Mau Kaya? Ini Waktu yang Tepat untuk Investasi – Memiliki kebebasan finansial menjadi prioritas utama bagi sebagian orang dan cara yang paling efektif untuk mencapainya jelas dengan melakukan investasi.

Namun, bagi sebagian orang berinvestasi tampaknya sedikit rumit. Rasanya hanya orang-orang super cerdas yang ada di bursa saja yang dapat melakukannya. Faktanya, berinvestasi lebih mudah dilakukan dibandingkan apa yang dipikirkan orang selama ini.

Baca Juga: Pengertian Investasi, Konsumsi, dan Spekulasi

Terdapat beberapa pola yang bisa kamu ikuti dan pahami, dan cara ini bisa membantu kamu untuk menghasilkan investasi yang baik.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan menemukan kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi dan menemukan alasan mengapa begitu banyak orang kehilangan uangnya melalui investasi dikarenakan salah memprediksi waktu yang tepat.

Kapan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi? 

Uang - Mau Kaya Ini Waktu yang Tepat untuk Investasi - 1

Agar bisa menemukan kesalahan itu, terlebih dahulu kita harus memahami bagaimana sistem ekonomi bekerja.

Secara teknis, memahami ekonomi sedikit sulit namun secara umum ekonomi menjalani siklus yang sama dari waktu ke waktu dan biasanya hal itu disebabkan oleh adanya hutang.

Coba bayangkan ekonomi tanpa hutang. Di sini hutang juga termasuk penggunaan kartu kredit loh!

Semakin keras kamu bekerja, semakin banyak uang yang kamu hasilkan maka semakin banyak juga jumlah uang yang akan kamu keluarkan. Itulah yang mendorong pertumbuhan ekonomi.

Setiap lembar rupiah yang dikeluarkan oleh seseorang merupakan pendapatan bagi orang lain. Semakin banyak orang menghabiskan uang maka semakin tinggi pula pendapatan yang diperoleh sehingga memicu semakin cepatnya ekonomi bertumbuh.

Tampaknya mudah kan? Tapi tidak juga sih sebenarnya. Hal ini akan lebih rumit bila ada komponen hutang yang masuk di dalamnya, termasuk kartu kredit pastinya!

Hutang itu ibarat memperbolehkan orang untuk meminjam uang dari masa depan diri mereka dengan menghabiskan uang yang lebih sekarang namun lebih sedikit di masa yang akan datang.

Baca Juga: Baru Mulai Investasi? Ini Tips Bagi Pemula

Hal ini disebabkan karena mereka harus membayar kembali hutang itu di kemudian hari  dan hutang tersebutlah yang menciptakan siklus ekonomi.

Ketika orang menghabiskan lebih dan lebih banyak uang maka harga akan meningkat sehingga memicu munculnya inflasi yang sebenarnya tidak terlalu baik bagi kondisi ekonomi.

Oleh karena itu pemerintah mencoba memperbaikinya dengan meningkatkan tingkat suku bunga. Biaya dalam meminjam uang menjadi lebih mahal dan orangpun akan semakin malas dan sedikit meminjam uang karena tingginya bunga.

Dengan uang yang sedikit maka pengeluaran akan semakin berkurang dan hal tersebut yang menyebabkan harga bahan pokok menurun. Sehingga harga rumah, mobil, barang-barang konsumtif lainnya menjadi lebih murah.

Ketika orang menyadari bahwa investasi mereka merugi atau kehilangan nilai maka mereka terburu-buru menjualnya yang sebenarnya membuat harga jauh lebih murah lagi. Hal ini yang lebih dikenal dengan istilah resesi.

Uniknya, resesi juga tidak baik bagi kondisi ekonomi. Oleh karena itu pemerintah pasti akan mencoba memperbaiki kondisi ini lagi dengan menurunkan tingkat suku bunga.

Ketika meminjam uang tidak terlalu mahal maka semakin banyak orang yang akan meminjam uang ke bank dan pengeluran pun akan meningkat kembali yang berarti harga-harga barang akan meningkat kembali dan ketika semuanya meningkat maka proses pun berulang kembali yakni terjadi inflasi.

Jadi pada dasarnya ekonomi merupakan sebuah siklus yang secara terus menerus berulang baik di kondisi inflasi ataupun resesi.

Uang - Mau Kaya Ini Waktu yang Tepat untuk Investasi - 2

Jika kamu seorang investor, secara logika waktu yang terbaik untuk berinvestasi adalah ketika resesi terjadi kemudian jual investasimu ketika kondisi ekonomi sudah membaik.

Hal itulah yang memisahkan yang mana investor yang baik dan yang mana tidak!

Banyak orang yang sebenarnya tidak begitu memahami bagaimana ekonomi itu bekerja sehingga ketika waktu sedang baik, ekonomi sedang dalam keadaan booming maka harga-harga di luar sana akan meroket naik.

Di siklus ini banyak orang yang merasa bahwa kondisi ini sangat cocok untuk memulai investasi maka mereka mulai investasi.

Nah, setelah beberapa tahun kemudian ekonomi jatuh kembali dan harga-harga mulai turun kebanyakan orang mulai panik dan mulai menjual apa yang ada dari investasi mereka bahkan sebelum harga tersebut menurun.

Baca Juga: Jangan Investasi di Sini Bila Tidak Ingin Bangkrut

Hal itu terjadi karena mereka dihantui oleh emosi dan psikologi pasar yang ada saat itu.

Orang kaya justru akan melakukan kebalikannya. Mereka memandang kondisi ini sebagai kesempatan emas untuk menghasilkan lebih banyak uang lagi.

Pada kondisi seperti ini, bisnis bagus pun akan dijual hanya sebagian kecil dari harga sebenarnya dan di sinilah saat yang tepat bagi orang kaya untuk mulai berinvestasi!

Ketika kondisi ekonomi membaik kembali, perusahaan-perusahaan yang dijual murah tadi akan berharga jauh lebih tinggi dibandingkan harga sebenarnya.

Secara teori memang tampaknya begitu mudah, namun faktanya sangat sulit untuk melakukannya di kehidupan nyata.

Jadi, kamu harus melatih dirimu untuk membuat prediksi yang tepat dan cermat berdasarkan situasi yang ada di sekitarmu. Karena begitulah yang dilakukan orang-orang kaya di dunia!

Faktanya, sulit untuk memprediksi pada fase mana siklus ekonomi sedang berada saat ini apakah sedang di puncak atau fase pemulihan misalnya.

Tapi setidaknya kita bisa membuat prediksi yang mendekati jika kita memahami sistem dan alurnya secara baik.

Uang - Mau Kaya Ini Waktu yang Tepat untuk Investasi - 3

Selain itu bagi kamu sekalian yang ingin memulai investasi, saran terakhir yang paling mujarab adalah abaikan media yang ada di luar sana.

Biasanya berita-berita yang ada di luar sana memberikan gambaran kondisi krisis lebih dramatis dibandingkan kondisi yang sesungguhnya.

Kondisi ekonomi ditunjukkan seakan akan segera hancur sehingga bila kamu tidak menjual investasimu sekarang maka dunia akan berakhir dengan segera.

Baca Juga: 6 Hal Penting yang Perlu Diingat Sebelum Memulai Investasi

Sejarah membuktikan ekonomi sudah jatuh berkali-kali entah di sudut dunia manapun kamu tinggal dan tentu saja setelah ekonomi jatuh maka kondisi akan kembali membaik seiring berjalannya waktu.

Itulah tugas pemerintah karena pemerintah tidak mungkin membiarkan kondisi ini terus menerus terjadi dan percayalah pertumbuhan ekonomi akan secara perlahan tumbuh kembali sejak itu.

Jadi, lebih baik jangan panik dan takut untuk menghadapinya. Lebih baik kita memahami dan belajar bagaimana siklus itu berjalan.

Dan tentu saja kondisi sebenarnya akan lebih rumit lagi sehingga kita perlu melakukan riset sendiri dan mencari tahu apa yang terjadi sebelum kita memulai berinvestasi.


Bagaimana menurutmu? Apakah artikel ini cukup mudah dipahami dan membantu? Tulis komentarmu pada kolom komentar di bawah ini ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.