St. Basil’s Cathedral, Moscow: The Symbol of Moscow – Kalau mendengar nama kota Moscow, percaya deh yang akan terlintas pertama kali di pikiran adalah gereja unik yang berwarna warni seperti api unggun yang menyala di angkasa meskipun namanya tidak diketahui. Nah, gereja itu bernama St. Basil’s Cathedral! 🤩

Baca Juga: Panduan Lengkap Mengurus Visa Rusia

St. Basil’s Cathedral yang memiliki nama lain The Cathedral of the Protection of the Holy Virgin on the Moat atau Pokrovsky Cathedral dibangun di abad 16 sekitar tahun 1555-1561 atas perintah Tsar (Kaisar) Ivan the Terrible (yang terkenal “mengerikan”) demi memberi penghormatan akan Kerajaan Rusia yang telah berhasil menaklukkan Kerajaan Kazan dan Astrakhan.

St. Basil’s Cathedral, Moscow: The Symbol of Moscow

Moscow - Red Square
Pemandangan St. Basil’s Cathedral di malam hari

St Basil’s Cathedral merupakan Gereja Orthodox Rusia dan menjadi simbol kota Moscow. Meskipun gereja ini begitu populer, namun St. Basil’s Cathedral bukanlah Cathedral utama di kota Moscow. Cathedral utama dan juga salah satu objek yang sering dikunjungi di Moscow adalah Cathedral of Christ the Savior.

Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Moscow, Rusia

St. Basil’s Cathedral sudah lama difungsikan sebagai museum dan menjadi salah satu warisan dunia yang dilindungi UNESCO World Heritage Site sejak tahun 1990. 👍

Moscow - St. Basil's Cathedral 1

Meskipun Cathedral ini sangat dihormati di era masih berdirinya Kerajaan Rusia. Namun sepanjang sejarah sejak dibangun, Cathedral ini hampir lenyap dalam berbagai kesempatan. 😥

Berbagai kejadian terjadi mulai dari kebakaran, penjajahan Kaisar Napoleon dari Perancis untuk Kerajaan Rusia, hingga rencana pembongkaran gereja yang didalangi oleh Stalin seorang pemimpin Uni Soviet (Komunis) yang kejam saat itu. Stalin berpendapat bahwa St. Basil’s Cathedral menjadi penghalang parade bagi tentara Uni Soviet di Red Square. 😑

Baca Juga: Menjelajah Moscow, Rusia: The City of Domes

Nah, karena Cathedral ini sudah dikonsekrasi (tahbiskan) atas nama The Cathedral of the Protection of the Holy Virgin on the Moat dibawah perlindungan Bunda Maria (Bunda Yesus Kristus) maka tidak heran gereja ini selamat dari berbagai macam malapetaka. 💖

Di tahun 2021 nanti, St. Basil’s Cathedral akan genap merayakan 460 tahun eksistensinya di Moscow.

Moscow - St. Basil's Cathedral
Monumen Dmitri Pozharsky dan Kuzma Minin di depan St. Basil’s Cathedral

Bila kamu perhatikan lebih dekat, persis di depan St. Basil’s Cathedral di area taman kecil, kamu akan menemukan monumen yang terbuat dari perunggu yang semakin menambah semarak keindahan Cathedral tersebut.

Baca Juga: 10 Objek Gratis yang Bisa Dinikmati di Red Square, Moscow

Dua orang sosok pada monumen itu merupakan Dmitri Pozharsky dan Kuzma Minin. Kedua tokoh ini merupakan tokoh yang dihormati penduduk Rusia atas jasa mereka dalam menghadang percobaan penjajahan yang dilakukan Polandia antara tahun 1598 dan 1613.


Informasi Tambahan Tentang St. Basil’s Cathedral

Moscow - St. Basil's Cathedral 2

  1. Di musim panas (1 Juni – 31 Agustus), jam operasi di St. Basil’s Cathedral dimulai dari pukul 10:00 – 19:00, selebihnya jadwal beroperasi sepanjang tahun dimulai dari pukul 11:00 – 18:00.
  2. Tiket masuk ke Cathedral dikenai biaya sebesar 700 Rubel untuk warga negara asing dan 1.200 bila ingin dipandu dengan audio. Tiket dapat diperoleh di tempat atau secara online.
  3. Waktu kunjung ke dalam Cathedral hanya 1-2 jam.
  4. Wanita diwajibkan menutup kepala serta berpakaian sopan dan pria diwajibkan menanggalkan topi serta jaket ketika masuk ke dalam Cathedral demi penghormatan atas gereja ini.

Itulah cerita singkat tentang St. Basil’s Cathedral yang mungkin perlu kamu ketahui. Bila kamu merasa artikelku ini bermanfaat dan informatif, silahkan bantu share artikel ini dan follow serta like akun social media-ku ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.