Langkah Demi Langkah Menjadi Seorang Miliuner – Pemikiran tentang miliuner menjadi pembahasan yang menarik bagi sebagian besar orang.

Bagi yang terinspirasi oleh para triliuner dunia yang sukses akan kehidupan keuangannya pasti rela membaca banyak buku yang membahas tentang jejak langkah hidup mereka dari nol hingga akhirnya mencapai posisi mereka saat ini.

Baca Juga: Bagaimana Sebenarnya Cara Berpikir Orang Kaya?

Banyak buku yang membahas tentang bagaimana menjadi seorang miliuner seperti yang tertuang dalam The Millionaire Fastlane, The Millionaire Next Door, The Richest Man in Babylon, dan sebagainya.

Buku-buku ini hanya segelintir buku yang berisi ide dan pengetahuan yang luar biasa dan menurutku semua orang harus membacanya.

Namun pertanyaan yang menggelitik adalah bagaimana langkah demi langkah menjadi seorang miliuner? Terlepas dari bagaimana latar belakang keluargamu, kekuatan dan kelemahan yang kamu miliki, dan sebagainya.

Inspirasi - Langkah Demi Langkah Menjadi Seorang Miliuner - 1

Tentu saja setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai keberhasilan dalam hal keuangan. Hal yang perlu kamu miliki adalah tekad kuat dan komitmen.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Kamu Tidak akan Pernah Kaya

Lalu, dari mana aku harus mulai semuanya dan bagaimana caranya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti terlintas di benakmu dan begitu juga di benakku.

Haruskah aku keluar dari pekerjaan sekarang ini dan memulai sebuah bisnis? Tidakkah itu terlalu berisiko?

Beberapa orang mengatakan bahwa gelar sarjana tidak ada gunanya dan Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook yang menjadi salah satu orang terkaya dunia juga berpendapat demikian. Itu bukan berarti kamu menghabiskan waktumu pergi ke universitas dengan sia-sia, loh!

Baca Juga: 3 Aturan Penting Tentang Uang yang Harus Kamu Tahu

Kesalah pahaman awal tentang miliuner adalah kita melihat contoh-contoh yang cukup ekstrim seperti Mark Zuckerberg, Steve Jobs, dan Lary Page.

Mereka mungkin didepak dari unversitas atau memilih untuk tidak meneruskan pendidikannya demi membangun apa yang mereka cintai.

Jangan salah, orang-orang seperti ini adalah orang yang luar bisa cerdas dan pekerja keras. Mereka memiliki ide-ide gila yang tidak terpikirkan orang lain sebelumnya dan mereka bekerja keras demi terwujudnya ide gila tersebut.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Orang Paling Sukses Di Dunia yang Harus Diterapkan

Masalahnya adalah bila semua orang berpikir untuk bisa menjadi seorang miliuner harus memiliki ide gila seperti mereka maka kemungkinan besar hal tersebut tidak akan bisa terealisasi pada semua orang.

Jika kamu memang benar-benar mencintai suatu hal dan memiliki passion yang besar untuk membangun hal tersebut maka lakukanlah!

Apa yang aku ingin bagikan di sini adalah bagaimana menjadi seorang miliuner atau triliuner tanpa harus melakukan hal-hal seperti orang-orang yang disebut tadi.


Apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara untuk memulainya? Di sini akan dibahas aturan-aturan yang perlu kamu lakukan untuk menjadi seorang miliuner. Simak terus artikel ini ya!

Terdapat 2 aturan yang perlu dipahami dan dipatuhi dalam hidup sehari-harimu yang memberikan kesempatan paling mungkin untuk mencapai semua itu.

1Lipat Gandakan Pendapatanmu Setiap 3 Tahun Sekali

Jika pendapatanmu sekarang sekitar Rp 10.000.000 per bulan maka kamu harus memastikan bahwa kamu dapat menghasilkan Rp 30.000.000 tiga tahun dari sekarang. Bagaimana kamu bisa melakukannya? Nanti akan dibahas lebih lanjut!

2Sisihkan Setidaknya 20% Pendapatanmu

Kembali lagi, jika penghasilanmu Rp 10.000.000 per bulan maka kamu harus menyisihkan setidaknya Rp 2.000.000 setiap bulannya.

Baca Juga: 5 Aturan Penting Soal Permainan Uang yang Harus Kamu Tahu

Kamu harus melakukan ini dengan konsisten terlepas apapun yang sedang terjadi padamu saat itu. Lebih baik kamu mengurangi biaya hari-harimu agar angka ini tidak tersentuh sama sekali.


Mari kita buat contoh sederhana untuk dua aturan ini. Katakan kamu baru saja lulus dari universitas dan umurmu baru 22 tahun.

Baca Juga: 4 Panduan Sederhana Membuat Anggaran yang Mudah dan Efektif

Katakan saja kamu menghabiskan waktumu setahun untuk mencari sebuah pekerjaan yang tepat dan stabil.

Nah, memasuki usia 23 tahun kamu sudah mulai menerapkan aturan-aturan tersebut dalam hidupmu. Katakan saja kamu menghasilkan pendapatan per tahunnya sebesar Rp 58.500.000 setelah dikurang pajak sebagai anak fresh graduate.

Jika kamu melipat gandakan pendapatanmu setiap 3 tahun sekali, maka di umur 32 tahun kamu seharusnya sudah menghasilkan Rp 468.000.000 setiap tahunnya.

Mungkin terdapat 2 kebingungan yang ada di dalam pikiran orang-orang. Pertama, apakah aku harus menunggu sampai umurku sekitar 38 tahun baru aku bisa menjadi seorang miliuner? Tentu saja jawabannya tidak!

Inspirasi - Langkah Demi Langkah Menjadi Seorang Miliuner - 4

Kedua, tidak ada satupun perusahaan di dunia ini yang akan melipat gandakan gajimu setiap 3 tahun sekali. Terus terang saja, tidak ada! Tentu saja itu hal yang tidak masuk akal.

Baca Juga: Agar Keuangan Sehat, Jangan Lakukan Hal Ini Pada Uang!

Karena fakta itulah maka di masa 3 tahun pertama, tugasmu adalah menciptakan sumber pendapatan lain yang akan melipat gandakan pendapatanmu.

Jika saat ini kamu menghasilkan Rp 58.500.000 per tahun maka aset/bisnis yang kamu ciptakan harus bisa menghasilkan Rp 58.500.000 dalam waktu tiga tahun.

Apa yang kamu lakukan mungkin akan berbeda bagi setiap orang, katakanlah kamu ingin membuka sebuah toko, menginvestasikan uangmu ke sebuah bisnis, atau hal lainnya yang bisa melipat gandakan uang.

Setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda-beda. Di sinilah pentingnya kita banyak membaca buku atau artikel, memiliki banyak jaringan, mengeksplorasi ide-ide baru dan sebagainya sembari menghasilkan aset.

Di saat yang sama kamu harus menyisihkan setidaknya 20% penghasilanmu yang artinya kamu harus menyisihkan sekitar Rp 35.100.000 dalam 3 tahun. Uang inilah yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan pendatapan lainnya.

Baca Juga: Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

Memang jumlahnya tidak begitu besar untuk waktu yang cukup lama, namun hal ini menjadi langkah awal yang baik untuk memulai semuanya.

Tentu saja kamu juga bisa meminjam uang dari bank untuk memulai dengan keyakinan bahwa kamu dapat melunasinya dalam 3 tahun.

Dengan menerapkan cara ini maka kamu bisa menyimpan lebih di 3 tahun berikutnya dan meginvestasikan lebih besar lagi dan tentu saja menghasilkan aset yang lebih banyak lagi yang memberimu uang tambahan lebih banyak dari sebelumnya.

Tentu saja kamu bisa membangun bisnis-bisnis baru atau mungkin mengembangkan bisnis yang sudah ada.

Ketika kamu sudah bisa menghasilkan pendapatan tahunan sebesar Rp 468.000.000, kamu bisa meyisihkan uang lebih dari 20% dan bahkan bisa melipat gandakan uangmu dalam waktu yang lebih singkat dari 3 tahun, mungkin hanya butuh waktu 2 tahun saja.

Baca Juga: Investasi Rp 100.000 Setiap Hari, Bagaimana Keuntungannya Setelah 10 Tahun?

Aset yang sudah kamu bangun dalam 12 tahun terakhir yang memberimu pemasukan sebesar Rp 468.000.000 bisa bernilai lebih dari 1 miliar. Sebenarnya dari situlah kekayaan itu diukur bukan dari berapa banyak jumlah uang kas yang kamu pegang saat ini. Kekayaan itu diukur dari berapa nilai aset yang kamu miliki.

Jadi waktu 9 hingga 12 tahun pertama sebenarnya kamu sedang membangun dasar untuk menjadi seorang triliuner. Sisa waktumu nantinya bisa kamu gunakan untuk hanya mengembangkan yang sudah ada saja atau membeli bisnis baru.

Hal itulah sebenarnya yang dilakukan Warren Buffett dari dulu. Dia menciptakan uang miliaran di usia 30 tahun dan sekarang kekayaannya bernilai $91,1 miliar dollar per February 2018 (silahkan dikalikan dengan kurs Rupiah terhadap dollar, ambil saja angka Rp 13.700). Bahkan kalkulator saja tidak muat menampung angka nol yang begitu panjang!

Dia hanya terus berinvestasi dan membeli bisnis baru untuk terus melipat gandakan pendapatannya yang pada akhirnya akan meningkatkan total kekayaannya.

Baca Juga: 5 Langkah Menyusun Rencana Untuk Kesuksesan – Oleh Robert Kiyosaki

Meskipun pada akhirnya kekayaan yang terus dia hasilkan akan disumbangkan kepada orang-orang yang kurang beruntung di dunia ini, tapi cara berpikir Warren Buffett patut kita tiru.

Inspirasi - Langkah Demi Langkah Menjadi Seorang Miliuner - 5

Kesalahan yang banyak orang lakukan termasuk aku pada usia muda itu adalah hanya untuk menghasilkan cukup uang demi menopang kehidupan sehari-hari yang cukup nyaman.

Baca Juga: Ketahui Tips Sebelum Memilih Reksadana Saham

Kebanyakan orang kehilangan motivasi untuk terus menambah pendatapannya karena sudah merasa cukup!

Banyak yang disibukkan dengan keluarga dan kehidupan yang sudah nyaman dan kebanyakan orang tidak ingin meninggalkan zona nyaman itu. Mungkin mereka akan stuck di sana hingga sisa hidup mereka.

Sekali mereka berhenti di sana, ketika usia yang memasuki 40 – 50 tahunan dan anak-anak mereka sudah mulai masuk perguruan tinggi dan membutuhkan bantuan keuangan yang tidak sedikit nah di sanalah mereka akan bingung dan pada akhirnya mereka harus berjuang lagi kembali.

Tentu saja kamu bisa meningkatkan standar hidupmu, menghabiskan banyak waktu bersama keluarga, namun kamu lebih baik tetap meluangkan waktu dan energi untuk meningkatkan pendapatanmu.

Patuhilah aturan-aturan ini walaupun rencana ini mungkin bukan yang terbaik. Namun aturan ini paling mungkin dilakukan karena bila menunggu ide yang revolusioner seperti yang dilakukan Marck Zuckerberg, Elon Musk, dan Lary Page maka kamu tetap saja tidak bisa menjadi miliuner atau triliuner hanya dalam waktu satu malam saja. Semuanya pasti membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Baca Juga: 7 Pelajaran Penting dari The Richest Man in Babylon

Kembali lagi, bukan berarti menjadi miliuner atau triliuner pasti akan membuatmu bahagia karena kebahagiaan itu bergantung pada bagaimana kamu memandang kehidupan ini.

Hanya saja tak bisa dipungkiri, dengan memiliki uang yang cukup untuk mencapai standar hidup yang layak akan membuatmu bahagia.

Kalau tidak begitu, kita tidak akan menemukan banyak koruptor yang rela dihujat dan dicaci maki oleh masyarakat hanya untuk memperoleh hidup yang nyaman dalam waktu singkat. Kita jangan mencotoh orang-orang malas seperti itu ya!

Lebih baik sukses dari kerja kerasa dan keringat sendiri, karena dengan demikian kita mengerti akan artinya beryukur untuk hal sekecil apapun sebab kita sadar bagaimana sulitnya mencapai posisi itu.


Itulah langkah penting untuk menjadi seorang miliuner. Bagaimana menurutmu? Apakah ada masukan lain atau mungkin hal yang tertinggal dalam artikel ini? Silahkan tulis komentarmu pada kolom di bawah ini ya!

1 KOMENTAR

  1. benar2 baru tersadar bahwa kesalahan itu pernah saya lakukan, syukurlah sekarang sudah sadar dan tidak ada kata terlambat, makasih atas informasinya mbak

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.