GUM: Department Store Paling Kece Seantero Moscow – Ketika kamu menginjakkan kaki di Red Square, Moscow maka kamu akan menemukan satu bangunan yang sangat luas sekaligus mencolok dengan mengadopsi gaya arsitektur Rusia di abad pertengahan yang cantik.

Baca Juga: Panduan Lengkap Mengurus Visa Rusia

GUM Department Store telah menjadi pusat berbelanja sejak era Uni Soviet sekaligus menjadi tempat belanja paling elit dan lengkap seantero Moscow bahkan Rusia! GUM Department Store telah teruji zaman, terbukti karena bangunan ini masih sangat kokoh meski dibangun sekitar tahun 1890 atau 1893.

Saat aku berada di Red Square, aku menyempatkan diri mampir ke Mall mewah ini untuk memanjakan mata sekaligus menghangatkan badan karena di luar sangat dingin haha!

GUM: Department Store Paling Kece Seantero Moscow

Moscow GUM 1

Bila kamu ada kesempatan untuk traveling ke Moscow maka jangan lupa jadikan GUM Department Store sebagai salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi. Masuk ke GUM gratis kok selain itu para Muscovites dan turis biasanya senang mampir ke sini karena banyak sekali hal yang bisa kamu lihat meskipun kamu tidak berbelanja sama sekali.

Baca Juga: 10 Objek Gratis yang Bisa Dinikmati di Red Square, Moscow

Satu hal yang wajib kamu lakukan di GUM meskipun kamu tidak berbelanja adalah mencicipi Es Krim legendaris Rusia ala GUM yang sangat terkenal dan bisa kamu temukan di lantai dasar Mall ini.

Salah satu penyesalanku adalah aku tidak mencicipi Es Krim ini karena saat itu sedang musim gugur dan memang udara sangat dingin ditambah lagi aku tidak kuat dingin sehingga aku mengurungkan niat haha yang ada sekarang tinggal penyesalan saja 😀

Moscow GUM 7

Karena saat itu adalah musim gugur maka dekorasi di GUM didominasi oleh segala tema berbau musim gugur beserta hasil panen pertanian seperti buah-buahan segar dan juga berbagai macam hasil panen lainnya.

Dekorasi-dekorasi musim gugur di sepanjang lorong GUM menjadikan GUM semakin cantik dan hidup yang membuat aku betah berlama-lama di sini.

Moscow GUM 3

Menyadari GUM sangatlah luas dan memiliki beberapa pintu masuk dari berbagai sudut maka kamu tidak perlu khawatir ketika kelelahan berjalan. Kamu bisa menemukan dengan mudah tempat duduk di segala sudut untuk rehat sejenak sembari berfoto-foto.

Selain itu, di sekeliling GUM kamu akan melihat banyak lampu-lampu cantik yang tergantung di tengah jalan yang di bawahnya juga terdapat banyak bangku. Bila kamu ingin menikmati kopi sembari merasakan dinginnya udara musim gugur maka kamu bisa duduk di bangku ini.

Moscow GUM 4

Di bangku ini kamu bisa berbaur dengan Muscovites dan bila beruntung kamu juga bisa bertemu dengan sesama orang Indonesia yang sedang liburan di Moscow.

Selain itu, kamu bisa melihat penghibur jalanan mulai dari mereka yang menggunakan kostum khas Rusia, penyanyi, atau bahkan musisi.

Moscow GUM 6

Berbicara tentang makanan, bagi kamu yang non-muslim seperti diriku dan doyan babi maka di sepanjang lorong lantai dasar kamu akan menemukan banyak etalase yang menjual daging babi yang telah teruji sangat enak dengan berbagai macam bumbu. Banyak pengujung mampir ke etalase ini jadi siap-siap mengantri ya, haha!

Baca Juga: Menjelajah Moscow, Rusia: The City of Domes

Selain itu, bila kamu tertarik untuk mencicipi makanan Rusia atau makanan barat lainnya seperti Italia maka kamu bisa langsung menuju lantai 3 Mall ini dan kamu akan menemukan banyak restoran bergaya buffet yang harganya relatif terjangkau.

Moscow GUM 8

Nah, bila kamu berniat belanja barang-barang branded produk Eropa dan Amerika maka GUM adalah tempat yang sempurna. GUM merupakan tempat menjual segala barang branded high-end yang paling lengkap di kota Moscow.

Baca Juga: Catatan Perjalanan ke Rusia: Negeri Beruang Putih

Oh iya, saat aku mampir kedua kalinya ke Red Square di malam hari aku sempat merasakan festival musim gugur yang diadakan di Red Square. Di sini banyak sekali stand yang menjual makanan dan minuman serta berbagai macam hiburan musik layaknya kamu sedang berada di pasar malam.

Moscow GUM 11

Dekorasi khas musim gugur ala pertanian mendekorasi Red Square bersama dengan segala truk dan mesin-mesin khas pertanian yang sangat indah.

Untuk bisa menikmati keindahan festival musim gugur yang dilakukan rutin setiap tahun di Red Square maka kamu harus lolos security check yang diadakan oleh pasukan militer Moscow!


Informasi Tambahan Tentang GUM

Moscow GUM 9

  1. GUM beroperasi setiap hari pukul 10:00 – 22:00
  2. Biaya masuk gratis dan sangat instagramable
  3. Biaya masuk toilet di GUM sangatlah mahal yakni 200 Rubel, tapi sangat nyaman dan bersih. Kamu juga bisa belajar sejarah tentang GUM di toilet ini!

Nah, itulah cerita singkat tentang GUM Department Store yang kece abis. Jadikan liburanmu di Moscow lebih berkesan dengan berkunjung ke GUM dan jangan lupa foto-foto di dalamnya ya!

Bila kamu merasa artikel ini bermanfaat dan informatif maka jangan lupa bantu share artikel ini, follow, dan like akun social media-ku ya. Happy shopping!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.