4 Informasi Penting Sebelum Berkunjung ke Nusa Ceningan – Keindahan alam Indonesia seakan tak ada habisnya. Negara dengan ribuan pulau-pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke seakan menunggu untuk dikunjungi.

Tak berbeda dengan Nusa Ceningan, pulau kecil nan indah yang diapit oleh Nusa Penida dan Nusa Lembongan berlokasi di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

Baca Juga: Catatan Perjalanan Menjelajahi Nusa Ceningan, Bali

Sebagai pulau dengan ukuran terkecil dan juga terletak di antara Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Nusa Ceningan seakan tak kalah akan keindahan alamnya. Salah satu yang terkenal adalah Blue Lagoon.

Ingin tahu apa saja informasi terkait Nusa Ceningan? Simak terus uraian berikut.

4 Informasi Penting Sebelum Berkunjung ke Nusa Ceningan

Blue Lagoon Nusa Ceningan Bali - 4
Keindahan salah satu tebing yang ada di Blue Lagoon tempat dimana pengunjung bisa melakukan jumping cliff ke laut lepas

1Akses yang Mudah

Kamu bisa menjangkau Nusa Ceningan melalui Nusa Penida ataupun Nusa Lembongan. Bila kamu sedang berada di Nusa Lembongan maka kamu hanya perlu menyeberangi Yellow Bridge yang mencuri perhatian itu.

Bila kamu berada di Nusa Penida maka kamu perlu menyeberangi lautan lepas dengan menggunakan kapal cepat dengan tarif per orangnya Rp 30.000 untuk turis dalam negeri, Rp 25.000 untuk warga lokal, dan Rp 50.000 untuk turis asing. Waktu tempuh yang diperlukan hanya sekitar 10 – 15 menit saja.

Baca Juga: 10 Tips Wajib yang Perlu Diketahui Sebelum Plesiran ke Nusa Penida

Namun bila kamu berada di Pulau Bali, kamu perlu mengunjungi Pelabuhan Sanur sebagai pintu untuk mengakses pulau ini dengan cara tercepat, termudah, dan termurah.

Kamu bisa membeli tiket kapal cepat sebesar Rp 75.000 per orang dengan tujuan Mushroom Bay atau Pelabuhan Jungutbatu yang ada di Nusa Lembongan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Dari situ kamu hanya perlu berjalan kaki atau menggunakan motor untuk menjangkau Nusa Ceningan melalui Yellow Bridge.

2Sewa Motor

Aku di depan Yellow Bridge dari jarak jauh

Demi kemudahan dalam berwisata di pulau ini, kamu perlu menyewa motor sebagai alat transportasi. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 100.000 untuk menyewa satu motor per harinya.

Kamu bisa menyewa motor ini di Nusa Lembongan ataupun di Nusa Ceningan. Namun kamu harus hati-hati dalam berkendara karena jalanan di pulau ini sempit dan tidak sebagus jalanan di Nusa Lembongan.

3Pulau Kecil Nan Lengkap

Nusa Ceningan adalah pulau yang paling kecil dibandingkan dengan Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Oleh karena fakta tersebut kamu perlu menjelajahi semua objek yang ada di pulau ini hanya dalam satu hari.

Meskipun kecil, pulau ini memiliki fasilitas lengkap seperti penginapan, restoran, toko-toko, pura, dan signal telekomunikasi yang kuat walaupun tidak selengkap fasilitas yang ada di Nusa Lembongan.

Bila kamu berniat menginap di pulau ini, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Le Pirate Beach Club Hotel. Selain memiliki konsep yang unik, hotel ini memiliki infinity pool yang indah.

4Bisa Menguji Adrenalin

Aku yang tak habisnya memandangi keindahan Blue Lagoon dari atas batu di salah satu sudut

Tidak hanya untuk menyegarkan mata, di Nusa Ceningan kamu bisa menguji adrenalinmu dengan melakukan atraksi jumping cliff di Mahana Cliff Jumping Point.

Bagi turis dalam negeri maupun turis asing yang senang dengan olahraga menguji nyali, kegiatan ini menjadi salah satu agenda yang wajib dilakukan dan telah menjadi favorit para wisatawan. Malahan, atraksi ini seakan menjadi topik penting ketika berbicara tentang Nusa Ceningan.

Baca Juga: 6 Tips yang Perlu Kamu Baca Sebelum Menginjakkan Kaki di Nusa Lembongan

Kamu hanya perlu melompat dari ketinggian 10 atau 3 meter tergantung keberanianmu ke lautan lepas yang ada di bawah.

Tarif sekali melompat sebesar Rp 30.000 per orang. Ketika kamu melompat kamu tidak perlu takut karena segera setelah itu kamu akan diberikan pelampung yang telah diikat dengan tali untuk menarik kamu kembali ke tangga yang ada di dekat tebing.

Karena kondisi alam yang seakan tak menentu maka waktu terbaik untuk melakukan jumping cliff ini adalah setelah bulan purnama atau setelah pasang demi menghindari ombak yang begitu besar. Bagaimanapun juga keselamatan harus menjadi prioritas utama bukan? Hehe

Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh


Sekian informasi penting tentang Nusa Ceningan. Nah, setelah membaca informasi ini, apakah kamu sudah tergugah untuk merencanakan perjalananmu mengunjunginya?

Ayo segera rencanakan jalan-jalanmu untuk pengalaman yang tak terlupakan dan jangan lupa always safety first ya guys 😀