Hal Berbeda yang Dilakukan Orang Kaya dan Miskin – Ada beberapa kebiasaan atau tindakan yang membedakan orang kaya dan orang miskin. Bisa jadi salah satunya adalah kebiasaan bangun pagi.

Namun kebiasaan itu bukan serta merta menjadikan orang miskin langsung menjadi kaya atau orang kaya menjadi miskin. Bukan tindakan spesifik yang membuat berbeda melainkan mental setiap orang.

Inspirasi - Hal Berbeda yang Dilakukan Orang Kaya dan Miskin - 1

Mental itu bisa dilihat dari cara mereka memandang uang, bagaimana mereka memandang hidup secara umum, dan pada artikel ini aku akan memberikan contoh nyata perbedaan kedua tipe ini.

Lalu apa saja perbedaan itu? Simak terus artikel berikut!

1Orang Miskin Menghindari Kekalahan

Coba aku tanyakan sebuah pertanyaan, apakah ketika kamu bermain game atau olahraga dalam posisi pertahanan, apakah ada kesempatanmu untuk bisa memenangkan permainan itu? Pasti kebanyakan dari kamu berkata bahwa kemungkinan untuk menang sangat kecil atau mungkin tidak sama sekali, benar tidak?

Mengherankan, kebanyakan orang ketika terlibat dalam permainan uang akan melakukan cara seperti itu yakni mencari posisi bertahan. Tujuan utama mereka adalah bukan untuk menang atau berada di posisi teratas melainkan cukup dengan tidak kalah saja.

Prioritas utama mereka adalah keamanan bukan menciptakan penghasilan besar. Tujuan mereka adalah untuk membayar semua tagihan dan terhindar dari hutang.

Permasalahannya adalah ketika tujuanmu hanya ingin berada di atas itu semua maka hal itulah yang paling maksimum yang akan kamu dapat.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Kamu Akan Gagal

Tentu saja beberapa orang akan lebih baik dari itu. Mereka menabung sedikit dari pendapatan mereka dan menginvestasikannya di pasar saham dan berharap agar pasar saham tidak anjlok sehingga ketika mereka sudah tua nanti mereka tidak akan kelaparan.

Namun setelah itu mereka hanya terkunci pada zona nyaman dan bergantung pada setiap gaji per bulannya. Tentu saja tidak ada yang salah dengan itu semua.

Masalahnya, bila tujuanmu adalah hanya soal kenyamanan maka kemungkinan besar kamu tidak akan pernah kaya.

Oleh karena itu, demi menghasilkan kekayaan yang berlimpah maka kamu harus berhenti pada posisi bertahan dan berhenti hanya peduli pada melunasi semua tagihan bulanan. Sebaliknya, kamu harus pindah pada posisi melanggar dan membidik tujuan-tujuan yang lebih besar.

Seperti pepatah orang bijak, “Bidiklah bulan dan jika kamu meleset, setidaknya kamu akan mendarat diantara bintang-bintang” maka bermimpilah setinggi-tingginya, niscaya kamu akan terbawa untuk mencapai cita-citamu!

2Orang Miskin Tidak Menghargai Kebebasan

Perbedaan lainnya yang tak kalah penting adalah orang miskin tidak menghargai arti sebuah kebebasan. Kebebasan bukan berarti hidup dalam sebuah negara demokrasi atau tidak.

Kebebasan berarti menjalani hidup yang kamu inginkan, bukan menjalani hidup yang orangn lain ingin untuk kamu jalankan. Lakukanlah yang kamu suka, bagaimana kamu menginginkannya, dan dimana kamu menginginkannya!

Oleh karena itu banyak orang yang mengatakan bahwa uang tidak penting! Jangan jadikan uang segalanya di dalam hidupmu atau mungkin istilah yang paling terkenal adalah uang merupakan akar dari munculnya iblis.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Cara Berpikir yang Membuat Tetap Miskin

Walaupun banyak orang yang kamu temukan bekerja dari pagi hingga malam untuk mengejar uang dalam jumlah tertentu demi mencapai kehidupan di atas rata-rata serta melakukan pekerjaan yang mereka harap dapat segera mereka tinggalkan.

Bukan hanya karena mereka benci dengan pekerjaan mereka melainkan mereka membenci bos mereka! Dan jika mereka memiliki cukup banyak uang maka kemungkinan besar mereka akan keluar hari berikutnya.

Itulah yang dinamakan uang sama artinya dengan kebebasan!

Jagi, bagaimana kamu dapat mengharapkan dirimu mengejar uang jika kamu memandang uang itu sendiri secara negatif? Oleh karena itu orang kaya selalu berjuang untuk menghasilkan uang lebih karena hal ini akan memberikan mereka kebebasan lebih.

3Orang Miskin Fokus Pada Rintangan

Satu lagi hal yang membedakan orang kaya dan miskin adalah orang miskin hanya fokus pada rintangan.

Kamu mungkin sudah pernah mendengar bahwa sebuah gelas yang berisi setengah air, apakah gelas itu disebut setengah berisi air atau setengah kosong? Itu semua tergantung bagaimana cara pandangmu melihat dunia!

Orang miskin kebanyakan dihantui oleh ketakutan! Mereka secara terus menerus mencari sesuatu yang salah atau mungkin dapat salah atau hanya sebuah alasan untuk menunda mengambil tindakan.

Mereka akan sering bertanya, “Bagaimana bila ini tidak berhasil?, apa yang akan terjadi bila orang-orang tahu aku gagal?”. Hal ini sering kita dengar dari keluarga atau teman-teman kita.

Sebaliknya orang kaya akan mengambil tanggung jawab penuh dan mengambil tindakan serta berkata padamu, “Ini akan berhasil. Tebak kenapa? Karena aku akan membuat ini berhasil!.”

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Kamu Tidak Akan Pernah Kaya

Fokus mereka adalah pada kesuksesan. Mereka percaya diri pada kemampuan dan diri mereka sendiri. Dan jika untuk beberapa alasan semua itu berjalan tidak sesuai dengan harapan maka mereka akan belajar dari kesalahan dan pengalaman mereka sendiri dan mencobanya lagi!

Beberapa temanku sudah berencana membuat sebuah bisnis selama bertahun-tahun, namun mereka belum mulai juga karena katanya mereka masih mempersiapkan konsep dan belum siap sama sekali!

Sembari kamu mempersiapkan setiap detail yang kamu butuhkan untuk bisnismu, orang kaya sudah mengambil kesempatan yang ada di depan mata. Mereka membuat keberuntungan dan keluar sebagai pemenang bahkan saat kamu belum memulainya sama sekali.

Kesimpulannya adalah perbedaan mendasar bukanlah pada kebiasaan mereka menonton TV atau tidak namun lebih kepada perbedaan mereka dalam melihat segala sesuatu dari cara pandang yang berbeda yang menjadikan itu sebagai perbedaan utama.

Artikel ini sebagian besar diambil dari inti buku Secrets of Millionaires Mind karya Harv Eker dan kamu bisa belajar lebih banyak lagi dari buku itu tentang cara pandang orang-orang sukses dunia dalam melihat kehidupan.


Bagaimana menurutmu? Apakah kamu punya pandangan lain terkait artikel ini? Bagikan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini ya!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.