Rahasia Sukses Orang Super Kaya yang Perlu Kamu Tahu– Aku sering mendengar orang-orang komplain dimana sistem keuangan modern dibangun dengan cara tertentu yang mana orang kaya menjadi semakin kaya dan orang miskin semakin miskin.

Hal itu sebenarnya yang menjadi persoalan mendasar yang dialami kemanusiaan. Jika saja kita bisa mengubah sistem tersebut dan membuatnya menjadi adil bagi semua orang maka setiap orang akan memiliki kesempatan yang sama dan tidak akan ada lagi yang menderita kemiskinan.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Orang Paling Sukses di Dunia yang Harus Diterapkan

Namun, jika kamu melihat pada data statistik, kamu akan menyadari bahwa kebanyakan orang menjadi triliuner karena hasil kerja keras mereka sendiri.

Mereka adalah orang yang sama yang dulu pernah masuk dalam kategori orang miskin atau kelas menengah.

Inspirasi - 4 Rahasia Sukses Orang Super Kaya - 1

Bagi mereka, daripada sama seperti orang miskin yang lainnya yang hanya komplain terus menerus, berpikir bahwa orang kaya ini menghasilkan banyak uang dari penipuan dan memilih untuk tetap miskin karenanya.

Mereka lebih memilih untuk mengabaikan itu semua dan mulai bekerja keras untuk mencapai cita-cita mereka menjadi miliuner. Di sinilah letak perbedaan yang mencolok antara orang kaya dan miskin.

Tentu saja ada yang kaya karena mereka lahir dari keluarga tertentu. Namun mereka yang hanya duduk dan komplain tentang itu semua tidak akan membantu membuat mereka menjadi kaya.

Lalu apa dong rahasia sukses orang-orang super kaya?

Poin pertama adalah orang kaya fokus pada kesempatan-kesempatan daripada hanya komplain dan memiliki perbedaan mentalitas yang jomplang antara orang kaya dan orang miskin.

Maksud orang miskin di sini adalah mereka yang memiliki banyak kesulitan finansial yang mencakup orang kelas menengah.

Orang miskin biasanya berpandangan bahwa aku perlu bekerja di sini, dapat uang, dan menghabiskannya pada benda apapun yang aku inginkan.

Baca Juga: 5 Aturan Penting Soal Permainan Uang yang Harus Kamu Tahu

Jadi jika kamu selalu menghabiskan uangmu untuk sebuah mobil, smartphone terbaru, atau mungkin rumah maka di awal kamu melakukannya maka seterusnya kamu akan melakukannya lagi.

Bahkan jika mereka mengelola puluhan bahkan ratusan juta rupiah sekalipun maka mereka akan menghabiskan uang tersebut dengan cara yang sama dan kembali ke kondisi mereka yang awal lagi.

Inspirasi - 4 Rahasia Sukses Orang Super Kaya - 2

Bedanya, orang kaya tidak akan melakukan semua hal itu. Daripada mereka harus bekerja untuk uang maka mereka lebih memilih untuk membuat uang yang bekerja untuk mereka!

Daripada membeli mobil baru yang hanya untuk dipamerkan kepada teman-teman, orang kaya akan lebih memilih menginvestasikan uang tersebut dan hasilnya akan terus menerus meningkat.

Oleh sebab itulah kamu akan melihat orang kaya semakin kaya dan orang miskin semakin miskin. Karena semakin banyak uang yang mereka dapatkan maka semakin banyak pula uang yang mereka investasikan, dibandingkan hanya menghabiskan uang tersebut untuk hal yang bersifat konsumtif.

Sebenarnya bisa saja mereka menghabiskan miliaran rupiah hanya dalam sehari dan tidak akan begitu berdampak pada total kekayaan mereka tapi mereka lebih memilih untuk tidak melakukannya dan hidup layaknya mereka selama ini.

Poin kedua adalah orang kaya tidak akan bekerja untuk uang namun membuat uang yang bekerja untuk mereka.

Kemungkinan perbedaan-perbedaan yang terbesar antar orang kaya dan orang miskin adalah orang miskin beranggapan bahwa mereka sudah tahu segalanya.

Banyak orang di luar sana yang hanya komplain betapa sulitnya semua ini bagi mereka karena mereka memiliki begitu banyak biaya yang harus dibayarkan namun pendapatan mereka tidak mencukupi.

Baca Juga: 6 Hal Penting yang Perlu Diingat Sebelum Memulai Investasi

Khususnya bagi anak-anak mereka, pertanyaan pertama yang biasanya aku ajukan adalah apa buku terakhir yang kamu baca yang berkaitan dengan pendidikan keuangan. Faktanya, 99% kasus jawaban mereka adalah tidak membaca buku tersebut sama sekali.

Bila ditanya alasannya mengapa maka mereka akan menjawab bahwa mereka tidak punya cukup waktu. Bukan maksud untuk tidak menghargai, hanya saja jawaban itu rasanya konyol.

Bayangkan saja, umpamanya pintu tertutup dan kunci berada di ruang lainnya, daripada harus pergi ke ruangan yang lain dan mengambil kuncinya, kebanyakan orang lebih memilih untuk komplain karena pintu tertutup.

Sama halnya dengan buku, bila kita ingin membaca maka akan membutuhkan waktu untuk itu begitu juga butuh waktu untuk mengimplementasikannya. Namun konsepnya jelas sama.

Poin ketiga adalah orang kaya terus menerus meningkatkan kualitas dirinya, baik itu dengan membaca, mengambil kursus, atau hal lainnya.

Inspirasi - 4 Rahasia Sukses Orang Super Kaya - 3

Biasanya ketika orang-orang disarankan untuk menjadi seorang pengusaha sehingga mereka bisa bekerja untuk diri mereka sendiri dan menjadi mandiri daripada harus berpegang pada lembaran gaji setiap bulannya.

Pertanyaan kembali yang selalu datang setelah itu adalah apa yang harus aku lakukan untuk menghasilkan uang? Nah, untuk menjawab itu berikut rumus sederhanan untuk menghasilkan uang!

Semakin besar nilai yang kamu tawarkan pada orang lain maka semakin besar juga uang yang akan kamu hasilkan. Sebagai contoh, kamu bisa menghasilkan aplikasi yang bermanfaat bagi orang lain dan memang sedang dibutuhkan dengan cara yang berbeda.

Tentu saja, demi menciptakan nilai diri, kamu harus mengembangkan dirimu ke level tertentu yang akan membutuhkan waktu dan kedisiplinan tinggi.

Baca Juga: Dimana Orang Kaya Menginvestasikan Uanngya?

Poin keempat atau terakhir adalah daripada fokus menghasilkan banyak uang, orang kaya fokus untuk memberi nilai.

Biasanya orang kaya tidak pernah begitu muluk-muluk untuk menjadi orang kaya yang masuk dalam daftar di majalah bergengsi. Orang kaya itu biasanya melakukan apa yang mereka cintai yang memang memberikan nilai bagi banyak orang.

Jadi, kekayaan yang mereka peroleh hanya sebuah hasil dari apa yang mereka ciptakan yang memang dibutuhkan orang lain dan memiliki nilai bagi banyak orang.


Bagaimana menurut kalian? Tertarik dengan artikel ini? Silahkan tulis komentarmu pada kolom di bawah ini ya!

1 KOMENTAR

  1. Setuju dengan pandangan diatas. Terima kasih sudah membuka wawasan kami. Banyak orang tergiur utk konsumtif krn mereka ingin memperoleh cap sebagai “orang kaya”, tidak sadar bahwa biaya hidup makin meningkat kian hari. Jika tidak wise dalam mengelola keuangan, berapapun income yg dihasilkan tetap akan habis. Tidak bersisa. Padahal wisely melakukan posting pengeluaran 60% utk biaya operasional, 10% utk dana emergency, 10% utk investasi, 10% utk learning, baru 10% utk fun. Demikian komentar saya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.