4 Kebiasaan Orang Paling Sukses di Dunia – Semua orang ingin mencapai sebuah kesuksesan dan setiap orang pun memiliki definisi kesuksesan masing-masing.

Terlepas dari makna kesuksesan yang berbeda-beda pada setiap orang, selalu ada benang merah yang menghubungkan dan memberikan kesamaan pada orang-orang tersebut.

Inspirasi - Kebiasaan Orang Sukses Dunia - 1

Untungnya, orang-orang sukses tersebut tidak pernah pelit berbagi pengalaman bagaimana mereka mencapai kesuksesan tersebut mulai dari nol dan juga tak sungkan membeberkan kebiasaan-kebiasaan mereka sehari-hari.

Pada artikel ini, aku akan membahas 4 kebiasaan orang sukses dunia yang telah aku rangkum dari berbagai sumber.

So, apa saja 4 kebiasaan orang paling sukses di dunia? Mari simak ulasan berikut

1Beranikan Diri untuk Bilang Tidak

Kebiasaan orang paling sukses di dunia yang pertama adalah membiasakan diri untuk mengatakan ‘tidak’.

Setiap orang pasti telah melewati masa-masa sekolah atau mungkin hingga saat ini pasti memiliki teman yang suka meminta tolong entah dalam bentuk apapun.

Setelah kamu sadari, lama kelamaan semakin banyak yang meminta pertolonganmu dan menjadi bergantung padamu.

Pada dasarnya menolong itu baik, namun jika lama kelamaan waktumu terkuras hanya untuk itu maka kemungkinan besar tujuan hidup atau cita-cita yang ingin kamu raih tidak akan terealiasi sesuai waktu yang telah kamu tetapkan.

Baca Juga: 10 Orang Terkaya di Dunia dan Cara Menjadi Seperti Mereka

Waktu itu berharga, kamu bisa mengalokasikan waktumu untuk mengerjakan hal-hal positif dan produktif. Apalagi bila kamu memiliki banyak mimpi dalam hidup seperti mengerjakan proyek baru, membuat bisnis baru, membangun yayasan, dan lain sebagainya.

Bila kamu terlalu banyak menghabiskan waktumu untuk orang lain maka bisa jadi kamu akan kurang fokus dan sedikit terganggu dalam mencapai mimpi-mimpimu itu.

Memang banyak hal yang tampak begitu penting setiap harinya seperti keluarga, teman, rekan-rekan kantor, dan rasanya 24 jam sehari tidak akan pernah cukup. Maka penting untuk menentukan skala prioritas yang memang kamu butuhkan saat ini.

Oleh karena itu,  kamu harus beranikan diri untuk bilang tidak atau menolak dengan cara halus agar kamu tetap berjalan pada jalur untuk mencapai tujuan hidup yang ingin kamu capai.

2Terima Kenyataan

Ada saat dimana kamu berada pada fase yang sulit seperti berdebat dengan rekan kerja, mengalami krisis keuangan, orang sekitar membuatmu kecewa, masalah dengan keluarga, atau teman yang membuatmu marah.

Baca Juga: Menjadi Orang Terkaya, Ini 5 Rahasia Keuangan Orang Terkaya Dunia yang Bisa Anda Tiru Mulai Sekarang

Semua penghalang itu suka tidak suka akan menjadi bagian dari proses untuk mencapai tujuanmu. Begitulah seharusnya kamu memandang masalah dan menerima kenyataan tersebut agar tidak depresi.

Ketika masalah muncul dan apa yang kamu kerjakan tidak sejalan dengan apa yang kamu harapkan maka jangan habiskan waktumu untuk bersedih, kecewa, marah, dan kehilangan semangat karena hal tersebut hanya mengganggu fokusmu untuk mencapai tujuan.

Masalah adalah hal yang biasa, faktanya semakin kamu fokus pada apa yang kamu inginkan maka semakin mungkin kamu mendapatkannya. Itulah yang dinamakan The Law of Attraction.

Jadi, sebenarnya masalah itu baik karena bila kamu mengalami masalah maka secara tidak langsung kamu melakukan sebuah tindakan/eksekusi. Singkatnya kamu telah melakukan suatu kemajuan dan menjadi orang yang produktif.

Perbedaan produktif dan tidak produktif adalah orang produktif meghadapai masalah – terus berjuang – dan mengambil tindakan penyelesaian sementara orang yang tidak produktif menghadapi masalah – berdiam diri – dan memilih untuk berhenti.

Jadi, selalu lihatlah masalahmu sebagai hal yang positif untuk membuatmu terus termotivasi dan berjuang. Karena masalah ada untuk membuatmu naik kelas yang lebih tinggi.

3Kelola Energimu dengan Baik

Kebiasaan orang paling sukses di dunia ketiga dalam daftar ini adalah mengelola energi dengan baik. Banyak orang yang mungkin masih belum paham bahwa kinerja atau produktivitasmu sangat bergantung pada kesehatanmu.

Tak peduli segiat apa kamu bekerja hari ini, bahkan jika kamu bekerja sepanjang hari pun, bila kamu masih tetap membiasakan makan junk food, minum minuman bersoda, dan sama sekali tidak berolahraga maka semua hal itu pada akhirnya akan merusak kesehatanmu.

Baca Juga: Bagaimana Sebenarnya Cara Berpikir Orang Kaya?

Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut mungkin menghentikanmu mencapai apa yang kamu inginkan sepenuhnya, atau mungkin akan menjadi penghalang besar untuk mencapai tujuanmu.

Jadikan dirimu sebagai mesin biologis yang hebat dan kelola energi dengan baik demi mecapai produktivitas harian tinggi. Kamu bisa mulai pagimu dengan meditasi singkat untuk memperolah energi spiritual atau berdoa untuk mengucap syukur atas hari yang baru.

Lalu hubungkan pikiran dan hatimu pada tujuan yang ingin dicapai kemudian lanjutlah dengan menikmati sarapan yang sehat dan bergizi demi menunjang padatnya aktivitasmu.

Demi mempermudah makan harianmu dan menghemat waktu, kamu bisa membuat jadwal setiap akhir pekan menu apa yang ingin kamu makan setiap harinya.

Jangan lupa untuk olahraga setidaknya 15 menit setiap harinya untuk melepas stres dan memperkuat tubuhmu dalam mencapai produktivitas maksimum.

4Ciptakan Lingkungan yang Sehat

Kebiasaan orang paling sukses di dunia yang terakhir adalah dengan menciptakan lingkungan yang sehat. Tidak ada orang yang hidup di lingkungan yang terisolasi sebagai sebuah pilihan karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial.

Setiap harinya, kamu pasti akan berhubungan dengan orang lain dan sedikit banyaknya akan terpengaruh dengan orang di lingkungan sekitarmu.

Tanpa perlu mempertanyakan, orang-orang yang kamu temui setiap harinya dapat mempengaruhi perilaku, kesehatan, dan tentu saja kinerjamu. Orang-orang di sekitarmu mungkin lebih penting dari yang pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Baca Juga: Hal Berbeda yang Dilakukan Orang Kaya dan Miskin

Faktanya, kamu akan meniru perilaku orang lain melalui kerjasama, sosialisasi, atau hanya sekedar berada di sekitar mereka.

Mulai dari rekan kerja, teman-teman, hingga keluarga, jika mereka tidak memiliki sikap yang positif maka kemungkinan besar mereka akan menularkan sikap-sikap negatif yang mereka miliki.

Perilaku itu menular, dan sangat mudah untuk tersebar! Maka pastikan kamu dikelilingi oleh orang-orang yang positif dan mendukung cita-cita hidupmu.

Orang-orang yang baik di lingkungan harianmu akan mendukung usaha-usahamu untuk mencapai tujuan hidupmu dan dengan demikian kamu akan mencapai semuanya bahkan mungkin lebih cepat dari yang telah direncanakan.  


Jadi bagaimana menurutmu? Apakah ada tambahan kebiasaan yang bisa melengkapi daftar ini?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.