Mengenal Budaya Pantai Timur Malaysia di SeniKome Peng Heng, Genting – Setelah menikmati sarapan yang sukses membuat kami kekenyangan di The Food Factory, kami kemudian melanjutkan agenda pertama kami yakni berkunjung ke SeniKome Peng Heng yang hanya beberapa langkah dari restoran.

Resorts-World-Genting-SeniKome-Peng-Heng-2

Agenda pertama di hari kedua dibuka dengan mengenali budaya dan seni dari Pantai Timur Malaysia di SeniKome Peng Heng. Sebelum masuk area, satu per satu pergelangan tangan kami diikat dengan sebuah gelang kertas putih sebagai tanda masuk area.

Resorts-World-Genting-SeniKome-Peng-Heng-17 Resorts-World-Genting-SeniKome-Peng-Heng-4

SeniKome Peng Heng menyuguhkan pameran yang berkonsep tematik dengan mengangkat esensi budaya dan seni dari Semenanjung Pantai Timur Malaysia yakni Pahang, Terengganu, dan Kelantan.

Baca Juga: 15 Foto yang Menginspirasimu Berkunjung ke Resorts World Genting, Malaysia

Di awal kegiatan, kami dipandu oleh dua orang yang menjelaskan secara singkat sejarah dan budaya dari ketiga wilayah ini. Di dinding juga sudah terlihat gambar bendera dan foto-foto sejarah yang penjelasannya disajikan ke dalam tiga bahasa yakni Melayu, Inggris, dan Mandarin.

Resorts-World-Genting-SeniKome-Peng-Heng-5 Resorts-World-Genting-SeniKome-Peng-Heng-6

SeniKome Peng Heng memiliki area yang cukup luas sehingga akan leluasa untuk bergerak mengingat begitu banyak pajangan yang ditampilkan di dalam kotak kaca maka jarak dari satu pameran ke pameran lain harus dibuat jauh terpisah. Area masuk dan area keluar juga dibatasi oleh dinding kaca yang seakan “memaksa” kita harus mengelilingi tempat ini terlebih dahulu sebelum keluar.

Baca Juga: 12 Alasan Mengunjungi Resorts World Genting, Malaysia

Seni Kome sendiri memiliki arti “Seni Kami” yang berasal dari dialek lokal Pahang dan berfungsi untuk mempromosikan keindahan Pantai Timur Malaysia seperti seni, budaya, fasion, makanan, permainan, musik, dan kerajinan lokal.

Resorts-World-Genting-SeniKome-Peng-Heng-7 Resorts-World-Genting-SeniKome-Peng-Heng-9

Walaupun berfungsi sebagai tempat untuk mempromosikan budaya dan seni, SeniKome memiliki desain yang modern dan minimalis dengan pencahayaan yang cukup temaran seakan menciptakan suasana yang dramatis dan hangat.

Baca Juga: Rencana Perjalananku Selama 4 Hari 3 Malam di Resorts World Genting, Malaysia

Adapun seni dan budaya yang ditampilkan seperti wayang kulit, batik, wau, congkak, batu seremban, gamelan melayu, lukisan-lukisan, dan dinding yang bergambar wajah sekaligus nama-nama suku yang ada di Pantai Timur Malaysia.

Resorts-World-Genting-SeniKome-Peng-Heng-13 Resorts-World-Genting-SeniKome-Peng-Heng-15

Hampir semua koleksi yang dipamerkan mirip seperti budaya dan seni yang ada di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera mengingat Indonesia dan Malaysia adalah negara serumpun. Selain itu, mainan tradisional yang ada tidak hanya untuk dipajang namun kamu bisa memainkannya hehe. Asal ingat kamu harus tetap hati-hati ya!

Baca Juga: Bermalam di Theme Park Hotel: Hotel Unyu di Resorts World Genting, Malaysia

Bukan liburan namanya kalau tidak berfoto, untuk itu kami pun sibuk mengabadikan momen kami di spot-spot yang kami anggap cukup instagramable. Maklum, tempat ini masih sepi pengunjung karena tamu yang baru mampir masih rombonganku saja jadi foto tidak ada yang bocor hehe.

Resorts-World-Genting-SeniKome-Peng-Heng-10 Resorts-World-Genting-SeniKome-Peng-Heng-12

Ada satu spot yang seperti lokasi studio foto di bagian paling ujung SeniKome Peng Heng yang menyediakan dua bangku untuk duduk dengan latar belakang lukisan ombak yang didominasi warna merah dan hitam. Bila berfoto di area ini apalagi beramai-ramai lebih berasa seperti foto studio sih.

Sehabis dari sini kami pun menuju East Coast Art & Souvenir yang masih dimiliki oleh SeniKome Peng Heng. Nantikan terus ceritanya di artikel terpisah ya!