Sebagai salah satu penginapan yang ada di Nusa Penida, Coco Resort Penida bisa dikatakan menjadi salah satu andalan turis saat berkunjung ke Nusa Penida, Bali.

Resort yang kental dengan gaya arsitektur tradisional ini menawarkan akomodasi yang mencukupi kebutuhan pengunjung.

Kami pun memilih Coco Resort Penida sebagai tempat persinggahan kami kala menjelajahi Nusa Penida. Seperti apa pengalamanku saat menyambangi resort ini? Baca terus ya 😀

Coco Resort Penida di Nusa Penida: Bukan Hanya Sekedar Tempat Persinggahan

Setibanya kami di Pelabuhan Toyapakeh, waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 09:00 WITA. Kami pun langsung bertemu dan dijemput oleh Bli yang akan menemani kami seharian mengelilingi Nusa Penida bagian barat.

Sebelum memutuskan hendak menginap di mana, terlebih dahulu aku melakukan riset guna mencari tahu apa saja pilihan penginapan yang ada di Nusa Penida karena aku tidak memiliki gambaran jelas mengenai pulau ini.

Awalnya aku cukup kaget ketika melihat daftar penginapan yang sangat minim. Jarak yang satu dengan yang lain pun terbilang saling berjauhan, paling tidak bila dilihat dari Google Map.

Baca Juga: Batu Caves, Salah Satu Wisata Wajib di Malaysia 

Pastinya, sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu khususnya untuk menentukan di mana kamu akan menginap nantinya.

Lokasi penginapan yang dipilih akan sangat menentukan spot mana yang akan kamu jelajahi dahulu dan apakah spot atau penginapan tersebut dekat dengan pelabuhan tempat kamu berlabuh nantinya atau malah kejauhan.

Agar tidak membuang-buang waktu kami pun memutuskan untuk menginap di daerah barat dekat dengan pelabuhan agar nantinya kami bisa mengeksplorasi bagian barat Nusa Penida dulu di hari pertama.

Setelah melakukan riset, akhirnya kami memutuskan untuk menginap di Coco Resort Penida. Kami memilihnya karena dari segi jarak tidak terlalu jauh dari pelabuhan dan kami membutuhkan tempat istirahat yang nyaman setelah menyadari bahwa perjalanan kami di pulau ini akan menyita cukup banyak energi dan membutuhkan kekuatan fisik yang memadai.

Waktu tempuh dari Pelabuhan Toyapakeh ke Coco Resort Penida dengan menggunakan sepeda motor memakan waktu sekitar 15 menit. Seperti yang aku jelaskan di awal bahwa aku tidak memiliki gambaran sama sekali terkait pulau ini.

Memang teman-temanku yang sudah pernah ke sini mengatakan bahwa pulau ini masih belum begitu maju, masih tertinggal dari segi infrastruktur dibandingkan dengan dua pulau lain yakni Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Dan benar saja, ketika dalam perjalanan menuju hotel, pemandangan yang aku lihat memang persis seperti pemandangan desa. Jarak rumah dari satu tempat ke tempat yang lain juga sangat jauh ditambah lebar jalan yang terbatas, hanya cukup dilalui 2 kendaraan saja untuk arah yang berlawanan.

Sekitar 15 menit berlalu akhirnya aku dan ketiga temanku tiba di Coco Resort Penida. Letaknya agak menjorok sedikit ke dalam, namun bila kamu dari jalan raya kamu bisa langsung melihat kolam berenang dan gubuk-gubuk kamar.

Terdapat dua resort dalam kategori mahal dan bagus di Nusa Penida dan salah satunya adalah Coco Resort ini. Memang melihat resort ini kamu akan menemukan ketenangan dan kenyamanan. Jumlah gubuk di sini juga cukup terbatas, jadi sangat beruntung kami sudah melakukan reservasi terlebih dahulu.

Coco Resort Penida nusa penida - 1
Suasana di Coco Resort Penida lengkap dengan kolam renangnya

Setibanya di Coco Resort Penida, kami pun langsung melakukan proses check in. Namun, kami memiliki kendala sedikit karena tadinya temanku yang melakukan pemesanan berpikir bahwa dengan kondisi kamar yang luas dan adanya twin bed di kamar maka kamar ini bisa dipakai untuk empat orang.

Ternyata pihak hotel tidak memperbolehkannya dan maksimal satu kamar harus diisi 3 orang dengan pertimbangan satu orang lagi menggunakan extra bed, nah yang satunya mau ditendang ke mana?

Permasalahannya adalah, kami tidak ingin dipisahkan di kamar yang berbeda. Kami berempat ingin berada di kamar yang sama bagaimana pun caranya. Ditambah lagi, ketika kami tanya apakah masih ada kamar kosong untuk tambahan ternyata pihak hotel mengatakan semua kamar sudah fully booked.

Akhirnya setelah melakukan negosiasi yang cukup pelik, kamar tersebut pun bisa diisi empat orang dengan bayaran 2 kali harga awal. Biaya satu kamar per malam untuk empat orang lengkap dengan free breakfast adalah sebesar Rp 1.325.000 (per 16 Juni 2017).

Lumayan mahal, ya. Memang, Bli yang menemani kami di sini mengatakan bahwa hotel atau pun penginapan di Nusa Penida lebih mahal harganya bila dibandingkan dengan hotel yang ada di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan fasilitas yang sama.

Tak heran, banyak pengunjung yang tidak ingin bermalam di pulau ini karena keterbatasan yang ada. Well, kami sudah tidak mau repot-repot berpikir dua kali karena kami tidak ingin menghabiskan waktu berlama-lama hanya untuk bernegosiasi dengan pihak hotel.

Setelah selesai bernegosiasi, kami pun bergegas mengganti pakaian yang sudah kering di badan akibat terendam di Pantai Sanur sesaat sebelum menaiki kapal menuju Nusa Penida. Tas ransel kami yang berukuran besar itu pun kami titipkan ke receptionist untuk bisa diantarkan masuk ke kamar karena saat kami tiba kamar kami masih belum ready.

Setelahnya kami melanjutkan perjalanan untuk mengelilingi Nusa Penida bagian barat secara berurutan mulai dari Broken Beach (Pasih Uug), Angel’s Billabong, Kelingking Beach, Pohon Cinta, Paluang Cliff, dan berakhir di Crystal Bay.

Setelah menikmati suasana di Crystal Bay, kondisi pakaian kami sudah basah kuyup karena bermain-main di pantainya yang indah. Kami pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berenang di kolam renang Coco Resort Penida sambil menunggu antrian mandi di kamar kami.

Seperti yang sudah bisa dibayangkan, sekitar 98 persen pengunjung yang ada di sini adalah turis mancanegara. Hanya ada sepasang orang Indonesia yang kami lihat menginap di resort ini selain kami sendiri.

Memang, perlu diakui bahwa resort ini terbilang bagus dan fasilitas yang ada di kamar juga cukup lengkap. Terdapat TV cable, hairdyer, shower mandi air panas, Wifi, sofa lengkap dengan meja, lemari tempat pakaian, peralatan mandi hotel, dan fasilitas umum lainnya layaknya sebuah hotel pada umumnya.

Coco Resort Penida nusa penida - 2
Penampakan kamar kami dari luar
Coco Resort Penida nusa penida - 3
Twin bed nyaman di dalam kamar
Coco Resort Penida nusa penida - 4
Kondisi kamar mandi dari ruang kamar
Coco Resort Penida nusa penida - 5
Kondisi wastafel di kamar mandi
Coco Resort Penida nusa penida - 6
Kondisi sekat shower di kamar mandi
Coco Resort Penida nusa penida - 7
Kondisi closet di kamar mandi

Setelah membersihkan diri, kami pun melanjutkan makan malam di hotel. Sebenarnya makan malam tidak termasuk dalam biaya hotel yang kami bayar namun dikarenakan kondisi Nusa Penida yang sangat minim dengan tempat makan, jarak dari satu tempat ke tempat lain juga jauh, dan juga tidak adanya transportasi yang bisa mengantar kami untuk mencari makan malam maka kami memutuskan untuk makan di sini saja walaupun harga makanannya adalah harga bule hehehe 😀

Esok paginya, kami pun bersiap-siap membereskan seluruh barang bawaan kami karena kami akan sekalian check out dari hotel untuk melanjutkan perjalanan kami ke bagian timur Nusa Penida dengan menggunakan mobil.

Sebelum check out, kami sarapan terlebih dahulu di hotel. Di sini sarapan disiapkan per set menu buka buffett. Jadi kamu harus memilih set menu mana yang ingin kamu makan.

Coco Resort Penida nusa penida - 8
Pilihan sarapanku di Coco Resort Penida

Sehabis sarapan tak lupa kami mengabadikan momen kebersamaan kami untuk terakhir kalinya sebelum meninggalkan Coco Resort Penida dengan berfoto berempat. Dan here we go, kami pun melanjutkan perjalanan kami menjelajahi bagian timur Nusa Penida.

Coco Resort Penida nusa penida - 9
Aku bersama ketiga temanku berpose sesaat sebelum check out di Coco Resort Penida

Kelebihan dan Kekurangan Coco Resort Penida, Nusa Penida, Bali

Kelebihan Coco Resort Penida:
  1. Akses dari Pelabuhan Toyapakeh ke hotel cukup dekat
  2. Fasilitas lengkap
  3. Nyaman dan bersih
  4. Pelayanan ramah
  5. Suasana hotel yang tertata rapi dan bergaya eksotik khas Indonesia
Kekurangan Coco Resort Penida:
  1. Harga per malam yang mahal untuk ukuran hotel di pulau kecil
  2. Wifi yang hanya kencang ketika tengah malam hingga subuh

Perjalananku Mengelilingi Nusa Penida Bagian Barat – Hari Pertama

(Note: klik dot/pinpoint pada peta di atas untuk melihat detil masing-masing lokasi)

Coco Resort Penida → Broken Beach (Pasih Uug) → Angel’s Billabong → Kelingking Beach → Pohon Cinta → Paluang Cliff → Crystal Bay → Coco Resort Penida


Peta Lokasi Coco Resort Penida, Nusa Penida, Bali

  • Alamat Lengkap: Jalan Crystal Bay, Desa Sakti, Nusa Penida Island, Kabupaten Klungkung, Bali 80771
  • Lokasi: Desa Sakti, Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung

Bagaimana menurut kamu? Terpikir untuk menjadikan Coco Resort Penida menjadi tempat persinggahanmu saat mengunjungi Nusa Penida? Jangan lupa bagikan tulisan ini ke media sosialmu, ya 😉