya sampai di Izmailovo Market saja haha 😋 Dari situ aku kembali lagi ke apartemen dan membeli sarapan (kebab dan kopi) di area apartemen bersama beberapa temanku.

Sehabis itu aku check out dari apartemen dan kembali menuju Leningradsky Railway Station karena masih banyak waktu yang tersisa untuk mengeksplorasi kota Moscow sebelum menuju bandara.

Baca Juga: SkySymphony di SkyAvenue: Orkestra Bola Terbesar yang Pernah Ada

Seperti biasa, barang bawaan kami titipkan kembali di Leningradsky Railway Station lalu kami memutuskan untuk melihat keindahan Arbat Street selama 1,5 jam dan membeli beberapa oleh-oleh lagi di sana. Barulah dari situ kami kembali ke Leningradsky Railway Station untuk mengambil barang bawaan dan langsung menuju Domodedovo Moscow Airport.


Terdapat satu dan lain hal yang membuat banyak sekali destinasi di Moscow khususnya dan Rusia pada umumnya yang sudah direncanakan namun gagal terealisasi terlepas dari cuaca yang kurang bersahabat 😑

Moscow - St. Basil's Cathedral

Belajar dari pengalamanku, bila kamu tertarik menjelajahi kota Moscow dan ingin melihat keindahan Moscow dengan lebih dekat maka lebih baik menggunakan Metro saja.

Hampir lupa, salah satu yang membuat pengeluaran kami sedikit bengkak selama traveling di Rusia adalah karena kami tidak terlalu memanfaatkan Metro yang ada baik itu selama di Moscow ataupun juga di Saint Petersburg. Kami kebanyakan menggunakan Yandex Taxi haha! Kamu wajib baca panduan lengkapku sebelum berkunjung ke Moscow biar enggak salah sepertiku ya.

Moscow - Sungai Moskva
Moskva River, Moscow

Oleh karena itu, aku sarankan kamu menggunakan Metro! Tidak hanya kamu mengeluarkan biaya yang lebih hemat, kamu juga dapat berbaur dengan orang-orang lokal.

Baca Juga: 5 Most Romantic Destinations in Eastern Europe

Hal yang terpenting dari semuanya adalah Metro Stations di Moscow terkenal sangat indah dan diakui dunia. Di setiap Metro Station terdapat cerita yang menarik, memiliki nilai sejarah dan juga nilai seni yang tinggi!

Oh iya, kamu juga harus tahu beberapa fakta unik dan lucu orang-orang Rusia yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Dijamin deh, pandangan dan penilaian kamu akan mereka segera berubah setelah membacanya. 😉


Nah, sampai di sini dulu pembahasan singkat tentang kota Moscow. Cerita-cerita yang lebih lengkap akan aku tulis di artikel-artikel terpisah biar enggak kepanjangan haha!

Bila kamu merasa ceritaku menarik dan informatif maka tolong bantu share dan follow serta like akun social media-ku ya. Happy traveling guys!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.