Memahami Lebih dalam Tentang Pinjaman Online – Ada yang pernah melakukan pinjaman online?

Harus diakui, sekarang metode ini sudah tidak lagi menjadi sesuatu yang aneh bagi masyarakat. Banyak platform di luar sana yang menawarkan pinjaman online dengan mudah dan juga cepat cair.

Siap untuk Pensiun Dini? Ikuti 7 Aturan Ini

Siap untuk Pensiun Dini? Ikuti 7 Aturan Ini

Siap untuk Pensiun Dini? Ikuti 7 Aturan Ini – Generasi millenial semakin mendekatkan diri ... Selengkapnya

Dengan cara ini, kapanpun kamu memiliki kebutuhan akan dana tambahan atau dana darurat yang tidak terbayangkan sebelumnya bisa dengan mudah didapatkan hanya dengan sentuhan jari saja.

Memahami Lebih dalam Tentang Pinjaman Online

Pinjaman Online

Pinjaman online bisa sangat membantu masyarakat yang sedang dalam kesusahan atau kemalangan dan membutuhkan dana dengan cepat, terutama dalam kondisi ketidakpastian yang tinggi akibat Covid-19 ini.

Dengan cara ini para calon peminjam tidak perlu lagi harus pergi ke bank dan mengisi berbagai persyaratan yang diajukan. Belum lagi proses panjang yang harus dilalui.

Dengan adanya metode ini maka para peminjam hanya perlu download aplikasi yang ada di Google Play atau Apple Store kemudian mengisi data diri serta berbagai persyaratan secara online.

Isilah semua data yang ada di dalam formulir, kirim, dan voila! Kamu sudah bisa mendapatkan limit pinjaman yang kamu butuhkan.

Virus Corona Menggerogoti: Bagaimana Dampak Terhadap Perekonomian Indonesia?

Virus Corona Menggerogoti: Bagaimana Dampak Terhadap Perekonomian Indonesia?

Virus Corona Menggerogoti: Bagaimana Dampak Terhadap Perekonomian Indonesia? – Semenjak ... Selengkapnya

Namun kamu harus hati-hati juga, pastikan kamu melakukan pinjaman kepada badan yang memang telah diketahui kredibilitasnya.

Pastikan kamu melakukan pinjaman pada platform yang sudah diawasi oleh OJK seperti Kredivo, Kredit Pintar, DanaRupiah, dll.

Kamu jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk melakukan pinjaman atau juga benar-benar anti dengan metode ini.

Siapa tahu suatu saat kamu membutuhkannya atau juga mengetahui terdapat teman atau kerabat yang membutuhkan metode pinjaman online.


Kelebihan Pinjaman Online

Pinjaman Online1

  • Persyaratan Registrasi Mudah

Sudah tidak diragukan lagi bahwa pinjaman online tidak memerlukan registrasi yang ribet. Cukup download aplikasi saja, buat akun baru dengan memasukan alamat email dan password, kemudian isi identitas diri seperti nama, alamat, rumah nomor telepon, dll.

Terdapat beberapa platform yang membutuhkan foto atau memfoto kartu identitas dan swafoto pribadi sembari memegang kartu identitas. Bila semua sudah dilakukan maka kamu bisa mulai melakukan pinjaman.

  • Tidak Perlu Agunan/Jaminan

Jika pinjaman di bank memerlukan agunan atau jaminan maka hal tersebut tidak berlaku dengan metode ini.

Hal inilah yang menjadikan cara ini sangat menarik bagi masyarakat terlebih bila mereka membutuhkan dana darurat dalam waktu singkat.

Mereka tidak perlu sibuk memikirkan jaminan apa yang bisa digunakan untuk mendapatkan pinjaman uang tunai ketika ingin melakukan pinjaman dengan cara ini.

  • Proses Pengajuan Praktis

Kamu bisa melakukan pinjaman online dimana saja dan kapan saja tanpa harus ke kantor penyedia pinjaman.

Begini 5 Cara Menyimpan Uang yang Lebih Praktis

Begini 5 Cara Menyimpan Uang yang Lebih Praktis

Begini 5 Cara Menyimpan Uang yang Lebih Praktis – Menyimpan uang bisa menjadi masalah besar ... Selengkapnya

Kamu bahkan bisa melakukannya dari rumah, kantor bahkan dalam perjalanan pulang! Ini cocok bagi kamu yang super sibuk namun membutuhkan pinjaman uang tunai. Sangat menghemat waktumu untuk melakukan aktivitas lainnya, kan?

  • Pencairan Dana Sangat Cepat

Dengan metode ini, tidak butuh waktu lama agar dana pinjaman bisa segera cair. Biasanya dana dapat dicairkan dalam kurun waktu beberapa jam hingga sampai 3 hari saja.

Bahkan terdapat kasus dimana peminjam dapat memperoleh dana pinjaman hanya dalam 5 menit! Kelebihan ini dapat kamu manfaatkan saat keadaan darurat mendesakmu dan bingung harus mencari bantuan kemana.

  • Dana Multiguna

Hal ini jelas menjadi kelebihan karena kamu tidak diwajibkan untuk menggunakan dana tersebut demi keperluan tertentu.

Dana yang kamu pinjam dapat dengan bebas kamu gunakan sesuai kebutuhanmu. Bisa untuk membayar SPP, belanja, listrik , bayar cicilan, dan sebagainya.

Berbeda dengan pinjaman di Bank atau perusahaan multifinance yang mensyaratkan pinjaman dengan menyertakan bukti pembelanjaan dari pihak ketiga karena dana pinjaman ditujukan hanya untuk keperluan yang spesifik meskipun ada pula jenis pinjaman multiguna.

Dengan cara ini, tugas peminjam juga lebih simple asalkan peminjam membayar dengan tepat sesuai tenor dan juga jumlah pinjaman.


Kekurangan Pinjaman Online

Pinjaman Online2

  • Limit Terbatas

Salah satu kekurangan pinjaman online adalah limit pinjaman yang terbatas. Tidak seperti pinjaman di Bank, pinjaman online cenderung lebih sedikit dan terbatas.

Biasanya tidak lebih dari 10 juta walaupun memang ada beberapa platform pinjaman online besar yang berani memberikan pinjaman puluhan juta.

Bagi mereka yang sangat membutuhkan dana mendesak, angka ini juga sangat membantu meringankan untuk sementara waktu. Dengan kata lain, pinjaman online hanya cocok bagi mereka yang sedang membutuhkan dana yang ringan-ringan saja.

  • Tenor Singkat

Karena jumlah pinjaman yang terbatas, tenor yang diberikan juga cukup singkat. Biasanya berkisar 1 minggu, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, atau maksimal 12 bulan saja.

Jika kamu mengambil pinjaman online yang nominalnya cukup besar maka jangan berharap mendapat tenor panjang seperti di Bank yang bisa sampai belasan tahun.

  • Bunga Harian Cukup Tinggi

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan dengan seksama tentang metode pinjaman ini adalah tingkat bunganya. Rata-rata pinjaman online tidak menggunakan hitungan bunga bulanan atau tahunan melainkan harian!

Asosiasi Pinjaman Online (AFPI) menyebutkan bahwa bunga maksimum pinjaman online adalah 0,8%.

5 Aturan Penting Soal Permainan Uang yang Harus Kamu Tahu

5 Aturan Penting Soal Permainan Uang yang Harus Kamu Tahu

Permainan Uang yang Harus Kamu Tahu – Berbicara soal game/permainan pastinya setiap orang ... Selengkapnya

Oleh karena itu, kamu perlu hati-hati dengan hal ini bila tidak ingin terjerat dengan bunga yang sangat besar. Apalagi jika kamu harus membayar bunga yang melebihi jumlah pinjaman hanya karena kamu lupa membayar saat jatuh tempo.

  • Adanya Biaya Lain-lain 

Kekurangan lainnya dari pinjaman online adalah adanya biaya lain yang harus dibayar oleh si peminjam. Misalnya biaya admin atau yang lainnya.

Biasanya biaya ini akan dipotong di awal peminjaman sehingga jumlah pinjaman yang ajukan berkurang saat dicairkan alias kamu menerima jumlah uang yang tidak penuh.

  • Banyak Penipuan

Mungkin kamu juga tahu bahwa banyak orang ditipu karena melakukan pinjaman online. Dengan kata lain, tidak semua platform pinjaman online di luar sana dapat dipercaya. Berhati-hatilah!

Banyak pihak yang terjerat bunga yang sangat tinggi hingga 1% per harinya. Jika dijumlahkan maka selama 30 hari debitur harus membayar bunga sebesar 30% dari total pinjaman.

Pada Februari 2019 kemarin terdapat 231 lembaga keuangan Peer to Peer Landing yang ternyata dinyatakan ilegal karena belum memiliki izin OJK.

Jadi jika kamu hendak melakukan pinjaman online maka pastikan bahwa perusahaan tersebut legal dan sudah memiliki izin resmi OJK.


Penutup

Pinjaman online tidak selamanya buruk dan juga tidak selalu menguntungkan. Semuanya tergantung pada pilihan masing-masing bagaimana caramu memanfaatkan fasilitas dan teknologi ini dengan baik.

6 Pelajaran Berharga dari Rich Dad Poor Dad

6 Pelajaran Berharga dari Rich Dad Poor Dad

6 Pelajaran Berharga dari Rich Dad Poor Dad – Siapa dari antara kamu yang belum pernah ... Selengkapnya

Mungkin sebelum mengambil pinjaman online ada baiknya mempertimbangkan seberapa penting kebutuhanmu dan juga mencari tahu bagaimana cara pembayaran serta platform mana yang terpercaya agar kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dan terhindar dari bunga yang super tinggi di kemudian hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.