Awana SkyWay: Sensasi Gondola Berlantai Kaca di Resorts World Genting – Bila ditanya apakah pernah menaiki gondola (cable car) ketika masih kecil, pasti kebanyakan orang akan menjawab sudah pernah.

Bagi warga Jakarta, menaiki gondola bisa dinikmati ketika berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan akan memberikan pengalaman berkesan tak terkecuali bagiku yang mana menaiki gondola merupakan salah satu bagian memori masa kecil yang bahagia.

Resorts-World-Genting-Awana-SkyWay-1

Namun bagaimana dengan gondola yang berlantai kaca? Pasti akan berbeda rasanya bukan? Setidaknya rasa penasaran itulah yang aku rasakan ketika akan menaiki gondola berlantai kaca di Resorts World Genting sehabis mengelilingi First World Hotel.

Baca Juga: 15 Foto yang Menginspirasimu Berkunjung ke Resorts World Genting, Malaysia

Pengalaman menaiki gondola berlantai kaca adalah yang pertama dan rasa penasaran pun bercampur aduk dengan rasa bahagia. Walaupun demikian beberapa pertanyaan seketika terlintas sebelumnya. Apakah gondola ini aman? Apakah lantai kacanya akan kuat menahan beban sedemikian berat?

Resorts-World-Genting-Awana-SkyWay-2 Resorts-World-Genting-Awana-SkyWay-3

Ketika aku, adikku, dan empat orang teman lainnya menaiki gondola perasaan bahagia dan kagum mendominasi. Tidak ada kekhawatiran sedikitpun dan pertanyaan-pertanyaan yang sempat hinggap di pikiran seakan sirna. Rasanya seru sekali bisa menyaksikan pemandangan indah Genting Highlands secara transparan di segala sudut dari atas ketinggian.

Baca Juga: 12 Alasan Mengunjungi Resorts World Genting, Malaysia

Mata ini dimanjakan oleh keindahan hutan hujan Genting yang berumur 130 juta tahun, proyek pembangunan 20th Century Fox World Theme Park, dan Pura Chin Swee Caves.

Selama perjalanan di dalam gondola, bisa dikatakan rombonganku yang paling heboh berfoto dan seakan tidak kenal takut karena kami tidak ingin menyia-nyiakan momen tak biasa ini di dalam gondola berlantai kaca yang fenomenal.

Bagaimana mengakses gondola ini?

Resorts-World-Genting-Awana-SkyWay-4

Awana SkyWay begitulah gondola berlantai kaca ini disebut merupakan atraksi baru yang ada di Resorts World Genting dan menjadi andalan baru resort ini. Saat aku dan teman-teman berkesempatan menaiki gondola berlantai kaca, kami masuk melalui Stasiun SkyAvenue.

Selain melalui Stasiun SkyAvenue, para penumpang bisa menaiki gondola melalui Stasiun Awana dan Stasiun Pura Chin Swee Caves. Waktu tempuh dari Stasiun SkyAvenue menuju Stasiun Awana hanya memakan waktu sekitar 10 menit dengan gondola.

Berapa harga tiket gondola?

Resorts-World-Genting-Awana-SkyWay-5

Terdapat dua jenis gondola Awana SkyWay yakni gondola biasa dan gondola yang berlantai kaca. Tarif untuk bisa merasakan sensasi gondola biasa sebesar RM8 per orang sedangkan gondola kaca sebesar RM50 per orang. Harga yang sangat jauh berbeda bukan? Namun sepadan dengan sensasi dan pengalaman yang diberikan.

Baca Juga: Bermalam di Theme Park Hotel: Hotel Unyu di Resorts World Genting, Malaysia

Berapa banyak daya tampung gondola?

Resorts-World-Genting-Awana-SkyWay-6

Kapasitas gondola kaca hanya dibatasi 6 orang penumpang sedangkan gondola biasa 10 orang penumpang. Walaupun semua gondola dicat berwarna merah namun ada satu tanda yang membedakan antara gondola biasa dan gondola kaca yakni dari warna tulisan.

Gondola biasa memiliki tulisan berwarna merah sedangkan gondola kaca memiliki tulisan berwarna putih.

Apa fasilitas yang ada di dalam gondola?

Resorts-World-Genting-Awana-SkyWay-7

Awana SkyWay dilengkapi dengan dua USB port yang bisa dipakai untuk mengisi baterai HP. Selain itu di dalam gondola kamu juga bisa bebas melakukan selfie dan berfoto-foto. Jadi tidak perlu khawatir kehabisan baterai ketika berada di dalam karena gondola ini sudah punya obat penawarnya hehe.

Selain itu, jendela gondola juga sangat lebar yang menyuguhkan pemandangan bebas tanpa gangguan sedikitpun.

Resorts-World-Genting-Awana-SkyWay-8

Bagi yang takut ketinggian, usahakan untuk terus menjaga tatapan ke depan atau setidaknya memilih gondola yang biasa saja. Tapi sensasi yang didapat pasti tidak akan sama serunya dengan sensasi menaiki gondola yang berlantai kaca.

Waktu pun seakan cepat sekali berlalu ketika berada di dalam gondola ini dan rasanya tidak cukup hanya satu kali saja, namun mengingat kami harus melanjutkan perjalanan berikutnya ke Pura Chin Swee Caves maka sensasi menaiki gondola kaca harus selesai sampai di sini.

Resorts-World-Genting-Awana-SkyWay-9

Setelah kurang lebih mengelilingi empat stasiun kami pun berhenti di Stasiun Pura Chin Swee Caves untuk melanjutkan perjalanan berikutnya. Bagi yang ingin mampir ke pura maka tidak perlu khawatir karena tidak ada biaya tambahan yang dikenakan.

Bagi kamu yang berencana berlibur ke Resorts World Genting, jangan lupa untuk merasakan sensasi menaiki gondola berlantai kaca ini ya. Dijamin tidak akan menyesal! 😀


Resorts-World-Genting-Official-Photo-Awana-SkyWay
The Official Photo of Awana SkyWay

Fakta Singkat:

  • Total gondola sebanyak 99 unit dan dapat mengangkut 3.000 penumpang setiap satu jam.
  • Awana SkyWay menjangkau jarak 6 meter setiap satu detik dan beroperasi tujuh hari seminggu mulai dari pukul 07:00 pagi hingga pukul 01:00 dini hari.
  • Rasio antara gondola biasa dan gondola berlantai kaca adalah 10:1. Artinya? Setiap 10 gondola biasa yang lewat akan ada satu gondola berlantai kaca.