3 Cara Praktis Menghasilkan Pendapatan Pasif Online – Kamu semua pasti sudah tidak asing mendengar istilah pendapatan pasif atau passive income kan?

Pada artikel ini aku akan menjelaskan secara singkat apa sih yang dimaksud dengan pendapatan pasif dan bagaimana memulainya.

Tidak seperti pendapatan lainnya dimana kamu dibayar berdasarkan berapa banyak waktu yang telah kamu habiskan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, pendapatan pasif memiliki pengertian yang sedikit berbeda.

Dalam memulai pendapatan pasif, kamu dituntut untuk menghabiskan banyak waktu di awal pengerjaan demi menciptakan suatu sistem.

Baca Juga: Cara Mencapai Produktivitas yang Tinggi

Selanjutnya hasil karya yang telah kamu buat akan mulai menghasilkan uang secara periodik dalam jangka panjang atau mungkin hingga seumur hidup.

Singkatnya, demi memperoleh pendapatan pasif maka kamu harus investasi semua di awal baik itu uang, pikiran, waktu, dan energimu demi membangun sistem itu tadi.

Contoh sederhana, kamu membeli rumah dan kamu menyewakannya kepada penyewa dan biaya sewa setiap bulan yang kamu dapat itu disebut sebagai pendapatan pasif.

Selama rumah itu masih ada dan memiliki penyewa maka kamu akan memperoleh pendapatan pasif tanpa perlu melakukan apapun.

Namun, pasti kalian berpikir bahwa harga rumah yang begitu mahal khususnya yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta menjadikan kondisi ini hampir tidak mungkin.

Inspirasi - Cara Praktis Menghasilkan Pendapatan Pasif Online 1

Ditambah lagi, bagi kaum milenial yang masih memiliki pendapatan pas-pasan memiliki rumah di Jakarta hampir tidak mungkin terwujud.

Sehingga tak heran, generasi bangsa dan anak muda ke depannya terancam tidak memiliki tempat tinggal atau hunian karena harga rumah dan tanah yang sudah tidak masuk akal lagi.

Tapi tenang saja, masih ada harapan kok. Berita baiknnya adalah demi menghasilkan pendapatan pasif maka kamu tidak melulu harus mempunyai rumah lalu menyewakannya.

Ada cara lain yang lebih familiar dan lebih dapat dijangkau oleh anak-anak muda seperti kita.

Baca Juga: Rahasia Sukses Orang Super Kaya yang Perlu Kamu Tahu

Pada artikel ini aku akan menjelsakan 3 cara praktis untuk menghasilkan pendapatan pasif secara online yang bisa dilakukan siapapun juga.

Memang masih ada cara lain untuk menciptakan pendapatan pasif, namun ketiga cara ini lebih praktis dan bisa kamu eksekusi segera setelah membaca artikel ini. Lalu apa saja ketiga cara tersebut? Mari kita mulai!

3 Cara Praktis Menghasilkan Pendapatan Pasif Online

1Ciptakan Produk Digital

Kamu bisa menyalurkan hobi atau minat yang kamu miliki dengan membuat produk digital. Misalnya, bagi kamu yang senang dengan dunia musik maka kamu bisa membuat musik instrumen lalu kamu kemas semenarik mungkin dan jual secara online.

Bila kamu punya bakat dalam memainkan sejumlah alat musik, kamu bisa memaksimalkan bakat kamu dengan membuat video tutorial untuk mengajari kunci-kunci dasar dalam memainkan alat musik tersebut.

Begitu juga yang senang dengan fotografi, kamu bisa menjual hasil jepretan kamu yang ciamik secara online dan terus menjual kopiannya untuk jangka panjang selama gambar-gambar kamu tersebut diminati oleh netizen.

Bagi yang senang menulis, kamu juga bisa memulai memaksimalkan hobi kamu dengan menjual karya kamu secara online setelah dikemas menarik di dalam e-book.

Baca Juga: Meretas Psikologi Untuk Menjadi Kaya

Hal yang menarik dari produk digital ini adalah kamu tidak perlu mengeluarkan biaya produksi yang mahal dan bisa menjual berkopi-kopi hasil dari sekali produksi yang telah kamu ciptakan tanpa harus melakukan tambahan kerjaan lagi.

Disinilah pendapatan pasif itu tercipta dimana kamu hanya perlu bersusah-susah di awal untuk mencipakan sistem dan selebihnya kamu hanya tinggal menikmati hasilnya saja.

Tapi hal yang perlu digaris bawahi adalah kamu perlu membuat banyak konten atau topik yang ingin kamu jual dengan isi yang menarik agar semakin menjangkau banyak kalangan penikmat hasil karya kamu.

Selain memperbesar peluang kamu mendapatkan uang lebih banyak, memiliki berbagai macam konten menarik akan memberikan peluang untuk mendapatkan pelanggan setia hasil karyamu.

2Iklan

Hal kedua yang bisa memberikanmu pendapatan pasif adalah melalui iklan. Bila kamu menonton video-video di youtube atupun membaca sebuah website maka kamu akan menemukan iklan di dalamnya.

Iklan-iklan yang muncul memberikan pemasukan bagi si pemilik akun. Tentu saja hanya dengan memiliki satu video, para youtuber tidak akan mendapatkan banyak uang.

Oleh karena itu, youtuber perlu menciptakan video yang banyak dengan konten menarik yang disukai pasar.

Baca Juga: Merasa Malas? Ini Cara Menguranginya!

Dengan banyaknya jumlah video dan penonton maka bisa dipastikan akun tersebut akan menghasilkan pendapatan pasif yang menggiurkan.

Jadi, langkah tersebut hanya semudah itu. Buat channel pribadimu di yotube, ciptakan konten yang menarik yang memungkinkan para penonton atau para pembaca tertarik untuk mengunjungi channel atau websitemu lalu tambahkan iklan di dalamnya.

3Pemasaran Afiliasi 

Cara yang ketiga adalah dengan pemasaran afiliasi atau afilliate marketing.

Pastikan kamu memiliki konten yang menarik di youtube atau websitemu lalu promosikan produk atau jasa orang lain yang memang sesuai dengan konten yang kamu miliki untuk menghasilkan pendapatan pasif.

Baca Juga: Bagaimana Cara Berhenti Membuang Waktu?

Setiap kali pengunjung membeli produk tersebut melalui akunmu maka kamu akan mendapatkan persentase keutungan dari hasil penjualan.


Itulah ketiga cara praktis dan sederhana dalam memulai menghasilkan pendapatan pasif tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk memulainya.

Baca Juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Memang menjelaskannya lebih mudah dibanding melakukannya namun tidak ada salahnya mencoba. Mulailah dengan hal kecil, dimulai dari kegiatan yang paling kamu sukai terlebih dahulu.


Bagaimana menurutmu? Apakah artikel ini cukup bermanfaat? Silahkan tuliskan komentarmu pada kolom komentar di bawah ini ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.