6 Tips Traveling Hemat ke Rusia – Traveling hemat ke Rusia sangat mungkin dilakukan lho! Kamu hanya perlu melakukan persiapan dari jauh-jauh hari dan juga pastikan bahwa segala persiapan matang dan sesuai dengan rencana. 😉

Baca Juga: Catatan Perjalanan ke Rusia: Negeri Beruang Putih 

Beberapa kota di Rusia khususnya Moscow dan Saint Petersburg merupakan contoh dari kota-kota yang memiliki biaya hidup mahal di dunia. Pastinya sebagai traveler, ada cara untuk mewujudkan jalan-jalan seru namun masih sesuai budget.

Traveling Hemat ke Rusia

Traveling Hemat ke Rusia

Serunya, tidak semua atraksi di Rusia itu bayar. Ada banyak atraksi yang bisa kamu kunjungi secara gratis dan masih tetap instagramable! 😅

Baca Juga: 7 Stasiun Moscow Metro yang Wajib Dijelajahi

Nah, berikut beberapa tips traveling hemat ke Rusia yang mungkin untuk dilakukan versiku. Apa saja tips tersebut? Yuk, baca selengkapnya.

1Tiket

Bila kamu memang berencana berkunjung ke Rusia maka tentukan kota mana yang menjadi pintu masukmu, kapan kamu ingin pergi, berapa lama kamu di sana, dan kota mana saja yang akan kamu kunjungi.

Memetakan poin-poin tersebut sangat membantu kamu untuk bisa mendapatkan tiket yang tidak terlalu mahal. Dari situ kamu bisa mulai mencari-cari tiket di berbagai situs tiket online. Jangan abaikan juga beberapa promo tiket pesawat dari berbagai situs ya! Dengan cara ini kamu tidak perlu menghabiskan uang terlalu banyak untuk tiket.

Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Moscow 

Pemburuan tiket ini tidak hanya berlaku untuk tiket pesawat ya! Setelah kamu yakin waktu keberangkatanmu dan menentukan kota mana saja yang akan kamu kunjungi maka segera cari juga tiket transportasi lain antar kota seperti tiket kereta dan juga tiket bus.

Tiket-tiket kereta dan bus di Rusia cepat habis karena banyak warga Eropa lainnya yang senang berkunjung ke Rusia. Semakin dekat tanggal berkunjung maka harga tiket kereta dan juga bus pun semakin mahal. Jadi, pastikan pembelian tiket baik itu pesawat dan juga transportasinya selama di Rusia dilakukan berdekatan dan jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatanmu.

2Akomodasi

Sama halnya dengan tiket, memesan akomodasi juga harus dilakukan jauh-jauh hari. Hal ini demi mendapatkan harga sewa yang tidak terlalu mahal dan juga masih memiliki pilihan lokasi yang banyak.

Baca Juga: Panduan Lengkap Menggunakan Moscow Metro

Carilah akomodasi yang berada di pusat kota karena meskipun sedikit lebih mahal, kamu tidak akan terlalu sulit menjangkau satu tempat ke tempat lain. Akan lebih baik bila kamu mendapatkan akomodasi yang tidak terlalu jauh dari stasiun metro demi menghemat biaya transportasi harianmu.

3Visa

Setelah tanggal keberangkatan dan kepulangan jelas, e-ticket transportasi selama di sana sudah di tangan, dan akomodasi sudah dipesan maka langkah selanjutnya adalah mengurus visa.

Proses pengurusan visa Rusia tidaklah sulit. Kamu dapat membaca panduan lengkapku mengurus visa Rusia di sini.

4Makan dan Minum

Selain dekat dengan stasiun metro, sebisa mungkin pilih akomodasi yang menyediakan dapur dan juga mesin cuci seperti apartemen sewaan. Dengan demikian kamu tidak perlu sering-sering makan di luar karena bisa memasak makananmu di apartemen dan juga tidak perlu laundry pakaian ke luar karena ada mesin cuci.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Rusia yang Wajib Dibawa Pulang

Makan di restoran itu cukup mahal begitu juga nongkrong di warung kopi. Sedangkan belanja kebutuhan dapur di supermarket Rusia tidaklah terlalu mahal. Oleh karenanya, memasak menjadi pilihan yang tepat. Pastikan kamu juga membeli air mineral galon atau botolan dari supermarket karena air keran di Rusia tidak disarankan untuk diminum!

Namun, kamu tetap perlu mencoba berbagai makanan di restoran sesekali demi merasakan suasana dan makanan khas Rusia yang jarang ditemukan di Indonesia.

5Atraksi

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat di atas, banyak atraksi di Rusia yang gratis dan juga indah. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu mahal hanya untuk mengunjungi sebuah tempat.

Contoh seperti di Red Square, kamu akan menemukan atraksi dan juga spot-spot indah di sana secara gratis. Kamu dapat menemukan objek-objek gratis di Red Square Moscow di sini.

Kamu juga dapat menemukan beberapa live music di Red Square pada malam hari atau juga dapat berkunjung ke Arbat Street untuk melihat pameran lukisan yang indah-indah. Semuanya gratis! 😁

6Berkelompok

Nah, traveling hemat ke Rusia akan semakin nyata bila kamu berangkat dengan beberapa teman atau berkelompok. Hal ini akan menghemat berbagai macam biaya dengan cara sharing seperti biaya transportasi di setiap kota seperti taxi, biaya makanan di apartemen, biaya WiFi, dan juga biaya-biaya lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Berbelanja di Rusia


Nah, itulah tips singkat traveling hemat ke Rusia versiku. Semoga tips ini bermanfaat bagi kamu yang rencananya ingin melancong ke Rusia. Lalu, kapan kamu traveling ke Rusia?

Baca Juga: 3 Tempat Belanja Souvenir Murah di Moscow

Dukung blog ini dengan bantu share artikel ini dan jangan lupa like dan follow akun media sosialku (FacebookTwitterInstagram, dan Pinterest) ya. Selamat berlibur! 😁

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.