Dalam melanjutkan liburan singkatku di Jawa Barat pada Hari Kemerdekaan, sehabis bermain dan mengabadikan momen-momen seru di The Lodge Maribaya Lembang aku dan teman-temanku menuju Ciater Spa Resort yang ada di Subang untuk meregangkan otot-otot akibat kelelahan bermain dan menapaki anak-anak tangga.

Baca Juga: Menatap Lautan di Devil’s Tears, Nusa Lembongan

Sekitar 30 menit waktu tempuh, akhirnya kami pun tiba di lokasi. Memang hari juga masih terang dan kami masih bisa melakukan aktivitas outdoor lainnya bila kami mau. Terlebih dahulu kami harus membeli tiket parkir mobil di pintu gerbang agar bisa masuk ke wilayah ini dengan harga Rp 30.000.

Ciater-Spa-1
Papan penunjuk arah di kawasan Ciater Spa Resort

Banyak wahana bermain yang ditawarkan di tempat rekreasi Ciater Spa Resort ini antara lain Kolam Rendam Air Panas Alam, Kamar Rendam Air Panas Alam, Arung Jeram, Paint Ball, Sepeda Air, Flying Fox, Berkuda, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bentangan Yellow Bridge Nusa Lembongan yang Membelah Lautan Bali

Karena tujuan kami ke sini adalah untuk berendam air panas maka kami pun langsung menuju loket tempat penjualan tiket. Sebenarnya kami bingung ingin memilih kolam saja atau kamar. Biaya tiket untuk Kolam Rendam Air Panas Alam per orangnya dikenai harga sebesar Rp 40.000 sedangkan biaya tiket untuk Kamar Rendam Air Panas Alam per orangnya dikenai harga sebesar Rp 50.000. Selain sebagai tempat rekreasi, Ciater Spa Resort juga memiliki bungalow yang bisa disewa per harinya bagi kamu yang ingin menginap.

Ciater-Spa-2
Suasana sekitar kolam air hangat di Ciater

Sebenarnya kami bingung ingin memilih yang mana karena selisih harga hanya Rp 10.000. Namun setelah berdiskusi dan cuaca juga masih cerah maka kami pun memutuskan untuk memilih yang Kolam Rendam Air Panas Alam saja.

Selain itu, bila kamu masih punya waktu lebih maka kamu bisa memilih melanjutkan sarana rekreasi lainnya seperti Arung Jeram yang tiket per orangnya dikenai harga sebesar Rp 70.000 serta berkuda per orang sebesar Rp 35.000.

Baca Juga: Raja Lima Nusa Penida yang Tidak Kalah Indah dari Raja Ampat

Ketika aku dan temanku masuk ke area Kolam Kiara, aku cukup kaget sih karena pengunjung tidak terlalu ramai mengingat biasanya tempat ini selalu ramai di akhir pekan yang panjang. Mungkin bisa saja kami datang masih terlalu “pagi” sehingga yang terlihat masih sekelompok orang saja.

Ciater-Spa-3
Aku yang sedang menikmati hangatnya air kolam belerang

Bila kamu punya barang berharga seperti sepatu, tas, HP, ataupun dompet yang ingin diamankan maka kamu bisa menyewa jasa penitipan barang di area Kolam Kiara yang per locker dikenai biaya sewa sebesar Rp 10.000.

Bisa dipahami bahwa memang Ciater Spa Resort ini sudah lama berdiri namun terlihat bangunan serta kamar ganti dan kamar mandinya sungguh sudah tidak terawat. Ketika aku masuk kamar ganti, aku hampir jatuh karena lantainya licin sekali seakan tidak pernah disikat. Begitu juga dengan kloset di kamar mandinya, sungguh sangat kotor 🙁

Baca Juga: Mengagumi Keindahan Alam Pulau Seribu Nusa Penida, Raja Ampat Ala Bali

Tibalah saatnya untuk berendam. Di udara Subang yang dingin ditambah hangatnya air alam pegunungan, sangat pas rasanya berendam di kolam sambil minum kopi ataupun teh. Aku dan temanku pun mendekati area bar yang berada di tengah kolam dan memesan minuman. Teh ataupun kopi hangat per gelasnya dikenai biaya sebesar Rp 10.000 namun cemilan hangat seperti gorengan sudah laris manis sehingga kami tidak mendapat bagian.

Ciater-Spa-4
Berfoto di salah satu bagian kolam berenang

Sekitar 2 jam lebih aku dan temanku bermain dan berendam di kolam hingga akhirnya kami pun memutuskan untuk membersihkan diri. Tak berapa lama kami mengambil kembali barang-barang kami dan keluar dari area kolam.

Karena hari itu adalah 17 Agustus, Ciater Spa Resort menawarkan Paket Patriot bagi yang menginap di bungalow. Paket itu seharga Rp 1.060.000 per orang per malam yang mencakup satu kali makan pagi, satu kali rafting untuk satu orang, bebas tiket masuk area, bebas kolam rendam air panas alam, dan bebas WiFi. Selain itu, bagi yang berulang tahun tepat pada 17 Agustus akan mendapatkan diskon sebesar 72%. Paket itu hanya berlaku dari tanggal 1 hingga 31 Agustus 2017.

Baca Juga: “Bertengger” di Pohon Cinta Sembari Menikmati Alam Nusa Penida yang Mengagumkan

Selain tempat rekreasi seperti Ciater Spa Resort, Subang juga terkenal akan nenas yang manis. Ketika kami keluar dari area rekreasi kami pun sempat mampir sebentar membeli 6 buah nenas yang dikenai biaya total Rp 40.000. Nenas-nenas ini dijual dari berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga yang besar dan memang rasanya manis. 😀

Ciater-Spa-5
Di area parkir sambil bersiap untuk pulang

Sehabis membeli nenas kami pun memutuskan kembali ke Jakarta melalui Purwakarta dan menikmati jalan yang berkelok-kelok. Rasanya hari itu sangat panjang karena dalam satu hari kami sudah bisa menjelajahi 2 area wisata tanpa harus tergesa-gesa dan terkena macet yang parah. Tiba di Jakarta pun masih tidak terlalu malam dan bisa istirahat dengan nyenyak setelah aktif seharian hehe


Kelebihan dan Kekurangan Ciater Spa Resort Subang

Ciater-Spa-6
Aku bersama tiga orang temanku bersiap untuk kembali ke Jakarta
Kelebihan Ciater Spa Resort Subang:
1. Menyuguhkan air belerang panas langsung dari pegunungan
2. Menyuguhkan berbagai arena rekreasi outdoor
Kekurangan Ciater Spa Resort Subang:
1. Tiket masuk yang cukup mahal
2. Tidak ada WiFi umum
3. Kondisi kamar mandi dan kamar ganti di area kolam yang jorok dan kurang terawat

Peta Lokasi Ciater Spa Resort Subang

The Lodge Maribaya → Ciater Spa Resort


Jadi, pastikan kamu memanfaatkan waktu luang ataupun liburmu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai ataupun sekedar ke tempat yang menyatukanmu dengan alam. Indonesia itu indah teman maka pergi keluar dan nikmatilah! Selamat jalan-jalan ya 😀

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.