Sederet Saham Penghuni IDX30 BEI 2020 – Seperti pasar modal Indonesia yang nilainya diukur dengan angka pada Indeks Harga Saham Gabungan atau lebih dikenal IHSG maka begitupula terdapat indeks saham lainnya yang telah dikelompokkan berdasarkan dengan kriteria masing-masing oleh Bursa Efek Indonesia.

Bedanya adalah indeks saham ini hanya mencakup beberapa saham perusahaan saja, tidak mewakili seluruh nilai pasar modal Indonesia.

Daftar Saham Blue Chip yang Ada di BEI

Daftar Saham Blue Chip yang Ada di BEI

Daftar Saham Blue Chip yang Terdaftar di BEI – Kamu pernah dengar istilah saham blue chip ... Selengkapnya

Nah, salah satu indeks saham yang paling populer bernama IDX30. Seperti namanya, indeks saham yang satu ini hanya terdiri dari 30 saham emiten yang terdaftar di BEI.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang saham yang masuk ke dalam indeks saham IDX30 2020 maka lebih baik ketahui hal-hal mendasar tentang indeks saham BEI secara lengkap di sini.

Pengertian Indeks Saham

Indeks Saham IDX30 BEI

Apa sih indeks saham?

Bagi kamu yang masih belum familiar, indeks saham adalah suatu ukuran statistik yang berfungsi untuk memberikan informasi secara keseluruhan akan pergerakan harga atas sekumpulan saham terpilih yang telah didasarkan atas beberapa kriteria dan metodologi tertentu serta dievaluasi secara berkala oleh BEI.

Virus Corona Menggerogoti: Bagaimana Dampak Terhadap Perekonomian Indonesia?

Virus Corona Menggerogoti: Bagaimana Dampak Terhadap Perekonomian Indonesia?

Virus Corona Menggerogoti: Bagaimana Dampak Terhadap Perekonomian Indonesia? – Semenjak ... Selengkapnya

Dengan kata lain, indeks saham adalah suatu cerminan harga dari sekelompok saham yang ada di dalamnya.

Semakin tinggi indeks saham maka semakin tinggi pula harga-harga saham yang ada di dalam indeks saham tersebut.


Tujuan Indeks Saham

Indeks Saham IDX30 BEI 1

Adapun tujuan indeks saham antara lain untuk:

  • Mengukur sentimen pasar,
  • Dijadikan produk investasi pasif seperti Reksa Dana Indeks dan ETF Indeks serta produk turunan,
  • Benchmark bagi portofolio aktif,
  • Proksi dalam mengukur dan membuat model pengembalian investasi (return), risiko sistematis, dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko, serta
  • Proksi untuk kelas aset pada alokasi aset.
Mengenal Dividen Hingga Indeks IDX High Dividend 20

Mengenal Dividen Hingga Indeks IDX High Dividend 20

Mengenal Dividen Hingga Indeks IDX High Dividend 20 – Hal terkait dividen tampak selalu ... Selengkapnya

Bursa Efek Indonesia (BEI) bertugas untuk melakukan kajian serta melakukan inovasi secara aktif dalam pengembangan dan penyediaan indeks saham yang dapat digunakan oleh seluruh pelaku pasar modal baik bekerja sama dengan pihak lain maupun tidak.


35 Indeks Saham Bursa Efek Indonesia

Indeks Saham IDX30 BEI 2

Sejauh ini, BEI telah mengeluarkan setidaknya 35 indeks saham resmi yang diakui sebagai indikator dalam melihat kinerja saham-saham perusahaan.

Berikut adalah daftar lengkap 35 indeks saham di Bursa Efek Indonesia.

No. Nama Indeks Deskripsi
1 Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Indeks yang mengukur kinerja harga semua saham yang tercatat di Papan Utama dan Papan Pengembangan Bursa Efek Indonesia.
2 IDX80 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 80 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.
3 LQ45 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 45 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.
4 IDX30 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.
5 IDX Quality30 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang secara historis perusahaan relatif memiliki profitabilitas tinggi, solvabilitas baik, dan pertumbuhan laba stabil dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.
6 IDX Value30 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki valuasi harga yang rendah dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.
7 IDX Growth30 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki tren harga relatif terhadap pertumbuhan laba bersih dan pendapatan dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.
8 IDX High Dividend 20 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 20 saham yang membagikan dividen tunai selama 3 tahun terakhir dan memiliki dividend yield yang tinggi.
9 IDX BUMN20 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 20 saham perusahaan tercatat yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan afiliasinya.
10 Indeks Saham Syariah Indonesia/Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham di Papan Utama dan Papan Pengembangan yang dinyatakan sebagai saham syariah sesuai dengan Daftar Efek Syariah (DES) yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keungan (OJK).
11 Jakarta Islamic Index 70 (JII70) Indeks yang mengukur kinerja harga dari 70 saham syariah yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi yang tinggi.
12 Jakarta Islamic Index (JII) Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham syariah yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi yang tinggi.
13 IDX SMC Composite Indeks yang mengukur kinerja harga dari saham-saham yang memiliki kapitalisasi pasar kecil dan menengah.
14 IDX SMC Liquid Indeks yang mengukur kinerja harga dari saham-saham dengan likuiditas tinggi yang memiliki kapitalisasi pasar kecil dan menengah.
15 KOMPAS100 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 100 saham yang memiliki likuiditas yang baik dan kapitalisasi pasar yang besar. Indeks KOMPAS100 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media Kompas Gramedia Group (penerbit surat kabar harian Kompas).
16 BISNIS-27 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 27 saham yang dipilih oleh Komite Indeks Bisnis Indonesia. Indeks BISNIS-27 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media PT Jurnalindo Aksara Grafika (penerbit surat kabar harian Bisnis Indonesia).
17 MNC36 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 36 saham yang memiliki kinerja positif yang dipilih berdasarkan kapitalisasi pasar, likuiditas transaksi, dan fundametal serta rasio keuangan. Indeks MNC36 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media Media Nusantara Citra (MNC) Group.
18 Investor33 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 33 saham yang dipilih dari 100 (seratus) Perusahaan Tercatat terbaik versi Majalah Investor yang dipilih berdasarkan kapitalisasi pasar, likuiditas transaksi dan fundamental serta rasio keuangan. Indeks Investor33 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media PT Media Investor Indonesia (penerbit Majalah Investor).
19 infobank15 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 15 saham perbankan yang memiliki faktor fundamental yang baik dan likuiditas perdagangan yang tinggi. Indeks infobank15 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media PT Info Artha Pratama (penerbit Majalah Infobank).
20 SMinfra18 Indeks yang mengukur kinerja harga dari 18 saham yang konstituennya dipilih dari sektor­sektor infrastruktur, penunjang infrastruktur, dan pembiayaan infrastruktur (dari sektor perbankan) yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Indeks SMinfra18 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI).
21 SRI-KEHATI Indeks yang mengukur kinerja harga saham dari 25 perusahaan tercatat yang memiliki kinerja yang baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik atau disebut Sustainable and Responsible Investment (SRI). Indeks SRI-KEHATI diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KEHATI).
22 PEFINDO25 Indeks yang mengukur kinerja harga saham dari 25 perusahaan tercatat kecil dan menengah yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi yang tinggi. Indeks PEFINDO25 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan pemeringkat PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO).
23 PEFINDO i-Grade Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham perusahaan tercatat yang memiliki peringkat investment grade dari PEFINDO (idAAA hingga idBBB-) yang berkapitalisasi pasar paling besar. Indeks PEFINDO i-Grade diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan pemeringkat PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO).
24 Indeks Papan Utama Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham tercatat di Papan Utama Bursa Efek Indonesia.
25 Indeks Papan Pengembangan Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham tercatat di Papan Pengembangan Bursa Efek Indonesia.
26 Indeks Sektor Pertanian Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham di Papan Utama dan Papan Pengembangan yang terdapat di sektor Pertanian, mengacu pada klasifikasi Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).
27 Indeks Sektor Pertambangan Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham di Papan Utama dan Papan Pengembangan  yang terdapat di sektor Pertambangan, mengacu pada klasifikasi Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).
28 Indeks Sektor Industri Dasar dan Kimia Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham di Papan Utama dan Papan Pengembangan di sektor Industri Dasar dan Kimia, mengacu pada klasifikasi Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).
29 Indeks Sektor Aneka Industri Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham di Papan Utama dan Papan Pengembangan  yang terdapat di sektor Aneka Industri, mengacu pada klasifikasi Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).
30 Indeks Sektor Industri Barang Konsumsi Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham di Papan Utama dan Papan Pengembangan  yang terdapat di sektor Industri Barang Konsumsi, mengacu pada klasifikasi Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).
31 Indeks Sektor Properti, Real Estat, dan Konstruksi Bangunan Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham di Papan Utama dan Papan Pengembangan  yang terdapat di sektor Properti, Real Estat, dan Konstruksi Bangunan, mengacu pada klasifikasi Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).
32 Indeks Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham di Papan Utama dan Papan Pengembangan yang terdapat di sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi, mengacu pada klasifikasi Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).
33 Indeks Sektor Keuangan Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham di Papan Utama dan Papan Pengembangan  yang terdapat di sektor Keuangan, mengacu pada klasifikasi Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).
34 Indeks Sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham di Papan Utama dan Papan Pengembangan  yang terdapat di sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi, mengacu pada klasifikasi Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).
35 Indeks Sektor Manufaktur Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham di Papan Utama dan Papan Pengembangan  yang terdapat di 3 sektor yaitu (1) Industri Dasar dan Kimia, (2) Aneka Industri, (3) Industri Barang Konsumsi, mengacu pada klasifikasi Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).

Sumber: Bursa Efek Indonesia

Para pelaku pasar modal berhak memilih indeks saham mana yang lebih diminati dalam memantau kinerja pasar. Tidak semua indeks harus diperhatikan karena semua tergantung kebutuhan setiap individu.

Pahami Istilah Cum Date, Ex Date, Recording Date, dan Payment Date Dividen di BEI

Pahami Istilah Cum Date, Ex Date, Recording Date, dan Payment Date Dividen di BEI

Pahami Istilah Cum Date, Ex Date, Recording Date, dan Payment Date Dividen di BEI – Pembagian ... Selengkapnya

Sama seperti indeks saham lainnya, daftar saham yang terdapat di IDX30 akan selalu dievaluasi setiap 6 bulan sekali. Setiap kinerja emiten akan dimonitor dan disesuaikan dengan aturan serta persyaratan yang telah ditetapkan BEI.


Daftar Saham IDX30 BEI (Periode Agustus 2020 – Januari 2021)

Per 3 Agustus 2020, Bursa Efek Indonesia telah mengeluarkan daftar dari IDX30 terbaru. Berikut adalah daftar saham IDX30 BEI periode Agustus 2020 – Januari 2021.

No. Kode  Nama Emiten
1 ACES Ace Hardware Indonesia Tbk.
2 ADRO Adaro Energy Tbk.
3 ANTM Aneka Tambang Tbk.
4 ASII Astra International Tbk.
5 BBCA Bank Central Asia Tbk.
6 BBNI Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
7 BBRI Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
8 BBTN Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.
9 BMRI Bank Mandiri (Persero) Tbk.
10 BTPS Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk. (BARU)
11 CPIN Charoen Pokphand Indonesia Tbk.
12 ERAA Erajaya Swasembada Tbk.
13 EXCL XL Axiata Tbk. (BARU)
14 GGRM Gudang Garam Tbk.
15 HMSP H.M. Sampoerna Tbk.
16 ICBP Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
17 INCO Vale Indonesia Tbk.
18 INDF Indofood Sukses Makmur Tbk.
19 INKP Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.
20 INTP Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
21 JPFA Japfa Comfeed Indonesia Tbk.
22 KLBF Kalbe Farma Tbk.
23 MNCN Media Nusantara Citra Tbk.
24 PGAS Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.
25 PTBA Bukit Asam (Persero) Tbk.
26 SMGR Semen Indonesia (Persero) Tbk.
27 TLKM Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
28 TOWR Sarana Menara Nusantara Tbk. (BARU)
29 UNTR United Tractors Tbk.
30 UNVR Unilever Indonesia Tbk.

Sumber: BEI tanggal 3 Agustus 2020

Memahami Lebih Dalam Tentang Pinjaman Online

Memahami Lebih Dalam Tentang Pinjaman Online

Memahami Lebih dalam Tentang Pinjaman Online – Ada yang pernah melakukan pinjaman online? ... Selengkapnya

Seperti yang dapat kamu lihat pada tabel, emiten yang di-bold merupakan emiten pendatang baru atau mungkin emiten yang kembali masuk (bisa jadi pernah masuk lalu harus terdepak) ke indeks saham IDX30 di periode ini.


Daftar Saham yang Keluar dari IDX30 BEI 2020

Berikut adalah daftar saham yang keluar dari IDX30 BEI periode Agustus 2020 – Januari 2021.

No. Kode  Nama Emiten
1 BRPT Barito Pacific Tbk.
2 PTPP PP (Persero) Tbk.
3 WSKT Waskita Karya Tbk.

Sumber: BEI tanggal 3 Agustus 2020


Penutup

Sekarang sudah paham dengan istilah indeks saham dan berbagai indeks saham yang diterbitkan oleh BEI kan?

Dari daftar perusahaan yang ada, pasti kamu familiar dengan beberapa perusahaan yang ada di dalamnya dong.

45 Saham Top Terbaru di Indeks LQ45 BEI 2020

45 Saham Top Terbaru di Indeks LQ45 BEI 2020

45 Saham Top Terbaru di Indeks LQ45 BEI 2020 – Pada 3 Agustus 2020, BEI (Bursa Efek ... Selengkapnya

IDX30 itu memang mirip seperti indeks LQ45 namun dengan kriteria yang sedikit berbeda. Kamu bisa membaca berbagai macam hal terkait dengan indeks saham dan pasar modal pada tautan yang ada di bawah ini ya.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu!

Jangan lupa dukung blog ini dengan bantu share artikel ini dan jangan lupa like dan follow akun media sosialku (FacebookTwitterInstagram, dan Pinterest) ya.


FAQ:

1. Apa itu indeks saham?

Indeks saham adalah suatu ukuran statistik yang berfungsi untuk memberikan informasi secara keseluruhan pergerakan harga atas sekumpulan saham terpilih yang telah didasarkan atas beberapa kriteria dan metodologi tertentu serta dievaluasi secara berkala oleh BEI.

2. Apa tujuan indeks saham?

Berikut adalah beberapa tujuan indeks saham yang diatur oleh BEI:

  • Mengukur sentimen pasar,
  • Dijadikan produk investasi pasif seperti Reksa Dana Indeks dan ETF Indeks serta produk turunan,
  • Benchmark bagi portofolio aktif,
  • Proksi dalam mengukur dan membuat model pengembalian investasi (return), risiko sistematis, dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko, serta
  • Proksi untuk kelas aset pada alokasi aset.

3. Perusahaan apa saja yang keluar dari indeks saham IDX30 periode Agustus 2020 – Januari 2021?

Terdapat 3 perusahaan yang keluar dari indeks saham IDX30 yakni PT Barito Pacific Tbk, PT PP (Persero) Tbk, dan PT Waskita Karya Tbk.


Bacaan Menarik Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.