Strategi Investasi Warren Buffett (1) – Bagi para investor saham, nama Warren Buffett tidak akan asing di telinga. Beliau adalah contoh sempurna seorang investor tersukses di dunia.

Tak ayal memang karena beliau sudah menggeluti dunia investasi khususnya pasar modal lebih dari 7 dekade atau lebih tepatnya sudah mulai berinvestasi saham sejak dia berusia 11 tahun!

Baca Juga Part II

Warren Buffett yang begitu sederhana dan tajir gak ketulungan secara konsisten selalu masuk dalam 5 besar orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes selama lebih dari 20 tahun.

Beliau juga menjadi orang kaya yang aku idolakan sekaligus inspirasiku dalam terjun ke dunia saham walaupun aku masih kacang goreng dibanding beliau hehe. Tapi semangat beliau itu seperti menular dan membuatku ingin terus belajar!

Instrumen - Strategi Investasi Warren Buffett - 2
Berfoto bersama Robert P. Miles, sahabat serta penulis buku-buku Warren Buffett yang best seller

Melewati kondisi ekonomi global yang begitu dinamis selama berpuluh-puluh tahun tidak membuat Opa Buffett kalah oleh waktu.

Malahan dia masih bisa berdiri tegak dan semakin kuat sehigga tak heran Surat Tahunan kepada para pemegang saham Berkshire Hathaway Inc. selalu dinantikan.

Lalu apa aja sih strategi investasi Warren Buffett? Berikut beberapa strategi Opa Buffett yang telah disederhanakan dan dikutip dari Duitto & Co. karya Lukas Setia Atmaja dan Thomdean. Yuk Simak!

10 Strategi Investasi Warren Buffett yang Wajib Diikuti

1Berinvestasi, Bukan Berspekulasi

Warren Buffett tidak pernah berinvestasi pada sebuah bisnis yang tidak dia pahami. Warren Buffett mulai membeli saham Coca Cola yang merupakan salah satu saham primadonanya pada saat Stock Market Crash di Amerika Serikat, Oktober 1987.

Dia, melalui perusahaan investasi Berkshire Hathaway Inc. miliknya, menghabiskan dana hingga $1 miliar dolar untuk membeli saham Coca Cola sehingga memiliki 10% kepemilikan saham di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Pengertian Investasi, Konsumsi, dan Spekulasi

Saham Coca Cola tumbuh dari $2,45 per lembar saham di awal tahun 1988 menjadi $45,50 per lembar saham di September 2017, yang bila dirata-rata memberikan keuntungan 11% per tahun.

Warren Buffett pernah berujar akan memegang saham kesayangannya ini selamanya. Dia juga pernah mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa, “If I eat 2,700 calories a day, a quarter of that is Coca Cola” yang berarti jika dia mengkonsumsi rata-rata 2.700 kalori setiap harinya maka seperempat dari itu berasal dari Coca Cola.

Dia menunjukkan kecintaannya akan perusahaan tersebut dengan mengkonsumsi Coca Cola hingga hari ini!

2Membeli di Saat yang Tepat

Salah satu kutipan Warren Buffett yang terkenal adalah “Be fearful when others are greedy and greedy when other are fearful” yang bila diartikan belilah saham ketika orang banyak menjual dan jualah saham ketika banyak orang membeli.

Ketika Dow Jones Industrial Average Index menembus batas terendah di tahun 1971 pada level 580, Opa Buffett begitu bersemangat memborong saham-saham bagus yang sudah terdiskon banyak!

Di Indonesia, kita juga bisa memanfaatkan momentum itu ketika kondisi IHSG terkoreksi bila tidak ingin menunggu hingga adanya krisis ekonomi besar-besaran di Indonesia.

3Jadikan Membaca Menjadi Sebuah Kebiasaan

Sebagai seorang investor ternama, Warren Buffett menghabiskan hari-harinya di kantor hanya untuk membaca. Di ruang kantornya hanya terdapat TV dan laporan keuangan perusahaan beserta beberapa koran.

Tidak ada komputer ataupun smartphone. Tak tanggung-tanggung, setiap harinya dia membaca 4 – 6 jam. Mungkin salah satu syarat untuk bisa sukses adalah dengan rajin membaca seperti Opa Buffett.

4Tak Perlu Menjadi Ilmuan Roket

Warren Buffett pernah berujar, “You don’t need to be a rocket scientist. Investing is not a game where the guy with 160 IQ beats the guy with 130 IQ”.

Semua orang bisa melakukan investasi dalam bentuk apapun asal mau belajar dan banyak membaca.

5Pentingnya Valuasi

Ketika kita membeli suatu barang, pastikan kamu memperhitungkan berapa nilai yang kamu dapat dengan uang yang telah kamu keluarkan untuk membelinya.

Seperti Warren Buffet yang menjadi value investor, dia berprinsip “Price is what you pay, value is what you get”. Prinsipnya itu dia lakukan tidak hanya pada saat membeli saham namun juga pada kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 30 Kutipan Investasi Terbaik Warren Buffett

Dengan total kekayaan mencapai $91,1 miliar dolar per Februari 2018 yang mengantarkan dia menjadi orang terkaya nomor 3 di dunia setelah Jeff Bezos (Amazon) dan Bill Gates (Microsoft), Opa Buffett tetap hidup sederhana.

Kesederhanaan dia terlihat ketika dia lebih memilih makan di Warung Steak Sederhana favoritnya bernama Gorat’s yang berlokasi dekat dengan kantornya di Omaha, Nebraska dibandingkan Restoran Steak mahal dan bergengsi.

Steak favorit Opa Buffett juga hanya seharga $39 dolar per porsi. Luar biasa kan?

6Sabar Itu Kaya

Sebagai seorang investor saham, kamu bukan hanya dituntut untuk banyak membaca melainkan juga harus sabar. Sabar untuk menunggu nilai sahammu berkembang dan juga sabar untuk tidak terpengaruh dengan orang lain alias ikut-ikutan.

Seperti yang diucapkan Opa Buffett, “The stock market is a device for transferring money from the impatient to the patient”. Jadi bersabar saja, biarkan orang yang tidak sabaran “mentransfer” uang mereka ke rekening efek mu.

7Tidur Itu Kaya

Dengan membiarkan saham terus berkembang tanpa harus memantau terus menerus sama artinya dengan menjadi kaya dengan cara tidur.

Seperti surat kepada para pemegang saham Berkshire Hathaway Inc. tahun 1996 yang ditulis Opa Buffett berbunyi, “Our portfolio shows little change: we continue to make more money when snoring than when active”.

8Bersabarlah (1)

Salah satu kiat sukses menjadi seorang investor saham adalah dengan bersabar. Seperti kutipan dari Warren Buffet seperti berikut, “If you aren’t willing to own a stock for ten years, don’t even think about owning it for ten minutes.”

Tuh kan, sabar emang pangkal kaya sob!

9Bersabarlah (2)

Warren Buffett juga berpesan agar tidak terpengaruh untuk menjual saham yang sudah memberikan keuntungan capital gain yang lumayan karena bagi dia saham-saham bagus harus disimpan untuk selama-lamanya, seperti saham favoritnya Coca Cola.

Jadi, bagi kamu yang memang tidak membutuhkan uang dalam kondisi mendesak sekali maka jangan pernah jual saham-sahammu. Mungkin lebih baik simpan terus demi kebutuhan hidup anak cucumu kelak.

10Waktu adalah Teman Investor

Bagi Opa Buffett, apapun yang terjadi index bursa akan semakin bagus tiap tahunnya. Sama seperti di Indonesia, ketika Bom Bali I terjadi pada 2002, IHSG berada pada level 650 di akhir tahun penutupan dan setelah 15 tahun berselang, IHSG di penutupan 2017 berada pada level 6.355 yang berarti menunjukkan kenaikan hingga 977,69%.

Baca Juga: 25 Kutipan Kehidupan Terbaik Warren Buffett

Oleh karena itu Opa Buffett mengatakan, “Over the long term, the stock market news will be good.” Terlepas adanya perang, resesi, dan krisis moneter jalur pertumbuhan index saham pasti akan berangsur-angsur membaik.


Nah, strategi investasi Warren Buffett masih berlanjut. So, baca terus artikel selanjutnya ya!

3 KOMENTAR

  1. keren, kebanyakan orang yang benar2 kaya adalah mereka yang tetap bisa menghasilkan ketika tertidur, masih banyak yang salah kaprah dengan kutipan ini

  2. Apakah sudah membaca buku investasi karya orang Indonesia sendiri, Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal? Buku ini memperoleh 5-stars rating sebagai buku investasi terbaik dari para pembaca yang membeli bukunya di Tokopedia

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.