Kenapa Orang Kaya Bayar Pajak Lebih Sedikit Dibandingkan Kebanyakan Orang? – Kita akan membahas konteks ini di negara kapitalis seperti Amerika Serikat karena contoh ini sangat cocok ditujukan pada negara adidaya tersebut yang memang nilai pajak yang dibebankan kepada rakyatnya begitu besar yakni mencapai 50% dari pendapatan bulanan mereka.

Bila kamu mengikuti laju pemerintahan Amerika Serikat terutama saat menjelang Pemilu maka setiap kandidat selalu berupaya untuk menaikkan pajak para orang kaya.

Baca Juga: Bagaimana Sebenarnya Cara Berpikir Orang Kaya?

Namun apakah itu mungkin? Para miliarder seperti Warren Buffett yang selalu masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia membayar pajak lebih sedikit dibandingkan akuntannya sendiri. Mengapa demikian?


Kenapa Orang Kaya Bayar Pajak Lebih Sedikit Dibandingkan Kebanyakan Orang?

Inspirasi - Orang Kaya Membayar Pajak Lebih Sedikit - 1

Apakah karena orang kaya bisa mengatur pemerintahan yang sedang menjabat sehingga orang kaya bayar pajak lebih sedikit? Tentu saja tidak, itu bahkan bisa dikatakan perbuatan ilegal. Lalu apa dong?

Baca Juga: 3 Aturan Penting Tentang Uang yang Harus Kamu Tahu

Bukankan bila pajak orang kaya ditingkatkan maka dana pemerintah akan semakin besar dan peluang untuk membangun infrastruktur, RS, sekolah, dan fasilitas publik lainnya semakin besar. Ya, tapi itu tidak berlaku di negara seperti Amerika Serikat. Hal itulah yang dinamakan kapitalisme.

Aku tidak mengatakan kapitalisme itu buruk namun itu mungkin cara yang baik untuk Amerika Serikat karena dengan cara demikian perusahaan-perusahaan besar terlahir seperti Microsoft, Berkshire Hathaway, Facebook, Apple, ExxonMobil Oil, General Electric, dan lain sebagainya.

Aku akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana ekonomi bekerja. Katakan Donald Trump, presiden Amerika Serikat yang baru terpilih akan memikirkan bagaimana dia akan memberi makan rakyatnya dan juga memberi tempat tinggal bagi mereka yang belum memilikinya.

Baca Juga: Agar Keuangan Sehat, Jangan Lakukan Hal Ini Pada Uang!

Sebagai presiden dia harus bertanggung jawab akan semuanya dan memiliki dua pilihan yang perlu dipertimbangkan. Pertama, dia mengelola semuanya sendiri dengan membangun pabrik, gedung, jalan raya, RS, dan sekolah.

Inspirasi - Orang Kaya Membayar Pajak Lebih Sedikit - 2

Tindakan ini dinamakan sosialisme namun cara ini merupakan pilihan buruk mengingat dia harus mempekerjakan seluruh rakyat dan kondisi akan menjadi tidak efektif, efisien, dan inovatif.

Kemungkinan yang  terjadi Amerika Serikat akan berubah menjadi seperti Korea Utara karena faktanya, sosialisme tidak pernah benar-benar berhasil dan dengan cara itu perusahaan besar seperti Facebook, Microsoft, dan lainnya tidak akan lahir. Tampaknya rakyat juga tidak akan mendukung pilihan tersebut.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Orang Paling Sukses di Dunia yang Harus Diterapkan

Sebagai presiden yang bijak dan cerdas, dia akan berusaha mencari solusi yang lebih baik. Cara ini merupakan pilihan kedua yang perlu dilakukan.

Dibandingkan harus menyediakan semuanya sendiri, dia akan mencari orang-orang cerdas di negaranya untuk menciptakan bisnis-bisnis yang dapat menyerap tenaga kerja.

Pajak dari karyawan akan dipakai untuk membangun semua infrastruktur, RS, sekolah, dan fasilitas publik lainnya. Bukankan ini rencana yang lebih baik? Tentu saja! Itulah namanya kapitalisme.

Inspirasi - Orang Kaya Membayar Pajak Lebih Sedikit - 3

Berapa banyak orang yang akan menciptakan bisnis? Di Amerika Serikat jumlahnya sekitar 1% – 2% dari populasi, dan 98% sisanya akan bekerja untuk perusahaan itu serta menjadi penyumbang pajak terbesar ke negara.

Karena itulah populasi negara selalu lebih banyak yang miskin dibandingkan yang kaya raya karena memang seperti itulah sistem yang bekerja di negara kapitalis.

Karena alasan itulah maka pemerintah tidak akan menaikkan pajak orang kaya karena bila demikian mereka bisa menutup bisnisnya kapanpun atau memindahkan bisnisnya ke negara lain dengan pajak yang lebih kecil.

Hal itu bisa menciptakan pengangguran besaar-besaran yang berakibat buruk bagi ekonomi negara serta pemerintah itu sendiri.

Jadi, apa maksud para pemimpin yang berkoar-koar menaikkan pajak orang kaya? Mungkin saja yang dimaksud adalah mereka yang memiliki profesi seperti pengacara, dokter, dan insinyur karena profesi-profesi tersebut masuk dalam 10 besar profesi bergaji tinggi di Amerika Serikat.

Inspirasi - Orang Kaya Membayar Pajak Lebih Sedikit - 4

Nah, bagaimana caranya agar kamu bisa membayar pajak lebih sedikit? Kamu hanya perlu beralih dari seorang karyawan menjadi pengusaha besar. Tapi hal tersebut terdengar lebih mudah daripada melakukannya.

Baca Juga: KoinWorks: Cara Cerdas ‘Menabung’ di Dunia Modern

Melakukan itu butuh waktu bertahun-tahun, kerja keras, skill, kesabaran serta harus mampu menghadapi ketidakpastian. Faktor-faktor tersebut yang menjadikan banyak orang mencari aman dengan puas menjadi karyawan saja.

Namun bukan berarti tidak ada cara lain kan? Selagi menjadi karyawan kamu bisa menyisihkan pendapatanmu untuk berinvestasi di suatu bisnis yang sudah terbangun dan mempercayakan semuanya kepada para manajamen yang ada.

Selama kamu hanya sebagai seorang karyawan, kamu akan dibebani pajak yang begitu besar karena begitulah sistem ekonomi didesain terutama di negara kapitalis karena kenaikan gaji dan pajak yang dibebankan memiliki garis lurus. Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Nah, itulah alasan kenapa orang kaya bayar pajak lebih sedikit dibandingkan yang lain. Bagaimana menurutmu? Semoga bermanfaat ya! 🙂

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.