Paluang Cliff hanyalah satu di antara banyak sekali destinasi wisata yang ada di Bali, khususnya di Nusa Penida.

Namun, keindahan yang ditawarkan Paluang Cliff begitu mengagumkan. Dalam rangkaian petualanganku di Nusa Penida, destinasi wisata nan cantik ini menjadi salah satu target kami sedari awal.

Baca Juga: Batu Caves, Salah Satu Wisata Wajib di Malaysia

Alhasil, di hari pertama petualangan kami, Paluang Cliff langsung masuk ke dalam daftar perjalanan utama. Simak catatan perjalananku mengunjungi dan menyaksikan langsung keindahan Paluang Cliff di Nusa Penida, Bali.

Bertandang ke Paluang Cliff di Nusa Penida, Bali

Paluang Cliff Nusa Penida Bali - 1
Penampakan Paluang Cliff dari spot terbaik untuk berfoto

Perjalanan ke Paluang Cliff kami lakukan setelah menyantap makan siang menjelang sore di warung dekat area Kelingking Beach. Sebenarnya, Paluang Cliff, Kelingking Beach, dan Pohon Cinta merupakan spot yang saling berdekatan dan berada di area yang sama.

Baca Juga: Menyambangi Hotel Puri Maharani Boutique and Spa, Sanur, Bali

Paluang Cliff itu sendiri merupakan sebuah spot yang memungkinkan pengunjung untuk bisa melihat tebing/batu yang terdapat di Kelingking Beach. Bisa dikatakan bahwa Paluang Cliff ini merupakan hidden spot untuk bisa melihat keindahan batu yang ada di Kelingking Beach dari sudut pandang yang berbeda.

Waktu tempuh dari warung tempat kami makan ke lokasi ini memakan waktu sekitar 7 menit dengan menggunakan sepeda motor.

Untuk bisa mencapai tempat ini, kita harus melewati sedikit rawa-rawa dan perlu hati-hati juga karena kita bisa kena baret akibat gesekan dengan berbagai jenis tanaman yang ada di rawa-rawa tersebut.

Jalanan yang harus dilewati juga terhitung sangat sempit dan hanya satu arah saja. Bisa dibilang, spot ini merupakan spot tersembunyi yang tidak diketahui banyak orang.

Baca Juga: Menyantap Jamuan di Warung NG, Nusa Penida, Bali

Meskipun panas matahari begitu menyengat ke wajah dan kulit serta angin yang bertiup begitu kencang, namun hal tersebut tak mengurangi niat kami untuk bisa sampai ke lokasi ini dengan harapan agar bisa menikmati pemandangan indah yang ditawarkannya.

Spot ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat sunset karena kita langsung disuguhkan dengan pemandangan laut lepas tanpa tertutup objek lainnya.

Paluang Cliff Nusa Penida Bali - 2
Keindahan Paluang Cliff

Kamu perlu jalan sedikit menuju spot foto untuk mendapatkan foto terbaik dari Paluang Cliff. Dan pastinya, kamu harus berhati-hati karena kalau kamu terpleset, kamu bisa berguling ke jurang dan berakhir di laut karena tidak ada tali pembatas pengamanan atau apapun di area ini. Jadi, jangan sampai pecicilan agar tidak berakhir naas.

Saat kami tiba di lokasi ini, waktu sudah sore dan jam menunjukkan sekitar pukul 16:00 WITA. Proses pengambilan foto pun harus dalam kondisi backlight. Seperti yang sudah aku jelaskan di atas bahwa objek yang akan kamu foto adalah bagian belakang tebing yang ada di Kelingking Beach.

Baca Juga: Coco Resort Penida, Tempatku ‘Berteduh’ Selama Menjelajahi Nusa Penida

Buat kamu yang takut ketinggian atau memiliki keseimbangan tubuh yang kurang baik, aku sarankan untuk tidak berfoto di area tebing ini karena di sini tempat kita berpijak begitu dekat dengan jurang.

Namun, bila kamu memang tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk mengabadikan momen, cukuplah mengambil foto dari kejauhan saja. Hindari mengambil foto di spot yang terlalu dekat ke tebing.

Kami pun tidak berlama-lama di spot ini karena masih harus mengejar spot terakhir yakni Crystal Bay beserta sunset-nya sebelum kembali ke hotel untuk beristirahat.


Kelebihan dan Kekurangan Paluang Cliff di Nusa Penida, Bali

Paluang Cliff Nusa Penida Bali - 3
Aku berpose di Paluang Cliff saat backlight
Kelebihannya:
  1. Dapat melihat keindahan batu besar di Kelingking Beach dari belakang
  2. Spot yang masih sangat perawan dan masih banyak orang yang belum tahu tempat ini
  3. Salah satu spot terbaik untuk melihat sunset
Kekurangannya:
  1. Potensi pariwisata di sini masih sangat banyak untuk dikembangkan
  2. Akses yang masih sulit karena jalan menuju ke sini ditutupi oleh rawa-rawa dan hanya satu jalan saja. Kita bisa terluka bila tidak berhati-hati mengendarai sepeda motor
  3. Spot untuk tempat berfoto tidak diberikan batas aman seperti tali atau bentuk lainnya. Jadi risiko kepleset atau jatuh ke jurang dan laut sangat besar
  4. Signal provider telekomunikasi tidak bagus
  5. Tidak ada toilet umum ataupun warung di lokasi ini

Perjalananku Mengelilingi Nusa Penida Bagian Barat – Hari Pertama

(Note: klik dot/pinpoint pada peta di atas untuk melihat detil masing-masing lokasi)

Broken Beach (Pasih Uug)Angel’s BillabongKelingking BeachPohon CintaPaluang Cliff Crystal Bay


Aku yakin kamu sekarang pasti tertarik untuk mengunjungi Paluang Cliff dan menyaksikan keindahannya secara langsung. Semoga informasi yang aku tuliskan di sini bisa menjadi pelengkap rencana perjalananmu, ya. Cheers! 🙂

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here