7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh – Nama Geopark Ciletuh mungkin masih asing terdengar di telinga beberapa orang Indonesia, namun perlu kamu ketahui bahwa Geopark Ciletuh ini sedang menjalani proses penilaian oleh asesor UNESCO.

Bila geopark nasional kebanggaan Indonesia ini lulus seleksi maka Geopark Ciletuh akan resmi menjadi global geopark sekaligus menjadi situs warisan alam dunia yang dilindungi dan pastinya nama Indonesia akan semakin dikenal di dunia Internasioal atas keindahan dan kekayaan alamnya 😀

Baca Juga: Mengunjungi Geopark Ciletuh, Kandidat Global Geopark dari UNESCO

Geopark Ciletuh berada di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Kamu bisa menjangkau geopark ini melalui beberapa cara seperti melalui Jakarta dan Bandung.

Hal yang menjadikan geopark ini spesial adalah paket keindahan alamnya yang komplit mulai dari curug-curug, pantai-pantai, pulau-pulau, bukit-bukit, lembah-lembah, dan pematang sawah nan menyegarkan mata.

Nah, pasti kamu penasaran bagaimana bisa mencapai tempat ini dan apa saja yang perlu dipersiapkan. Untuk itulah, simak terus uraian berikut ini.

7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh

Lelahnya perjuangan ke Curug Cikanteh akhirnya terbayar

1Berangkat Melalui Jakarta 

Bila kamu memulai perjalanan dari Jakarta maka pastikan kamu berangkat subuh atau malam sekalian.

Saat aku dan teman-temanku menuju Geopark Ciletuh, terlebih dahulu kami menginap di Desa Cisaat dan pada saat subuh kami melanjutkan perjalanan ke Sukabumi dan sekitar siang hari tiba di Geopark Ciletuh.

Total perjalanan dari Jakarta – Geopark Ciletuh bila dilakukan non stop akan memakan waktu sekitar 7 – 8 jam.

2Gunakan Mobil 4WD, Hindari Mobil Jenis Avanza/Xenia

Lompatan kebahagiaan

Ini hal yang penting! Kamu sebaiknya menggunakan mobil dengan mesin 4WD seperti Land Rover karena jalanan dari Sukabumi ke Geopark Ciletuh masih jauh dari kata mulus. Jalanan sungguh jelek, sempit, dan hancur.

Pembangunan infrastruktur juga masih belum memadai oleh karena itu sangat penting menumpangi mobil dengan kondisi “tahan banting” ketika memasuki wilayah dengan kondisi jalan yang rusak parah seperti ini.

Baca Juga: 10 Tips Wajib yang Perlu Diketahui Sebelum Plesiran ke Nusa Penida

Selain itu, terdapat beberapa objek alam yang hanya bisa diakses dengan mobil 4WD saja. Dibandingkan kamu harus membuang waktumu dan menguras energimu untuk menjangkau lokasi dengan berjalan kaki karena kesalahan dalam memilih kendaraan maka lebih baik menyimpan energimu untuk objek alam yang lain bukan 😀

Oh ya, sekarang sudah ada ojek lokal yang siap mengantarkanmu ke objek-objek tertentu. Misalnya dari persimpangan Puncak Darma ke Puncak Darma itu sendiri dikenai biaya Rp 60.000 pulang dan pergi per orangnya.

3Gunakan Jasa Tour Guide yang Menawarkan Paket Perjalanan Komplit

Informasi soal Geopark Ciletuh masih sangat minim dan objek-objek alamnya juga masih sulit dijangkau ditambah lagi signal telekomunikasi di sana yang masih kurang baik.

Oleh karena itu kamu perlu menggunakan jasa tour guide yang bisa membawa dan menemanimu mengelilingi Geopark Ciletuh tanpa harus nyasar.

Selain itu, waktumu akan teralokasi dengan optimal dan efisien sesuai dengan agenda perjalanan yang kamu inginkan.

Demi terhindar dari kebingungan akan masalah penginapan dan logistik, carilah tur yang menyediakan servis yang lengkap mulai dari kendaraan, tempat menginap, makanan 3 kali sehari, minuman botol selama perjalanan, dan jasa tour guide itu sendiri sekaligus merangkap jasa fotografi. Jadi kamu tinggal terima beres semuanya deh hehe.

4Bawa Perlengkapan Seperlunya

Aku berpose di depan Curug Sodong Kembar

Mengunjungi Geopark Ciletuh berarti kamu mengunjungi alam. Pastikan kamu membawa baju secukupnya dan obat-obatan pribadi karena di sana hampir tidak ditemukan supermarket. Bila ada, lokasinya akan sangat jauh.

Kamu juga harus menggunakan pakaian yang sesuai kondisi karena aktivitas di sini menuntut fisik yang prima sehingga penting menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak salah kostum.

Bawa juga sendal gunung, kacamata, topi, jaket, sunblock, dan kamera untuk mengabadikan momen-momen berhargamu selama di sana.

5Buat Agenda Perjalanan yang Jelas

Geopark Ciletuh ini begitu luas sehingga kamu perlu memiliki tujuan perjalanan yang jelas yang telah disesuaikan dengan lamanya kamu menginap.

Jumlah curug saja hampir ada 10 dan tersebar di penjuru geopark dengan kondisi jalan dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Belum lagi pantai-pantai, pulau-pulau, dan puncak-puncak yang menyuguhkan pemandangan geopark yang menakjubkan dari ketinggian.

6Bawa Uang Tunai Secukupnya

Mesin ATM hampir tidak ada di sini oleh karena itu kamu perlu membawa uang tunai secukupnya bilamana kamu ingin jajan air kelapa murni hehe 😀

7Kondisi Fisik yang Prima

Curug Awang dari kejauhan

Mengingat perjalanan untuk bisa tiba di Geopark Ciletuh ini saja membutuhkan perjuangan akibat jalanan yang jelek maka tidak heran kekuatan fisik kamu akan semakin dituntut untuk menjelajahi objek-objek alam yang ada di dalamnya.

Pastikan kamu dalam kondisi fisik yang sehat dan prima sebelum memulai perjalanan ini.


Nah, sekian tips yang bisa aku bagikan kepada teman-teman yang memiliki rencana atau akan mengunjungi Geopark Ciletuh.

Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa jaga terus kebersihan lingkungan selama kamu berpetualangan di sana ya 😀

  • Retno Kusuma Wardani

    Wah butuh perbaikan jalan nih. tapi repot juga, kalau jalanan mulus maka semakin banyak wisatawan datang, semakin besar pula potensi kerusakan yang ditimbulkan. Karena tidak semua wisatawan Indonesia sadar lingkungan…

    • Iya mbak.. memang butuh banget perbaikan, soalnya jalanan benar2 sulit, rusak, dan sempit. Apalagi sekarang kan sedang dalam proses penilaian di UNESCO sebagai kandidat world heritage. Memang masih banyak orang-orang Indonesia yang belum memahami pentingnya pemeliharaan dan penjagaan situs wisata alam, jadi memang serba sulit hehe

      • Bener banget.. masih banyak mungkin tempat2 indah begitu yang belum ditemukan. Indonesia kan indah hehe 😀