6 Tips yang Perlu Kamu Baca Sebelum Menginjakkan Kaki di Nusa Lembongan – Ketika mendengar nama Nusa Lembongan, dua nusa lainnya yakni Nusa Penida dan Nusa Ceningan seakan mengikuti.

Ketiga nusa ini seakan tak terpisahkan dan masing-masing memiliki keindahan alam yang menonjol.

Nusa Lembongan berlokasi paling dekat dengan Pulau Bali dan berukuran terbesar ke dua setelah Nusa Penida.

Dari antara ketiga nusa ini, Nusa Lembongan memiliki infrastruktur yang paling bagus, tempat penginapan paling banyak dan lengkap, serta banyaknya pilihan restoran.

Baca Juga: Nusa Lembongan, Klungkung, Bali: Tak Hanya Menawarkan Suasana Baru

Berlokasi di sebelah tenggara Pulau Bali, wisatawan-wisatawan yang mampir pun berasal dari segala penjuru bumi.

Pesona nusa ini tidak hanya dikenal oleh orang Bali ataupun orang Indonesia saja namun menembus negara-negara lainnya juga.

Tak heran banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara untuk bisa tiba di sana dan apa saja yang perlu diketahui.

Maka dari itu simaklah informasi berikut agar kamu lebih siap menjelajahi Nusa Lembongan yang mempesona.

6 Tips yang Perlu Kamu Baca Sebelum Menginjakkan Kaki di Nusa Lembongan

Nusa Lembongan Klungkung Bali - 5
Mangrove Forest Lembongan yang tersohor

1Berangkat melalui Nusa Penida atau Pelabuhan Sanur

Ada berbagai cara untuk mencapai Nusa Lembongan diantaranya melalui Nusa Penida, Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Benoa, dan Padang Bai. Namun cara yang termudah, termurah, dan tercepat adalah melalui Nusa Penida.

Bila kamu memang sedang berada di Nusa Penida maka kamu hanya perlu menyeberangi lautan melalui Pelabuhan Toyapakeh di Nusa Penida menuju Nusa Lembongan dengan menggunakan kapal cepat.

Tarif kapal per orangnya sebesar Rp 30.000 untuk turis dalam negeri, Rp 25.000 untuk warga lokal, dan Rp 50.000 untuk turis luar negeri dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Baca Juga: 10 Tips Wajib yang Perlu Diketahui Sebelum Plesiran ke Nusa Penida

Bila kamu sedang berada di Pulau Bali atau tepatnya di sekitar Sanur maka kamu bisa menyeberangi lautan dengan menggunakan kapal cepat menuju Nusa Lembongan dan bisa berhenti di Pelabuhan Jungutbatu atau Mushroom Bay.

Dengan cara seperti ini kamu perlu menyediakan uang sebesar Rp 75.000 untuk tiket kapal cepat dengan waktu tempuh 30 menit.

2Buat Agenda Perjalanan yang Jelas

Dari ketiga nusa tersebut memang Nusa Lembongan-lah nusa yang paling maju dalam segala hal. Pulau ini tidak terlalu luas dan hanya dengan menghabiskan waktu sehari saja kamu sudah bisa mengunjungi semua objek wisata yang ada di dalamnya.

Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh

Tanpa menggunakan jasa tour guide kamu masih bisa menjelajahi pulau ini tanpa harus takut nyasar karena selain ukuran pulau yang tidak begitu luas, signal telekomunikasi juga sangat bagus, sangat berbeda bila dibandingkan dengan Nusa Penida. Selain itu masyarakat di sini juga sangat ramah dan helpful.

Pastikan kamu sudah tau spot-spot apa saja yang ingin kamu kunjungi agar waktumu dapat teralokasi dengan baik.

Selain objek-objek alam indah yang memanjakan mata kamu juga bisa melakukan olahraga air di sini seperti snorkling atau jumping cliff.

3Sewa Motor

Aku berfoto di depan kamar pada pagi hari

Sebelum kamu menjelajahi pulau ini pastikan kamu sudah menyewa motor sebagai alat transportasimu. Biaya sewa motor per hari dikenai harga sebesar Rp 100.000 dan kamu bisa bebas mengelilingi pulau ini sepuasnya.

Bila kamu berfikir bahwa kamu bisa mengelilingi pulau ini dengan mobil maka lupakan saja karena tidak ada mobil sewaan di sini, semua masyarakat menggunakan motor sebagai alat transportasi. Mobil-mobil yang ada hanya untuk keperluaan tertentu dan tak banyak warga yang memilikinya.

Oh ya, jangan heran ketika kamu melihat banyak bule-bule berseliweran di pulau ini dengan mengendarai sepeda motor seorang diri karena memang pulau ini aman dan ramah akan turis.

4Bisa Memesan Hotel Secara Go Show

Tidak seperti Nusa Penida, jumlah hotel atau penginapan di Nusa Lembongan jauh lebih banyak dan seakan “berserakan” di sepanjang jalan.

Kamu bisa memesan hotel secara go show bila kamu mau. Namun demi meminimalisir risiko tidak mendapatkan kamar atau harga yang melonjak tinggi memang akan lebih baik bila kamu memesan hotel beberapa hari sebelumnya.

Baca Juga: Nyamannya The Cozy Villas Lembongan di Nusa Lembongan, Bali

Selain itu harga hotel dengan fasilitas yang sama di Nusa Lembongan jauh berbeda dibandingkan dengan Nusa Penida, alasannya jelas karena memang infrastruktur Nusa Penida jauh lebih tertinggal sehingga segalanya lebih mahal di sana dibandingkan dengan Nusa Lembongan.

Untuk hotel, aku merekomendasikan The Cozy Villas Lembongan sebagai pertimbangan karena selain tempatnya bagus, sang pemilik juga sangat ramah, dan yang terpenting lokasi hotel ini sangat dekat dengan Dream Beach dan Devil’s Tears.

Bahkan untuk menjangkau Dream Beach dari hotel ini kamu hanya perlu jalan kaki selama 5 menit. Sounds great, right? 😀

5Bawa Perlengkapan Secukupnya

Agar lebih menghemat biaya akan lebih baik bila kamu sudah membawa perlengkapanmu dengan lengkap.

Namun bila kamu memang berniat belanja dan tidak ingin direpotkan dengan bawaan yang berat maka kamu bisa berbelanja baju di sini. Sepanjang jalan raya terdapat banyak toko-toko pakaian khas Bali yang dekat dengan pinggir pantai.

Jadi tidak perlu bingung bila perjalanan ke sini sebelumnya tidak direncanakan karena kamu masih bisa menemukan toko-toko penjual berbagai keperluan di pulau ini.

6Mudah Menemukan ATM dan Money Changer

Bila kamu memiliki uang tunai tidak banyak dan memerlukan mesin ATM untuk menarik tunai uangmu maka kamu tidak perlu khawatir karena terdapat ATM BRI yang berlokasi di dekat Pelabuhan Jungutbatu.

Baca Juga: 4 Informasi Penting Sebelum Berkunjung ke Nusa Ceningan

Bagi turis asing yang kehabisan rupiah dan perlu menukarkan uangnya maka mereka juga bisa mampir ke Mushroom Bay karena ada Money Changer di sana.


Keindahan alam, keramahan penduduk, dan kemudahan yang ada di Nusa Lembongan akan membuat kamu jatuh cinta seketika pada pulau ini.

Oleh karena itu, atur waktumu dan rasakan pengalaman yang berkesan selama di Nusa Lembongan. Semoga informasi-informasi di atas bermanfaat ya. Happy traveling guys! 😀