Ketika sedang berlibur, kamu tidak hanya ingin melepas penat dari kegiatan harianmu namun juga ingin melakukan kegiatan-kegiatan seru kan.

Kegiatan-kegiatan tersebut bisa berupa kegiatan yang menyatu dengan alam atau berkunjung ke tempat-tempat sejarah serta tempat yang memiliki nilai seni atau budaya yang tinggi.

Nusa Lembongan, salah satu pulau kecil yang berada di sebelah tenggara Pulau Bali ini tidak hanya menyimpan keindahan alam yang menarik namun juga kegiatan-kegiatan seru lainnya.

Baca Juga: Nusa Lembongan, Klungkung, Bali: Tak Hanya Menawarkan Suasana Baru

Berada di Kabupaten Klungkung Bali, pulau kecil yang memilki populasi sedikit namun ramah terhadap wisawatan akan membuat kamu betah berlama-lama di pulau ini. Nah, apa saja kegiatan-kegiatan seru tersebut, simak terus artikel berikut.

12 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Nusa Lembongan, Bali

1Berfoto di Yellow Bridge

Aku di depan Yellow Bridge dari jarak jauh

Ketika berada di Nusa Lembongan, kamu akan melihat bentangan Yellow Bridge yang mencuri perhatian. Dengan warna kuning yang mentereng, jembatan ini seakan menarik para wisatawan untuk berfoto di dekatnya.

Ditambah lagi di setiap ujung jembatan terdapat patung-patung khas Bali sehingga kamu pun seakan dikawal oleh patung-patung tersebut saat berfoto. Yellow Bridge berfungsi untuk menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

2Menikmati Keindahan Gunung Agung dari Pantai Paradise

Berlokasi di bagian paling ujung Desa Jungutbatu, Pantai Paradise menyuguhkan akses lebih dekat untuk bisa menikmati pemandangan indah Gunung Agung serta bermain-main di atas pasir putihnya.

3Mengelilingi Mangrove Forest 

Aku memandang keindahan hutan bakau

Mangrove Forest menjadi salah satu spot wajib di Nusa Lembongan. Tidak hanya memiliki hutan bakau yang rimbun dan indah, di sini kamu juga bisa melihat Pulau Bali dari kejauhan. Selain mengelilingi hutan dengan menggunakan kapal kamu juga bisa menyewa kayak sendiri per jamnya.

Di hutan bakau ini juga banyak hewan-hewan bebas ditemukan mulai dari burung, kepiting, dan kadal. Tapi tenang saja, di sini tidak ada buaya kok 😀

Menurut penduduk sekitar kalelawar buah yang berasal dari Pura Goa Lawar di Padang Bai Bali suka mencari makan ke hutan ini di malam hari. Mangrove Forest berada di Desa Jungutbatu.

4Snorkling di Mangrove Point

Bagi kamu yang senang dengan kegiatan di dalam laut maka bisa melakukan snorkling di Mangrove Point yang berlokasi di Desa Jungutbatu.

Akan lebih baik bila kamu melakukan snorkling sehabis dari mengelilingi Mangrove Forest karena lokasi yang berdekatan. Di sini kamu masih bisa menemukan ikan-ikan dan karang-karang yang bagus.

5Menikmati Keindahan Nusa Lembongan dari Bukit Panorama

Seperti namanya, Bukit Panorama berada di atas suatu ketinggian bak seperti bukit yang berada di Desa Jungutbatu. Dari sini kamu bisa melihat keindahan Nusa Lembongan dari atas dan juga dapat melihat Gunung Agung dan Pulau Bali.

Di Bukit Panorama ini juga terdapat warung-warung sehingga kamu bisa duduk manis sembari menikmati pemandangan yang ada di hadapanmu.

6Olahraga Air di Mushroom Bay

Suasana di sekeliling Mushroom Bay

Mushroom Bay tidak hanya dikenal sebagai tempat kapal merapat ketika menurunkan atau mengangkut penumpang di Nusa Lembongan namun juga menawarkan kegiatan-kegiatan seru lainnya.

Bagi yang hobi olahraga air kamu bisa melakukan kegiatan tersebut di sini mulai dari snorkling, berenang, serta berjemur. Selain itu kamu juga bisa bermain scooter dan layang-layang di sepanjang pantainya.

Dengan pasir putih nan halus kamu juga bisa menghabiskan waktumu untuk bermalas-malasan di sini sambil mendengar deruan ombak yang menghantam tebing-tebing di sekitarnya.

7Berselancar di Lacerations, Shipwreck, atau Playgrounds

Bagi kamu yang hobi atau mahir berselancar tidak ada salahnya kamu melakukan salah satu olahraga air ekstrim tersebut di sini.

Setidaknya terdapat tiga spot paling populer untuk berselancar di Nusa Lembongan yakni Lacerations, Shipwreck, atau Playgrounds.

Tentu saja ketiga spot ini memiliki tantangan dan kesulitan masing-masing. Bagi peselancar pemula kamu bisa mengasah keahlianmu di Playgrounds, bagi peselancar dengan keahlian menengah dapat melakukannya di Shipwreck, sedangkan bagi yang sudah sangat ahli dapat berselancar di Lacerations.

Lacerations dan Shipwreck berlokasi di Desa Jungutbatu sedangkan Playgrounds berada dekat dengan Mushroom Bay.

8Mengunjungi Goa Gala-gala (Underground House)

Goa Gala-gaa merupakan rumah bawah tanah yang terbuat dari batu kapur dibangun oleh Mangku Byasa seorang petani dan pertapa Bali.

Goa Gala-gala memiliki kedalaman 7 meter dan memiliki berbagai macam ruangan yang berfungsi sebagai ruang tidur, ruang bertapa, ruang dapur, ruang tamu, serta sumur.

Untuk bisa menjelajahi ruangan yang berlorong-lorong ini kamu terkadang perlu membungkuk karena beberapa ruangan yang ada tidak terlalu tinggi.

9Mampir ke Pura Puncak Sari 

Pura Puncak Sari merupakan pura terbesar dan terluas yang dimiliki Nusa Lembongan. Bukan hanya karena ukuran namun pura ini memberikan pengalaman menarik karena Pura Puncak Sari berada di atas bukit yang menyuguhkan pemandangan tak main-main seperti Samudera Hindia, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida.

10Menyaksikan Sunset di Dream Beach atau Sunset Beach (Sandy Bay)

Aku yang difoto secara candid oleh salah seorang temanku di bibir pantai Dream Beach

Bila kamu hanya ingin bermalas-malasan seharian kamu bisa datang ke area Dream Beach. Di sini terdapat resort yang menyuguhkan pemandangan langsung ke arah Samudera Hindia.

Resort tersebut juga memiliki infinity pool sehingga kamu bisa berjemur sambil menikmati indahnya gelombang ombak dari kejauhan.

Kamu tidak perlu menginap di resort bila ingin menikmati infinity pool-nya. Hanya dengan membayar sejumlah uang untuk membeli tiket kamu sudah bisa masuk, namun pastikan kamu mendapat antrian karena tempatnya cukup terbatas.

Hal yang paling utama di Dream Beach adalah kamu bisa menyaksikan sunset dengan begitu jelas dan indah dari tebing yang ada di sekitar Dream Beach.

Bagi pengunjung yang tidak begitu jago berenang tidak disarankan berenang di sini karena ombak begitu besar dan siap menarikmu ke tengah lautan.

Tak hanya di Dream Beach, kamu juga bisa melihat sunset dengan sangat baik di Sunset Beach atau sering juga disebut Sandy Bay. Lokasi Sunset Beach ini tidak terlalu jauh dari Devil’s Tears.

11Menyaksikan Hantaman Air Laut ke Tebing di Devil’s Tears

Devil’s Tears ini merupakan sebuah tebing karang di pinggir laut yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan. Disebut Devil’s Tears karena hantaman ombak ke tebing karang yang runcing ini menghasilkan semburan air yang berjatuhan bak air mata.

Selain itu, Devil’s Tears juga pernah menelan korban jiwa karena kencangnya arus ombak dari Samudera Hindia yang menggulung ke daratan. Devil’s Tears juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunset di Nusa Lembongan.

12Bersepeda dan Berjalan Kaki

Hal terakhir namun tidak kalah seru adalah bersepeda dan berjalan kaki. Mengingat pulau ini tidak begitu luas maka kamu bisa bersepeda dan berjalan kaki sembari menikmati keindahan alam di sepanjang jalan.

Kamu bisa melihat banyak restoran yang menawarkan pemandangan langsung ke arah pantai, toko-toko souvenir, dan pura-pura.

Selain itu jarak dari satu tempat ke tempat lain sangat dekat sehingga kamu tidak perlu takut nyasar. Bahkan kamu bisa bersepeda atau berjalan kaki menyeberangi Yellow Bridge untuk bisa sampai ke Nusa Ceningan.


Nah, dari kegiatan-kegiatan seru tersebut yang mana yang menjadi kegiatan favoritmu? Bila kamu ingin liburan namun bingung mau kemana, jangan ragu untuk memasukkan Nusa Lembongan sebagai salah satu pilihan ya. Selamat berlibur 😀