Menyambangi Fashion Forest: Hutan Hujan yang Dilengkapi WiFi Pertama di Dunia – Apa yang terlintas ketika mendengar istilah Fashion Forest? Bagiku pribadi, hal yang terlintas ketika mendengar nama itu adalah hutan yang dihiasi dengan segala sesuatu yang berbau fashion dan penuh akan warna. Ternyata definisiku akan Fashion Forest tak sesuai dengan definisi yang diberikan Resorts World Genting.

Saat mengunjungi Resorts World Genting bersama rombongan teman, kami berkesempatan mampir ke Fashion Forest untuk lebih menyatu dengan alam dan merasakan sisi lain dari Genting Highlands.

Bagaimana menjangkau Fashion Forest?

Resorts-World-Genting-Rainforest-Fashion-Forest-3

Fashion Forest yang berlokasi di Genting Highlands merupakan hutan hujan yang sudah berusia 130 juta tahun. Hutan ini bisa dijangkau melalui darat dengan mobil ataupun bus. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari Resorts World Genting ke Fashion Forest dengan menggunakan mobil hanya sekitar 15 menit.

Berapa biaya masuk ke Fashion Forest?

Resorts-World-Genting-Rainforest-Fashion-Forest-2

Biaya yang dikenakan kepada para pengunjung dapat dibilang mahal. Bagi orang dewasa biaya masuk per orangnya sebesar RM 75 sedangkan anak-anak sebesar RM 50.

Apa keunggulan Fashion Forest?

Resorts-World-Genting-Rainforest-Fashion-Forest-4

Resorts World Genting yang bekerjasama dengan Treks Nature Enterprise dalam mendesain aktivitas alam memiliki tujuan untuk menyuguhkan keindahan alami hutan kepada para pecinta alam dengan cara yang lebih modis. Ini yang menjadi alasan dibalik pemberian nama Fashion Forest.

Fashion Forest menjadi hutan hujan pertama yang dilengkapi dengan WiFi di dunia dan juga memiliki trek-trek yang didesain sedemikian rupa demi menyuguhkan alam Genting yang unik dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. WiFi diakses dengan cara tethering melalui HP sang guide.

Baca Juga: 12 Alasan Mengunjungi Resorts World Genting, Malaysia

Pengunjung dapat mengakses sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Whatsapp serta dapat melakukan siaran langsung di Periscope TV. Selain itu, pengunjung juga dapat mengakses informasi tentang keanekaragaman hayati yang ada di Hutan Hujan Genting melalui QR code scanner yang tersedia di sepanjang jalan.

Apa atraksi yang ditawarkan?

Resorts-World-Genting-Rainforest-Fashion-Forest-5

Fashion Forest menawarkan keindahan alam hutan hujan berusia 130 juta tahun yang masih terjaga kelestariannya. Di sini pengunjung dimanjakan dengan keunikan berbagai jenis serangga, burung berwarna warni, berbagai macam bunga serta air terjun.

Bagi para pengunjung yang senang dengan olahraga luar ruangan dapat melakukan jalan santai, lari sore, ataupun meditasi di hutan ini. Selain itu, Fashion Forest juga memiliki tiga program bagi para pengunjung untuk menjelajahi hutan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda seperti:

  1. Easy  Trek: mengelilingi hutan dengan trek mudah yang dikhususkan bagi pengunjung yang sudah berusia lanjut dan pengunjung yang membawa anak kecil. Trek ini hanya memakan waktu 30 menit.
  2. Nature Trek: mengelilingi hutan dengan kesulitan trek yang menengah dan memakan waktu satu jam.
  3. Eco Trek: trek tersulit yang menawarkan pengunjung melihat alam liar sesungguhnya di tengah hutan dan tidak untuk pengunjung yang berusia lanjut dan anak-anak. Lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan trek ini sekitar dua sampai tiga jam.

Baca Juga: 15 Foto yang Menginspirasimu Berkunjung ke Resorts World Genting, Malaysia

Resorts-World-Genting-Rainforest-Fashion-Forest-6

Ketika berada di Fashion Forest, aku dan rombongan teman-teman mengikuti program Easy Trek mengingat waktu yang sudah cukup sore. Kami semua dibawa mengelilingi sebuah jalur trek yang memang tidak terlalu sulit dan diperkenalkan kepada berbagai macam pohon yang berusia puluhan tahun. 

Pengalaman ini cukup bagi kami untuk menikmati sisi lain Genting Highlands dan menyatu kembali dengan alam dengan cara yang lebih canggih di waktu yang singkat.


Peta Lokasi Fashion Forest, Genting Highlands