Membahas ramen memang tidak pernah ada habisnya buatku, karena memang mie khas Jepang ini selalu memberi kejutan rasa yang unik dan nikmat di setiap restoran yang berbeda.

Baca Juga: Mengecap Nikmatnya Menya Sakura Ramen, Jakarta

Ketika membahas ramen, salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah Ikkudo Ichi Ramen di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta. Meski memiliki beberapa cabang di Jabodetabek, namun yang juara tetap yang berada di Grand Indonesia. Dan tak bisa dipungkiri, ramen ini menjadi salah satu ramen ter-enak di ibu kota.

Ikkudo-1
Penampakan Ikkudo Ichi Ramen Grand Indonesia dari depan

Tak ada bedanya dengan para pecinta ramen, aku selalu menyempatkan diriku untuk mencicipi kelezatan ramen ini secara berkala sewaktu kebetulan berada di Grand Indonesia.

Baca Juga: Bari-Uma Ramen, Mie Jepang yang Memanjakan Lidah

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ramen ini selalu ramai pengunjung dan selalu ada saja antrian. Sangat jarang kamu menemukan tempat ini kosong, karena memang ukuran restorannya juga tidak terlalu besar sehingga hanya muat menampung tidak lebih dari 20 – 30 orang.

Ketika kamu tiba di tempat ini, kamu akan melihat restoran yang ramai pengunjung, sempit, dan suasana yang tidak terlalu Jepang. Dekorasi yang disuguhkan hanya beberapa lampion dan bunga-bunga sakura plastik yang menempel di langit-langit restoran.

Baca Juga: Halal Bihalal di Grand Kemang Hotel, Jakarta

Aku menyarankan agar kamu menghindari jam makan ke sini atau bila tidak datanglah ketika sesudah atau sebelum jam makan agar kamu pun bisa santai menikmati ramenmu. Ruangan yang ada di sini juga hanya yang non-smoking, jadi tahan dirimu sejenak untuk tidak merokok bila ingin mencicipi ramen di sini.

Ikkudo-2
Suasana keramaian di Ikkudo Ichi Ramen

Walaupun ramen asli Jepang pasti selalu mengandung babi, namun ada pilihan menu ramen lainnya yang tidak mengandung babi. Kamu tidak perlu was-was ketika mampir ke sini karena selalu ada pilihan menu lainnya bagi pengunjung yang memang tidak mengkonsumsi daging babi.

Menu yang menjadi favoritku dan juga andalan di restoran ini adalah Ikkudo’s Buta Kara (ramen babi dengan rasa orisinil yang setiap mangkoknya dihidangkan 3 potong daging babi yang telah diiris tipis-tipis dengan tambahan 1 buah telur rebus yang telah dipotong menjadi dua bagian).

Ikkudo-3
Penampakan Ikkudo’s Buta Kara bersama ocha dingin yang menjadi salah satu andalan di Ikkudo Ichi Ramen

Daging babinya diolah dengan cara direbus/dikukus sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan empuk. Karena aku pecinta makanan yang mengandung babi maka bagiku tidak cukup hanya mengandalkan irisan daging babi yang sudah tersedia di dalam mangkok.

Aku biasanya akan memesan menu tambahan lain yakni irisan daging babi yang dihidangkan pada piring kecil. Menu tersebut bernama Buta Chashu (terdiri dari 3 potong daging babi yang telah diiris tipis). Irisan daging babi ini juga sama persis seperti irisan daging babi yang ada di Ikkudo’s Buta Kara.

Ikkudo-4
Penampakan Ikkudo’s Buta Kara bersama dengan Buta Chashu

Keunggulan Ikkudo Ichi Ramen dibandingkan ramen lainnya adalah menu yang kita pesan dapat kita sesuaikan dengan selera kita. Adapun hal-hal yang bisa disesuaikan dengan selera kita adalah tekstur mie, jenis mie, dan kekuatan rasa pada kuah ramen itu sendiri.

Tiap-tiap item yang bisa disesuaikan selera diberikan beberapa  pilihan. Untuk tekstur mie, kita dapat memilih tekstur yang lembut, normal, dan sedikit kasar. Untuk jenis mie kita dapat memilih mie yang keriting atau lurus, dan untuk kekuatan rasa pada kuah kita bisa memilih tidak terlalu kental, normal, dan kental.

Ikkudo-5
Tampilan mie keriting yang menggugah selera

Harus diakui, seporsi Ikkudo Ichi Ramen ini memang hanya pas untuk mengenyangkan perut saja. Mungkin bagi pria-pria yang doyan makan dan memiliki porsi makan yang besar maka dapat ditebak bahwa seporsi ramen ini akan terasa kurang.

Harga untuk seporsi Ikkudo’s Buta Kara dikenai biaya sebesar Rp 58.000. Karena Buta dalam bahasa Jepang berarti pedas maka bagi yang tidak bisa atau tidak suka makanan pedas bisa memesan agar saus-nya dipisah saja.

Baca Juga: Melepas Penat di Bober Cafe, Bandung

Di sini, kita bisa membeli kuah tambahan bila kuah yang dihidangkan terasa kurang. Harga per mangkok untuk kuah dikenai biaya sebesar Rp 15.800. Begitu pula pada mie, apabila kita merasa mie yang ada di mangkok terasa kurang kita bisa menambahnya dan dikenai biaya per mangkok sebesar Rp 12.900. Dan bila kamu sama seperti aku yang merasa kurang dengan irisan daging babi yang ada di mangkok maka kamu perlu menambah biaya sebesar Rp 13.500 untuk seporsi Buta Chashu.

Ikkudo-6
Beberapa menu yang tersedia di Ikkudo Ichi Ramen 1

Bila aku makan di sini biasanya akan memilih menu Ikkudo’s Buta Kara dengan mie keriting dengan tekstur mie normal dan kuah yang kental dipadukan dengan ocha panas/dingin sesuai dengan kondisi saat itu. Ocha menjadi minuman pendamping yang paling tepat ketika makan ramen. Harga ocha per gelas dikenai biaya sebesar Rp 11.000 dan bebas isi ulang. Seluruh biaya yang telah dijelaskan barusan diluar dari pajak dan servis restoran ya 😀

Pilihan menu halal hanya ada ayam saja. Kamu tidak bisa menemukan rasa lain seperti sapi, kambing, dll. Bila kamu masih ingin menambah cita rasa lain maka kamu tidak perlu khawatir karena terdapat tempat bumbu yang terdiri dari bawang putih mentah yang telah dicincang halus, bubuk cabe merah, bubuk merica putih, dan kecap Jepang yang telah disediakan di setiap meja pengunjung.

Ikkudo-7
Beberapa menu yang tersedia di Ikkudo Ichi Ramen 2

Sejauh ini, aku belum pernah mencoba menu halal. Namun menurut pengalaman temanku yang pernah makan, menu ramen halal di sini juga enak. Untuk teman-teman yang muslim juga tidak perlu khawatir makan di tempat ini karena jenis mangkok dan alat makan untuk makanan halal dan non-halal dibuat berbeda. Jadi, jangan sampe salah ya!

Baca Juga: Ambrogio Patisserie, Tempat Nongkrong Kekinian Baru di Bandung

Bagi kamu yang penasaran kenapa tempat ini selalu ramai bila kamu kebetulan melewatinya di Grand Indonesia dan bertanya-tanya seenak apa ramen ini maka tidak ada salahnya untuk mampir dan mencoba karena memang ramen ini benar-benar enak. Jadi, tunggu apa lagi? 😀


Kelebihan dan Kekurangan Ikkudo Ichi Ramen

Kelebihan Ikkudo Ichi Ramen:
  1. Salah satu ramen ter-enak di ibu kota
  2. Harga yang masih terjangkau
  3. Pelayanan yang cepat dan ramah
  4. Bisa menyesuaikan selera sesuai dengan yang kita mau
Kekurangan Ikkudo Ichi Ramen:
    1. Tempat sempit dan desak-desakan
    2. Sering mengantri bila ingin makan di sini
    3. No-smoking area

Peta Lokasi Ikkudo Ichi Ramen

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.