Hindari Sifat Ini Demi Hidup Lebih Baik – Jalan menuju kesuksesan mungkin menjadi salah satu jalan yang paling misterius yang akan kita jalani. Beberapa orang menyukainya, ada yang memandang rendah, dan pada akhirnya semua orang tertinggal di belakang.

Namun, kebanyakan orang tidak berusaha berlomba untuk berada pada posisi teratas orang terkaya di majalah Forbes dan bersaing dengan Jeff Bezos dan Bill Gates.

Mereka hanya ingin mendapatkan keamanan finansial sehingga mereka tidak perlu khawatir kebutuhan pokok mereka sehari-hari.

Demi bisa bertahan di dunia modern sekarang ini, suka tidak suka kamu harus berurusan dengan yang namanya hutang.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Kamu Akan Gagal

Seperti misalnya, kamu ingin punya sebuah mobil atau sebuah rumah maka rasanya agak enggak masuk akal bila orang yang memiliki kekayaan yang hanya rata-rata membayarnya secara tunai.

Faktanya, di negara-negara berkembang dan maju sekalipun banyak sekali orang yang terlilit akan hutang. Apakah sebegitu sulitnya untuk bisa mencapai kemandirian secara finansial?

Tidak! Survei menunjukkan bahwa jumlah orang kaya semakin bertambah setiap tahunnya. Bahkan di Amerika Serikat sendiri, jumlah orang kaya lebih dari 1 juta orang di tahun 2017 dan jumlah itu bukanlah sedikit.

Inspirasi - Hindari Sifat Ini Demi Hidup Lebih Baik 1

Ada satu hal yang bisa kita lakukan pertama kali sebagai pintu awal mencapai kesuksesan terlepas perbedaan latar belakang dan negara tempat kita tinggal.

Lalu, apa nasihat paling praktis yang bisa kita terapkan secara langsung demi mencapai kesuksesan itu?

Langkah awal yang bisa kita lakukan untuk memulai itu semua adalah dengan mengontrol ego kita sendiri.

Bila kita sadari, ego kitalah yang sebenarnya membuat kita tetap miskin atau hidup serba pas-pasan selama ini. Lah kok bisa? Mari dijelaskan lebih lanjut.

Kita semua tahu bahwa kita masing-masing berada pada kondisi keuangan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Beberapa dari kita memang terlahir dari keluarga berkecukupan sedangkan orang lain tidak seberuntung itu.

Beberapa dari kita ada yang langsung mendapatkan pekerjaan bagus begitu lulus dari universitas dan ada yang bersusah payah terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan sebuah pekerjaan.

Ada yang sukses membangun bisnis hanya dengan sekali mencoba sedangkan ada yang harus berkali-kali gagal baru bisa mencapai kesuksesan.

Semua itu adalah kondisi normal dan semua orang di dunia ini merasakan hal yang sama seperti itu. Bukan hanya aku, kamu, dan mereka melainkan semua orang! Termasuk orang-orang terkaya di dunia sekalipun.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Cara Berpikir yang Membuat Tetap Miskin

Itu semua terjadi dikarenakan kita menjalani hidup yang berbeda dan memiliki karakter yang berbeda-beda pula.

Namun sayangnya, ego kita memaksa kita untuk terus menerus membandingkan diri kita dengan orang lain yang ada di sekitar kita dan berusaha mencapai standar masyarakat dan gaya hidup yang marak sekarang ini.

Katakanlah, kamu baru saja lulus dari universitas dan langsung mendapat pekerjaan yang baik. Karena pencapaian itu maka selamat untukmu karena apa yang kamu dapatkan sesuai dengan harapanmu.

Lalu setelah itu kamu melihat sekitarmu, tetangga dan teman-temanmu memiliki mobil bagus dan kamu merasa seperti ketinggalan dan merasa malu. Anggap saja kamu jadi merasa tidak keren sama sekali.

Inspirasi - Hindari Sifat Ini Demi Hidup Lebih Baik 2

Perasaan tersebut membuat kamu merasa rendah diri karena kamu tidak memiliki apa yang mereka miliki.

Oleh karenanya, kamu pergi ke bank untuk meminjam uang demi membeli mobil agar kamu bisa mengemudi seperti orang lain terutama orang-orang lain yang ada di lingkunganmu.

Gaya hidup yang mereka miliki seakan menjadi sebuah standar yang harus juga kamu miliki padahal bukan seperti itu sebenarnya.

Tentu saja setelah membeli mobil kamu merasa ada kepuasan tersendiri dan kamu tidak lagi tertinggal dari teman-temanmu.

Namun, beberapa tahun ke depan kamu mungkin tidak lagi menyimpan uang sepeser pun hanya karena kamu harus membayar hutangmu di bank setiap bulannya.

Itu semua dikarenakan ego yang mendorongmu melakukan hal impulsif yang sebenarnya tidak perlu kamu lakukan.

Jika kamu kilas kembali hidupmu, pasti banyak sekali hal-hal bodoh yang kamu lakukan hanya karena ego tersebut. Hanya karena ingin dipandang keren, mengikuti jaman, dan gaul. Itu semua hanya gengsi!

Baca Juga: Bagaimana Sebenarnya Cara Berpikir Orang Kaya?

Itu juga dulu terjadi padaku dan ada sedikit perasaan menyesal setelahnya. Namun, kejadian dan kebodohan-kebodohan seperti itu menjadi pembelajaran buat hidup lebih baik ke depannya. Belajar dari kesalahan dan lebih bijaksana dalam menanggapi segala sesuatu.

Contoh lain, teman-temanmu banyak yang melanjut S2 dan kamu merasa belum siap atau tidak butuh sama sekali saat ini.

Dikarenakan orang-orang terdekatmu melakukan itu maka kamu pun melakukannya juga. Supaya dibilang enggak ketinggalan dan hanya sekedar ikut-ikutan.

Bisa juga kamu mungkin punya harapan untuk membuat blog-mu sendiri namun egomu membuatmu takut, karena bisa jadi kamu takut ditertawakan teman-temanmu atau mereka memberikan pandangan bahwa memiliki blog seperti membuang waktu saja.

Inspirasi - Hindari Sifat Ini Demi Hidup Lebih Baik 3

Banyak sekali keputusan yang kita buat hanya dikarenakan kita takut dicap sedemikian rupa oleh orang-orang sekitar kita dan itu nyata, loh! Hidupmu seakan ditentukan oleh pandangan dan penilaian orang lain, padahal kamu makan juga bukan dari mereka.

Intinya adalah berhenti mengorbankan hidupmu hanya untuk membuat orang lain senang. Hidupmu bukan apa yang orang lain katakan dan berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain.

Akan selalu ada orang yang lebih cerdas darimu, lebih fashionable darimu, lebih kaya darimu, dan lebih dalam hal apapun. Jadi selalu ingat bahwa semua orang hidup dalam kondisi yang berbeda-beda.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Kamu Tidak Akan Pernah Kaya

Jika kamu tidak membuat keputusan yang terbaik untuk dirimu sendiri dan hanya peduli pada pemikiran orang lain tentang kamu, sebaiknya lupakan saja mimpimu untuk mencapai kemandirian secara finansial.

Karena pada akhirnya kamu akan membuang waktu, energi, dan uang saja!

Jika kamu tertarik dan ingin belajar bagaimana mengatur egomu lebih baik lagi maka aku akan membahasnya pada artikel terpisah.


Bagaimana menurutmu? Apakah artikel ini bermanfaat atau kamu memiliki pandangan lain? Silahkan tulis komentarmu pada kolom komentar di bawah ini ya!

1 KOMENTAR

  1. Terimakasih ya mba kiki, konten artikelnya menurutku sangat membantu banget untuk mengubah setiap mindset orang banyak menjadi lebih baik. semnagt mba, untuk terus lanjutkan penulisannya. semoga hal baik yang terjadi juga cepat datang ke mba ya dan Tuhan terus membantu mbanya setiap menjalani tujuan tujuan yang ingin mba capai. Aamiin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.