Cara Mencapai Produktivitas yang Tinggi – Ketika masuk di sebuah perguruan tinggi, aku menjadi salah satu mahasiswi yang rajin mencatat dan mendengarkan penjelasan para dosen.

Tak heran banyak teman yang mulai meminta pertolongan seperti meminjam buku catatan karena mereka merasa buku catatanku cukup lengkap dan bisa jadi ketika ujian tiba, pertanyaan-pertanyaan yang keluar berasal dari penjelasan yang telah diberikan sang dosen.

Tentu saja aku membantu mereka karena bagiku berbagi merupakan hal yang baik apalagi demi kemajuan bersama. Tidak ada yang buruk dalam hal berbagi dan membantu.

Masalahnya karena fakta tersebut semakin banyak orang yang meminta pertolongan kepadaku, dimana itu hal bagus, namun waktu yang aku miliki tidak memungkinkan untuk itu alias sangat terbatas.

Baca Juga: Bagaimana Sebenarnya Cara Berpikir Orang Kaya?

Semua orang memiliki waktu yang sama, sehari kita cuma memiliki 24 jam saja dan tak terasa esok hari matahari sudah terbit kembali. Begitu seterusnya!

Selain itu, tujuan yang ingin aku kerjakan menjadi terganggu dan menjadi tidak fokus karena itu semua. Pengelolaan waktu pun menjadi buruk dan ahasil bisa jadi hari menjadi tidak produktif sama sekali.

Di sini aku belajar bahwa salah satu hal yang paling penting dilakukan dalam hidup adalah belajar untuk berkata tidak!

Terlepas kamu ingin lebih produktif atau ingin mencapai target yang telah kamu tetapkan setiap harinya, akan selalu ada orang yang meminta sesuatu darimu terlebih hal dalam soal waktu.

Inspirasi - Cara Mencapai Produktivitas Tinggi - 1

Misalnya menanyakan pendapat, curhat yang tidak berujung, dan kegiatan lainnya yang menyita waktumu yang kamu hadapi setiap harinya. Bagaimana kamu bisa mengelola ini semua?

Cara kamu mengelolanya akan menentukan waktu yang bisa kamu pakai untuk mendedikasikan kegiatan dan hasil-hasil yang memang sudah kamu rencanakan sebelumnya.

Ingat, selalu ada hal yang perlu dikerjakan setiap harinya dan mungkin hal-hal tersebut tidak bisa dihitung namun waktu selalu terbatas untuk menyelesaikan itu semua.

Salah satu cara untuk mencapai kesuksesan adalah dengan belajar berkata tidak dan berkata ya untuk mengerjakan hal yang ingin kamu kerjakan.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Kamu Akan Gagal

Di situlah tantangannya. Segala sesuatu tampak penting seperti keluarga, teman-teman, rekan kerja, pekerjaan, atau apapun itu. Ingatlah selalu bahwa setiap kali kamu mengatakan ya terhadap sesuatu maka kamu mengatakan tidak untuk hal lainnya.

Itulah dasar menjaga komitmen. Maka mulailah menolak permintaan-permintaan atau berkata tidak pada hal-hal yang berpicu mengganggu prioritas utamamu yang sedang ingin kamu capai. Belajar berkata tidak dapat dan akan membebaskanmu.

Lalu apa saja cara untuk bisa mencapai produktivitas terbaik? Baca terus artikel ini ya!

1Belajar Berkata Tidak

Poin pertama yang sudah kita bahas sedikit di atas adalah belajar berkata tidak! Apa yang tidak dipahami oleh kebanyakan orang adalah masalah-masalah terjadi dalam perjalananmu menuju tujuan atau cita-cita hidupmu.

Kamu harus bisa menerima fakta bahwa terlepas kamu suka atau tidak kamu akan memiliki agumen-argumen atau bahkan bisa bertengkar dengan pasanganmu sendiri terkait masalah yang ada.

Akan ada orang-orang yang mengecewakanmu sehingga kebanyakan orang pada situasi seperti ini memilih untuk menyerah.

Masalah datang dan pergi sepanjang hari di hidupmu sehinggaa membuatmu marah dan kamu harus memahami bahwa semua itu adalah bagian dari perjalanan hidupmu menuju kesuksesanmu.

Bayangkan jika kamu menghadapi setiap masalah dalam kehidupanmu, masalah yang harus kamu hadapi tak perduli apapun yang sedang terjadi dalam hidupmu maka hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah tetap tenang dan lanjutkan misimu.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Cara Berpikir yang Membuat Tetap Miskin

Jangan merasa marah, sedih, kecewa, atau merasa tidak diinginkan bila ada hal-hal yang tidak sejalan dengan harapanmu karena itu hanya akan membuang waktu saja.

Oleh karena itu, terima saja kondisinya dan jangan terusik dengan semua masalah tersebut. Maju dan kejar terus prioritas utamamu itu karena orang hidup di dunia pasti memiliki masalah dan itu adalah hal yang normal dan wajar.

Sebaliknya, masalah adalah hal yang baik karena ketika kamu memiliki masalah itu berarti kamu melakukan sebuah tindakan. Kamu tidak akan bertumbuh bila kamu tidak melakukan sebuah tindakan.

Semakin banyak tindakan yang kamu ambil maka semakin banyak juga masalah yang akan kamu hadapi. Hal itu jugalah yang membedakan orang yang produktif dengan orang yang tidak produktif.

Orang produktif memiliki masalah lalu mencari jalan keluar dan terus melangkah sedangkan orang yang tidak produktif memiliki masalah namun mereka hanya diam dan tidak mencari solusi sama sekali.

2Terima Kekisruhan

Masuk ke poin kedua yakni terima kekisruhan atau kekacauan. Banyak orang yang tidak paham bahwa kinerja atau produktifitasmu sangat bergantung pada kesehatanmu.

Tak perduli seberapa keras kamu bekerja hari ini, bila kamu tetap makan makanan cepat saji, minuman bersoda, dan tidak berolahraga sama sekali maka hal ini dapat sangat merusak kesehatanmu.

Kebiasaan-kebiasaan jelek ini bisa jadi akan menghentikanmu dalam mencapai tujuan hidupmu atau mungkin menjadi penghalang terbesarmu dalam mencapai itu semua. Lalu apa yang bisa kamu lakukan?

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Kamu Tidak Akan Pernah Kaya

Pikirkan bahwa dirimu adalah kamu orang yang luar biasa dan ingatlah kata-kata ini sebagai penambah energi dalam mencapai produktivitas tinggi.

Mulai harimu dengan meditasi atau berdoa, hubungkan semuanya itu pada target-target yang ingin kamu capai hari ini. Lalu sarapanlah yang bergizi dan dilanjutkan dengan olahraga kecil sekitar 15 menit setiap harinya demi mencapai produktivitas yang lebih tinggi.

3Kelola Energimu

Lingkunganmu adalah apa yang kamu lihat dan tempat yang kamu interaksi setiap harinya mulai dari orang-orang yang kamu kenal dan tempat-tempat yang kamu rasa nyaman.

Kamu mempercayai elemen-elemen idapat memberikan pengaruh yang begitu besar padamu entah itu positif atau negatif.

Lingkunganmu ini bisa mengalihkan perhatianmu dari mencapai tujuan utamamu dan mencuri produktivitasmu. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki orang-orang yang begitu suportif dan positif.

Semua orang yang ada di lingkunganmu dapat memberi pengaruh yang begitu besar baik dalam soal kedisiplinan, kesehatan, gaya hidup, sikap, dan cara mengelola sesuatu. Penting untuk berhati-hati agar kamu terhindar dari hal-hal yang negatif.

Baca Juga: 6 Hal Penting yang Perlu Diingat Sebelum Memulai Investasi

Kebanyakan orang yang memiliki hal-hal yang negatif dalam hidupnya akan menularkan hal itu juga kepada orang lain karena mereka tidak ingin sendiri seperti itu.

Lingkungan yang baik adalah lingkungan yang mendukung tujuan hidupmu dan memberikan semangat dan hal-hal positif demi membuatmu terus maju dan berjuang.

4Ambil Alih Lingkungamu

Poin terakhir adalah ambil alih lingkungan sekitarmu. Bila kamu memiliki tekad yang kuat untuk maju maka sebisa mungkin kamu mengambil alih lingkungamu dan tularkan nilai-nilai positifmu.

Baca Juga: 5 Aturan Penting Soal Permainan Uang yang Harus Kamu Tahu

Dengan demikian orang yang ada disekitarmu juga akan ikut dan kamu pun bisa berada dalam lingkungan yang lebih positif lagi.


Bagaimana menurutmu? Apakah kamu setuju dengan artikel ini? Tuliskan komentar dan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.