Pesona Pura Chin Swee Caves di Genting Highlands yang Membuat Betah – Siapa bilang mengunjungi rumah ibadah hanya boleh dilakukan bagi pengunjung yang menganut agama yang sesuai dengan rumah ibadah tersebut? Tidak juga bukan!

Malahan, mengunjungi rumah ibadah akan menambah pengalaman jalan-jalan kita dengan keistimewaan dan keunikan yang dimilikinya.

Resorts-World-Genting-Chin-Swee-Caves-Temple-2

Saat aku dan teman-temanku berlibur ke Genting Highlands, Pura Chin Swee Caves merupakan salah satu agenda wisata yang kami tuju. Tidak mengecewakan karena memang pura ini begitu indah ditambah udara sejuk Genting Highlands yang membuat kami betah berlama-lama di sini.

Dimana Pura Chin Swee Caves berlokasi dan bagaimana menjangkaunya?

Resorts-World-Genting-Chin-Swee-Caves-Temple-1

Pura Chin Swee Caves berlokasi di Genting Highlands, 4.600 kaki di atas permukaan laut. Pura ini berada di atas bebatuan miring yang dekat dengan puncak Resorts World Genting.

Ketika aku dan rombongan berkunjung ke pura ini, kami menggunakan Awana SkyWay dan turun di Stasiun Chin Swee Caves. Perjalanan hanya memakan waktu sekitar 6 menit dengan gondola dan kamu hanya perlu berjalan kaki dengan eskalator menuju pura ini.

Resorts-World-Genting-Chin-Swee-Caves-Temple-3

Jangan lupa untuk tetap menyimpan tiket Awana SkyWay agar kamu bisa kembali ke Stasiun Awana atau Stasiun SkyAvenue tanpa biaya tambahan. Baca juga pengalamanku menaiki Awana SkyWay.

Selain menggunakan Awana SkyWay, kamu juga bisa menggunakan mobil atau bus dari Resorts World Genting dengan waktu tempuh sekitar 5 – 10 menit dan dapat memparkirkan kendaraan di sini karena area parkiran di pura begitu luas.

Apa saja atraksi yang ditawarkan?

Resorts-World-Genting-Chin-Swee-Caves-Temple-4

Selain menjadi rumah ibadah bagi saudara yang beragama Budha, Pura Chin Swee Caves menawarkan daya tarik yang tak biasa seperti Sky Terrace yang menyuguhkan pemandangan indah hutan hujan yang telah berumur 130 juta tahun bagi para pengunjung sembari berjalan-jalan santai, patung Buddha setinggi 15 meter, dan patung Kwan-yin.

Baca Juga: 15 Foto yang Menginspirasimu Berkunjung ke Resorts World Genting, Malaysia

Ketika masuk ke area pura kamu akan disambut dengan Dinding Sembilan Naga dengan warna berbeda dari setiap naga yang menurut cerita rakyat dipercaya dapat memberikan keberuntungan yang berbeda-beda pula kepada para pengunjung.

Resorts-World-Genting-Chin-Swee-Caves-Temple-5

Disana juga ada Pagoda sembilan lantai menjulang tinggi yang di dalamnya terdapat 10.000 “lampu berkat” yang dipercaya dapat memberkati para pengunjung yang masuk. Namun sekarang lampu-lampu tersebut hanya tersisa 2.000 buah lagi. Bagi pengunjung yang letih berjalan bisa beristirahat sejenak di gazebo yang letaknya tidak jauh dari pura.

Baca Juga: 12 Alasan Mengunjungi Resorts World Genting, Malaysia

Seperti kita ketahui, penganut agama Budha percaya akan adanya karma dan reinkarnasi dan tak terkecuali pura ini. Chin Swee Caves Temple memiliki atraksi yang mungkin menjadi atraksi favorit para pengunjung yang bernama Perjalanan Pencerahan yang Menggambarkan 10 Ruang Siksa Neraka.

Resorts-World-Genting-Chin-Swee-Caves-Temple-6

Menurut kepercayaan China, jiwa orang-orang mati akan dikirim ke Ruang Pertama dan di sana akan dilihat bagaima riwayat hidupnya selama di Bumi oleh Raja Ruang Pertama bernama Chin-Kwong-Wang. Dia yang akan memutuskan apakah jiwa orang mati ini pantas dihukum atau tidak.

Jiwa yang baik akan dilahirkan kembali dan dikirim ke Alam Surgawi sedangkan yang jahat akan dikirim untuk dihukum ke salah satu ruang dari sembilan ruang siksa neraka sesuai dengan besarnya dosa mereka selama hidup.

Apa saja fasilitas yang dimiliki?

Resorts-World-Genting-Chin-Swee-Caves-Temple-7

Area yang diberi nama Goh Tong Hall demi mengenang jasa sang pendiri Resorts World Genting bernama Tan Sri Lim Goh Tong memiliki 110 ruang – 93 ruang triple, dan 17 ruang doble yang dapat digunakan untuk meditasi, bertapa, dan penyembuhan diri. Tiap ruangan dilengkapi dengan kipas angin, shower, dan lemari.

Resorts-World-Genting-Chin-Swee-Caves-Temple-8

Selain itu terdapat juga dua ruang pertemuan dan Goh Tong Meditation Hall yang dapat menampung 300 peserta dan berfungsi sebagai tempat acara pernikahan, grup meditasi, dan acara lainnya.

Resorts-World-Genting-Chin-Swee-Caves-Temple-9

Nah, bagi kamu yang penat dengan hiruk pikuk kehidupan kota dan sedang berlibur di area Genting maka tidak ada salahnya mencari ketenangan dan menikmati pemandangan indah hutan hujan di sini.


Peta Lokasi Pura Chin Swee Caves

  • Haryadi Yansyah

    Setuju 🙂 tempat ibadah itu bukan dominasi agama tsb saja. Masjid pun, walau dikenal sebagai tempat shalat, tapi sesungguhnya berfungsi sebagai pusat segala macam kegiatan bermasyarakat. Banyak masjid kuno yang juga jadi tujuan wisata.

    Aku maulah balik ke Chin Swee ini 🙂 masih kurang puas eksplornya haha.

    • Bener bang, justru keberagaman itu yang memperkaya pengetahuan dan menambah nilai-nilai toleransi antar umat hehe
      Moga tahun depan diundang lagi ya, dan moga Chin Swee bisa masuk dalam list yang dikunjungi karna aku jg blm puas eksplor-nya hahaha tp yang paling ditunggu glass-floor gondola 😀