25 Kutipan Kehidupan Terbaik Warren Buffett – Menjadi salah satu orang terkaya di dunia secara konsisten selama beberapa dekade, Warren Buffett menjadi sosok yang begitu dikagumi dan diidolakan.

Bukan hanya karena jumlah kekayaan yang begitu fantastis, namun juga karena kesederhanaan, kebijaksanaan, dan cara berpikir Opa Buffett yang banyak menginspirasi dan memberi pengaruh orang-orang muda lainnya.

Baca Juga: 10 Strategi Investasi Warren Buffett yang Wajib Diikuti – Part I

Kalimat-kalimat Opa Buffett yang begitu powerful sangat melekat di diri setiap orang yang membaca sehingga tak heran banyak kalimat tersebut dikutip sebagai bentuk motivasi dan self-reminder.

Berikut aku pilih beberapa kutipan terbaik Warren Buffett tentang kehidupan yang akan mengingatkan kita semua khususnya generasi milenial untuk terus berjuang dan belajar demi mencapai cita-cita serta kehidupan yang lebih baik.

Apa saja kutipan-kutipan terbaik tersebut? Simak terus artikel ini!

1Pendapatan

Jangan pernah bergantung pada satu sumber pendapatan. Miliki investasi demi menghasilkan sumber pendapatan lainnya.

2Pengeluaran

Jika kamu membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan, ke depannya kamu akan terpaksa menjual barang-barang yang kamu butuhkan.

3Menabung

Jangan menyimpan sisa uang yang ada setelah kamu menggunakannya, namun gunakan sisa uang yang ada setelah kamu menyimpannya terlebih dahulu.

4Mengambil Risiko

Jangan pernah mengorbankan semua yang kamu punya hanya untuk mencoba suatu hal yang baru yang belum terbukti akan berhasil atau tidak. Gunakan modal yang kamu punya dengan hati-hati dan kelola dengan bijaksana demi menghindari risiko yang besar.

5Berinvestasi

Jangan simpan seluruh harta yang kamu punya dalam satu tempat atau satu instrumen investasi. Bila kamu melakukan hal ini dan krisis terjadi maka kemungkinan besar kamu akan bangkrut.

6Kejujuran

Kejujuran merupakan kualitas langka yang tidak dimiliki semua orang. Jangan pernah mengharapkan kejujuran dari orang yang tidak bisa dipercaya.

7Memilih Orang

Dalam memilih orang untuk bekerjasama maka terdapat 3 kualitas penting yang perlu kamu telusuri – kecerdasan, energi, dan integritas. Jika orang-orang tersebut tidak memiliki kualitas terakhir maka dua kualitas pertama tidak akan ada gunanya.

8Kesalahan

Kamu tahu alasan mengapa kita menggunakan pensil ketika kecil dan bolpoin ketika sudah dewasa? Karena kesalahan-kesalahan di masa kecil masih bisa dihapus namun kesalahan masa dewasa tidak.

9Memandang Masa Depan

Kedua mata kita sudah dirancang oleh Tuhan berada di posisi depan dengan alasan bahwa lebih penting melihat dan memikirkan masa depan dibandingkan memandang masa lalu.

Oleh karena itu, kita perlu belajar dari kesalahan masa lalu demi mencapai keberhasilan di masa depan.

10Reputasi

Butuh waktu 20 tahun untuk membangun reputasi yang baik dan hanya lima menit untuk menghancurkannya. Jika kamu memikirkan hal ini maka dalam hal apapun kamu akan bertindak hati-hati dan berbeda.

11Kesuksesan

Perbedaan mencolok antara orang sukses dengan orang yang sangat sukses adalah orang yang sangat sukses mengatakan tidak pada hampir semua hal.

12Kegagalan

Kegagalan berasal dari ego, keserakahan, rasa dengki, tiruan. Aku sukses bukan karena aku cerdas melainkan karena aku rasional.

13Disiplin

Demi mencapai kesuksesan hidup; kita tidak perlu menjadi orang yang lebih cerdas daripada orang lain, kita hanya harus lebih disiplin dibandingkan kebanyakan orang.

14Kebiasaan

Lingkaran kebiasaan baik itu kebiasaan baik ataupun buruk begitu ringan dan mudah untuk dirasakan hingga pada akhirnya menjadi terlalu sulit untuk dihancurkan.

Jadi kita tinggal menentukan kebiasaan mana yang ingin kita bentuk apakah kebiasaan baik atau kebiasaan buruk, sebelum kebiasaan-kebiasaan itu mendominasi hidup kita lebih besar lagi.

15Bergaul

Jauh lebih baik kamu berkumpul dan nongkrong bersama orang-orang yang lebih baik dibandingkan dirimu sendiri. Pilih lingkungan dan orang-orang yang memiliki perilaku yang lebih baik darimu dan secara tidak sadar kamu akan terbawa ke arah yang lebih baik pula.

Sebagaimana semua orang ketahui bahwa lingkungan dimana kamu menghabiskan waktu paling banyak yang akan membentuk kepribadian dan mentalmu.

16Eksekusi

Satu-satunya pertanyaan yang ada dalam mengeksekusi sebuah rencana adalah apakah kamu akan melakukannya hari ini juga atau besok.

Bila kamu terus mengatakan bahwa rencana itu akan dieksekusi besok maka dengan kata lain kamu tidak akan pernah melakukannya.

Kamu harus memaksa dirimu untuk mengeksekusi rencana itu sekarang juga selagi masih ada waktu luang karena hari besok sudah punya keribetannya sendiri.

17Belajar

Orang-orang bodoh berkumpul dengan orang-orang yang lebih bodoh dari dirinya demi merasa lebih pintar.

Orang-orang cerdas berkumpul dengan orang-orang yang lebih cerdas dari dirinya demi memperoleh pembelajaran baru.

18Memilih Teman

Pilih teman atau bertemanlah dengan orang-orang yang memaksamu menjadi lebih baik dan yang mendukungmu dalam mencapai cita-citamu.

19Pekerjaan

Cari pekerjaan yang akan kamu ambil seakan kamu tidak membutuhkan pekerjaan atau dengan kata lain cari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatmu sehingga dalam melakukannya kamu merasa tidak seperti sedang bekerja.

20Masa Depan

Orang yang bisa menikmati masa tuanya tanpa kekurang secara finansial adalah orang yang dulu di masa muda bekerja keras dan gigih.

21Menunggu

Jangan menunggu waktu yang sempurna untuk memulai sesuatu hal karena waktu sempurna tidak pernah ada, gunakan waktumu yang ada saat ini dan jadikan sempurna.

22Membantu

Orang-orang yang membawamu menuju kesuksesan adalah mereka yang tidak pernah kamu harapkan/terpikirkan sebelumnya.

Terkadang kita menganggap bahwa orang terdekat kita yang sudah kita percaya bisa membantu kita mencapai cita-cita kita.

Namun faktanya di kebanyakan kasus, orang yang membantu kita sukses adalah orang yang baru kita kenal atau yang memiliki kesamaan tujuan dalam hidup.

23Kemanusiaan

Jika kamu masuk dalam kategori satu persen populasi dunia yang paling beruntung dalam sisi finansial serta kemanusiaan, kamu memiliki kewajiban untuk membantu dan memikirkan nasib 99 persen sisa populasi yang tertinggal.

Itulah yang dinamakan memberi kembali apa yang sudah kamu dapatkan kepada mereka yang kurang beruntung.

Ketika kamu beruntung dalam sisi finansial, jangan tingkatkan standar atau gaya hidupmu namun tingkatkan standar dalam hal memberi kepada sesama.

24Investasi Diri Sendiri

Investasi terbaik yang pernah ada dalam kehidupan adalah berinvestasi pada dirimu sendiri sebanyak yang kamu bisa, karena dirimu adalah aset terbesar yang kamu miliki sejauh ini dan tidak ada satupun orang yang bisa mencuri apa yang telah kamu investasikan dalam dirimu.

25Berkomunikasi

Jika kamu tidak bisa berkomunikasi dengan baik dan mengeluarkan ide-ide yang ada dipikiranmu maka bisa dikatakan kamu menyerah pada potensi yang kamu miliki.

Oleh karena itu, belajar berkomunikasi dengan baik adalah langkah awal kesuksesan.


Dari semua kutipan di atas, mana yang menjadi kutipan Warren Buffett favoritmu? Pasti setidaknya kamu menyukai satu kan?

Silahkan tulis komentarmu pada kolom di bawah ini bila kamu setuju kutipan-kutipan di atas merupakan beberapa kutipan Warren Buffett yang terbaik yang pernah ada.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.